Terbit: 9 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak para pasangan yang ingin segera menambah momongan setelah kelahiran anak pertama. Hal ini wajar saja, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum merencanakan kehamilan berikutnya.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Punya Anak Kedua

World Health Organization (WHO) dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan bahwa jarak antara kehamilan pertama dan berikutnya adalah sekitar 2-3 tahun. Jarak kehamilan yang terlalu dekat bisa memicu risiko baik pada ibu ataupun janin seperti anemia akut, ibu rentan mengalami komplikasi kehamilan, susah memberi ASI eksklusif, perdarahan, bahkan keguguran.

Sebelum merencanakan kehamilan berikutnya, sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa hal berikut:
1. Kondisi ibu
Setelah melahirkan, rahim ibu membutuhkan waktu untuk pulih agar dapat menjadi tempat tumbuh kembang yang baik bagi janin yang baru. Bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar mungkin akan memerlukan waktu pemulihan lebih lama.

Selain persiapan fisik, ibu juga perlu mempertimbangkan kondisi mental. Setelah kelahiran anak pertama ibu sudah memiliki pengalaman merawat anak seperti menyusui, mengganti popok, menangani penyakit, dan lain-lain. Hal ini dapat menimbulkan kepercayaan diri saat merawat anak kedua. Namun perlu diingat juga bahwa usia dan kondisi psikis ibu saat hamil anak pertama dan kedua pasti berbeda. Jika jarak kehamilan terlalu dekat dikhawatirkan ibu akan kewalahan mengurus dua anak sehingga rentan mengalami stres.

2. Kondisi kakak
Selain mempertimbangkan kondisi ibu, kondisi kakak juga perlu diperhatikan. Si kakak mungkin akan merasa gembira, cemburu, atau kesal pada adik karena perhatian ibu akan banyak terbagia untuk anak kedua. Jika memang merencanakan anak kedua, bicara pada kakak bahwa ia akan punya adik baru dan libatkan ia untuk mempersiapkan bayi kedua seperti memilihkan baju bayi, dan sebagainya.

3. Kondisi keluarga
Kondisi keluarga juga menjadi poin penting untuk mempersiapkan kehamilan berikutnya. Biaya perawatan dan pendidikan anak tentu tidak sedikit. Jika secara finansial aman, maka hal ini tentu memudahkan program kehamilan anak kedua. Selain itu perlu diertimbangkan juga apakah akan memerlukan baby sitter atau dirawat sendiri bersama keluarga. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang terdekat karena mungkin saja ibu akan kewalahan menghadapi kelahiran anak berikutnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi