Terbit: 20 Maret 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Simak pertolongan pertama vertigo yang bisa Anda lakukan berikut ini. Vertigo adalah perasaan pusing dan berputar yang bisa dialami seseorang tanpa diawali dengan gerakan apapun. Vertigo bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan kumpulan gejala atau sindrom yang terjadi akibat gangguan keseimbangan pada sistem vestibular ataupun gangguan pada sistem saraf pusat.

pertolongan-pertama-vertigo-doktersehat

Pertolongan Pertama Vertigo

Sebelum menjelaskan mengenai cara mengatasi vertigo, perlu Anda ketahui bahwa beberapa jenis vertigo hanya terjadi sekali dan beberapa jenis lainnya akan terus berulang sampai kondisi yang mendasarinya ditemukan. Salah satu jenis vertigo yang paling umum disebut vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV).

Selain itu, neuritis vestibular, stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit Meniere adalah kondisi yang dapat menyebabkan vertigo. Jika Anda mengalami vertigo di rumah, ada beberapa pertolongan pertama vertigo yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Meredakan Gejalanya

Pertolongan pertama vertigo yang bisa dilakukan adalah dengan berbaring diam di ruangan yang gelap dan tenang untuk membantu meredakan gejala terutama jika disertai dengan perasaan mual. Hindari perubahan posisi secara tiba-tiba, konsumsi banyak air jika terasa haus, dan hindari lampu yang sangat terang.

2. Mengelola Stres

Hindari situasi stres seperti kecemasan yang diketahui dapat memperburuk serangan vertigo.

3. Mengatur Posisi Tubuh

Hindari membungkuk atau menengadahkan leher. Jika Anda ingin tidur, tidurlah dengan kepala sedikit diangkat, bisa dengan menambahkan satu atau dua bantal.

4. Merilekskan Tubuh

Vertigo bisa terjadi ketika Anda bangun di pagi hari. Pertolongan pertama vertigo yang bisa dilakukan adalah dengan duduk dan rileks terlebih dahulu sebelum berdiri sepenuhnya.

5. Epley Maneuver

Epley maneuver adalah salah strategi yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama vertigo. Cara ini sangat efektif untuk orang dengan BPPV. Berikut adalah langkah untuk melakukan epley maneuver jika vertigo muncul disebelah kanan:

  • Mulailah dengan duduk di tempat tidur.
  • Putar kepala 45 derajat ke kanan.
  • Berbaringlah dengan cepat dan jaga agar kepala tetap pada posisi. Tempatkan bantal di bahu dengan kepala tetap bersandar. Tahan selama 30 detik.
  • Putar kepala Anda 90 derajat ke kiri, tanpa menaikkannya. Kepala Anda sekarang akan terlihat 45 derajat ke kiri. Tunggu 30 detik lagi.
  • Kemudian putar tubuh 90 derajat ke kiri. Tahan 30 detik lagi. Setelah itu, cobalah untuk duduk di menghadap kiri.

6. Semont-Toupet Maneuver

Semont-Toupet maneuver adalah pertolongan pertama vertigo yang bisa dilakukan di rumah. Gerakan ini hampir sama seperti epley maneuver, akan tetapi membutuhkan fleksibilitas leher yang lebih sedikit. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan jika sumber vertigo berasal dari sebelah kiri:

  • Duduklah di tepi tempat tidur. Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.
  • Berbaring cepat di sisi kiri. Tahan selama 30 detik.
  • Jangan mengubah arah kepala. Pertahankan sudut 45 derajat dan berbaring selama 30 detik sambil melihat ke bawah.
  • Kembali duduk perlahan dan tunggu beberapa menit.
  • Balikkan gerakan ini jika vertigo terjadi di sebelah kanan.
  • Lakukan gerakan ini tiga kali sehari atau sampai vertigo menghilang.

7. Brandt-Daroff Exercise

Latihan ini paling sering direkomendasikan sebagai pertolongan pertama vertigo di rumah karena mudah dilakukan. Namun, Anda tidak boleh melakukan cara ini kecuali berada di tempat yang aman dan tidak mengemudi untuk sementara waktu, karena hal ini bisa memicu peningkatan rasa pusing untuk jangka waktu singkat. Berikut adalah langkah-langkanya:

  • Mulailah dengan posisi duduk tegak di tempat tidur.
  • Miringkan kepala Anda sekitar 45 derajat dari sisi yang menyebabkan vertigo. Bergeraklah ke posisi berbaring di satu sisi dengan hidung mengarah ke atas.
  • Tetap dalam posisi ini selama sekitar 30 detik atau sampai vertigo mereda. Kemudian pindah kembali ke posisi duduk.
  • Ulangi cara ini untuk sisi lainnya. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan gerakan ini tiga hingga lima kali dalam satu sesi. Dalam satu hari Anda harus melakukan tiga sesi dan dilakukan selama 2 minggu atau sampai vertigo hilang.

Nah, itulah berbagai langkah pertolongan pertama vertigo yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Vertigo Lainnya

Setelah Anda mengetahui berbagai langkah pertolongan pertama vertigo seperti di atas, terdapat cara meringankan vertigo lain yang juga harus Anda tahu, di antaranya:

  • Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah tanaman herbal yang dipercaya dapat mengatur aliran darah ke otak, sehingga mampu untuk meredakan pusing. Sebuah penelitian mengungkapkan, ginkgo biloba sama efektifnya dengan dengan obat betahistine dalam mengelola vertigo.

  • Teh Jahe

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik daripada reposisi manual seperti epley maneuver. Rebus jahe selama 5 menit, untuk mengurangi rasa pahit Anda bisa menambahkan madu. Minum teh jahe dua kali sehari dapat membantu pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

  • Kacang Almond

Almond adalah makanan yang kaya akan vitamin A, B, dan E. Mengonsumsi segenggam almond setiap hari dapat membantu mengatasi gejala vertigo. Meski penjelasan bagaimana almond dapat mengatasi vertigo tidak diketahui dengan pasti, ada kemungkinan kandungan vitamin di dalamnya yang memerangi penyebab vertigo.

  • Tetap Terhidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan gejala vertigo. Bahkan dehidrasi ringan dapat memicu kondisi ini. Cara mencegah vertigo adalah dengan tetap terhidrasi, oleh karena itu, penuhi asupan air tubuh sekitar 8-12 gelas per hari.

  • Minyak Esensial

Minyak esensial adalah pilihan alami dan terjangkau untuk mengelola gejala vertigo, termasuk mual, sakit kepala, dan pusing. Beberapa pilihan yang tersedia untuk mengelola vertigo termasuk minyak esensial peppermint, jahe, lavender, dan lemon.

Minyak esensial dihirup melalui infuser atau diencerkan dalam minyak pembawa (misalnya minyak zaitun atau minyak kelapa) sebelum dioleskan.

  • Cuka Sari Apel dan Madu

Cuka sari apel dan madu diyakini memiliki sifat kuratif untuk meringankan aliran darah ke otak. Dua bahan alami ini dipercaya dapat digunakan sebagai cara mencegah vertigo.

  • Akupresur

Akupresur menerapkan konsep yang sama dengan akupunktur, tetapi tanpa jarum. Tujuan dari akupresur adalah untuk meningkatkan kesehatan dan relaksasi. Cara ini dapat membantu mengelola vertigo dengan merangsang titik-titik tekanan di seluruh tubuh.

 

  1. Watson, Kathryn. 2017. 10 Home Remedies for Vertigo. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-vertigo. (Diakses pada 20 Maret 2020).
  2. Barhum, Lana. 2020. What are the home remedies for vertigo?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492. (Diakses pada 20 Maret 2020).
  3. VERTIGO. https://alscofirstaid.com.au/first-aid-resources/first-aid-how-to/vertigo/. (Diakses pada 20 Maret 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi