Terbit: 17 Februari 2020 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Pertumbuhan gigi bayi hingga anak-anak menjadi momentum yang tentunya harus menjadi perhatian Anda para orang tua. Pasalnya, hal ini menjadi salah satu pertanda kesehatan si kecil. Tumbuhnya gigi terjadi secara bertahap sesuai usia bayi. Simak informasinya berikut ini!

Pertumbuhan Gigi Bayi Hingga Balita: Tahapan dan Ciri-Ciri

Pertumbuhan Gigi Bayi, Sejak Kapan Dimulai?

Pertumbuhan gigi pada manusia sejatinya telah dimulai bahkan saat ia masih berada di dalam kandungan ibunya. Tepatnya saat kehamilan memasuki minggu ke-5, tunas gigi mulai tumbuh di rahang janin yang juga mulai berkembang. Setelah lahir, bayi memiliki 20 gigi utama (10 di rahang atas dan 10 di rahang bawah) yang tersembunyi di balik gusi. Gigi ini lantas dikenal dengan istilah ‘gigi susu’.

Gigi yang kemudian muncul dan terus tumbuh seiring bertambahnya usia terbagi ke dalam beberapa jenis gigi, yaitu:

  • Gigi seri, adalah gigi yang terletak di bagian depan dari rahang atas dan bawah. Gigi yang fungsinya untuk menggigit makanan ini idealnya muncul secara bersamaan.
  • Gigi taring, adalah gigi yang terletak di sisi kanan dan kiri dari gigi seri. Bentuknya yang lancip menjadikan jenis gigi ini berfungsi untuk memotong makanan.
  • Gigi geraham, adalah gigi yang berfungsi untuk menghancurkan makanan. Gigi geraham terbagi menjadi 2 yaitu geraham depan dan belakang. Gigi geraham belakang memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang gigi geraham depan.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi Berdasarkan Usia

Pertumbuhan gigi bayi sebenarnya tidak memiliki periode yang pasti. Artinya, setiap bayi memiliki periode pertumbuhan yang berbeda-beda. Ada bayi yang giginya tumbuh cepat, namun ada juga yang cenderung lambat.

Berikut ini adalah periode gigi tumbuh pada bayi yang paling umum.

1. Usia 5 Bulan

Usia 5 bulan adalah masa-masa di mana gigi mulai muncul (kendati beberapa bayi sudah mulai mengalami pertumbuhan bayi pada usia 4 bulan atau bahkan baru ketika 7 bulan).

Kemunculan gigi di usia ini akan tetapi berdampak pada gusi yang berubah warna menjadi kemerahan, pun terjadi pembengkakan yang kadang disertai rasa nyeri. Akan tetapi, timbulnya rasa nyeri tersebut tidak terjadi pada semua bayi.

2. Usia 6 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, pertumbuhan gigi sudah sampai tahap di mana gigi pertama bayi mulai muncul di rahangnya.

Gigi seri depan yang berjumlah 2 pada rahang bawah menjadi gigi yang biasanya muncul pertama kali. Keduanya juga muncul secara bersamaan.

3. Usia 7 Bulan

Jika pada usia 6 bulan gigi seri bawah muncul, maka memasuki usia 7 bulan ini giliran gigi seri di rahang atas yang mulai tumbuh dan muncul.

Sama seperti gigi seri bawah, pertumbuhan gigi seri atas pada bayi diawali dengan kemunculan 2 gigi seri bagian depan ini terjadi secara bersamaan.

Pada periode ini, Anda pun sudah boleh memberikan makanan bertekstur pada si kecil. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sekiranya masih ragu.

4. Usia 9 Hingga 16 Bulan

Pertumbuhan gigi bayi usia 9 hingga 16 bulan ditandai dengan kemunculan gigi di samping gigi seri depan, baik itu gigi seri pada rahang atas maupun rahang bawah.

Pertumbuhan terjadi secara bertahap, misalnya 2 gigi di sebelah kanan timbul lebih dulu kemudian diikuti 2 gigi di sebelah kiri.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Balita Berdasarkan Usia

Ketika bayi sudah menginjak usia 1 tahun lebih, pertumbuhan gigi masih akan terus berlanjut dengan tahapan sebagai berikut.

1. Usia 14 Bulan

Usia 14 bulan adalah periode di mana gigi geraham mulai muncul, baik itu gigi geraham yang ada di rahang atas maupun rahang bawah.

Akan tetapi, beberapa bayi mungkin sudah ada yang mengalami pertumbuhan gigi geraham ketika berusia 12 bulan. Atau, gigi geraham justru baru muncul di usia 15 bulan.

2. Usia 18 Bulan

Tibalah saatnya bagi gigi pemotong makanan alias gigi taring untuk muncul ketika bayi memasuki usia 18 bulan.

Kemunculan gigi taring terjadi secara bertahap antara taring atas dan taring bawah. Proses pertumbuhan ini maksimal ketika bayi menginjak usia 22 bulan.

3. Usia 26 Bulan

Di usianya yang menginjak 26 bulan, anak akan mengalami pertumbuhan gigi geraham bagian belakang, baik itu gigi geraham belakang yang ada pada rahang atas dan rahang bawah.

Sama seperti pertumbuhan gigi lainnya, pertumbuhan rahang belakang ini memiliki periode yang bervariasi pada masing-masing bayi. Ada yang sudah muncul di usia 20 bulan, namun ada juga yang baru muncul ketika memasuki usia 30 bulan ke atas.

4. Usia 2 Hingga 3 Tahun

Akhirnya, gigi susu anak yang berjumlah 20—masing-masing 10 di tiap rahang—sudah tumbuh semuanya ketika ia berusia antara 2 hingga 3 tahun.

Gigi-gigi tersebut lantas akan berada dalam formasi yang telah terbentuk tersebut sampai kira-kira si kecil berusia 6 hingga 7 tahun

5. Usia 4 Tahun

Tulang wajah dan rahang mulai terbentuk ketika si kecil berusia 4 tahun. Hal ini lantas memberikan ruang kepada gigi susunya. Adanya ruang tersebut memberikan ‘jalan’ bagi gigi dewasa untuk tumbuh.

Kemudian, satu per satu gigi mulai lepas dan digantikan dengan gigi dewasa atau gigi tetap. Akan tetapi, beberapa gigi susu juga masih ada yang tetap bertahan.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Gigi Bayi dan Balita

Saat tumbuh gigi, ada beberapa ciri atau gejala yang mungkin dialami oleh si kecil, yaitu:

  • Gusi memerah dan membengkak
  • Produksi air liur meningkat
  • Muncul ruam di sekitar mulut
  • Bayi sering memasukkan tangannya ke dalam mulut
  • Sering rewel
  • Perubahan pola tidur dan makan
  • Suhu tubuh meningkat

Cara Mengoptimalkan Pertumbuhan Gigi Bayi dan Balita

Seperti yang sudah dijelaskan, pertumbuhan gigi tiap anak berbeda-beda. Ada yang bisa tumbuh cepat namun ada juga yang cenderung lambat. Hal ini sejatinya bukan merupakan hal yang perlu Anda khawatirkan.

Kendati demikian, Anda bisa melakukan sejumlah cara guna mengoptimalkan pertumbuhan gigi si kecil. Mencukupi kebutuhan kalsium adalah salah satu cara utama yang kiranya wajib dilakukan, mengingat mineral satu ini perannya sangat penting dalam membantu pertumbuhan gigi.

Jangan sungkan juga untuk berkonsultasi dengan dokter gigi guna mencari tahu lebih lanjut mengenai kondisi gigi Anak Anda sekaligus langkah-langkah lainnya yang harus dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan giginya. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. Your Child’s Teething Timeline. https://www.babycentre.co.uk/a1050142/your-childs-teething-timeline (Diakses pada 17 Februari 2020)
  2. Anonim. Teeth Development in Children. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/teeth-development-in-children (Diakses pada 17 Februari 2020)
  3. Anonim. Cukupi Nutrisi untuk Pertumbuhan Gigi pada Bayi. http://awalbros.com/anak/pertumbuhan-gigi-pada-bayi/ (Diakses pada 17 Februari 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi