Terbit: 1 Maret 2018 | Diperbarui: 23 Oktober 2019
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bentuk buah bulat, memiliki warna oranye kemerahan, dan berbiji besar, buah persik adalah buah yang sangat unik yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Persik Berkhasiat Turunkan Berat Badan hingga Menyehatkan Jantung

Anda dapat menemukan pohon persik di hampir semua negara beriklim tropis, tapi buah ini berasal dari China bagian utara dan barat, dekat pegunungan Kunlun Shan.

Buah ini diberi nama prunus persica ketika dalam perjalanan ke Persia, di mana buah yang memiliki rasa manis dan asam ini dibudidayakan dalam perjalanannya ke Eropa. Sekarang, Anda bisa menemukannya di toko kelontong dan pasar tradisional di seluruh dunia.

Manfaat kesehatan dari buah persik ini sangat melimpah. Seperti melansir Natural Society, sebuah studi dari Texas A & M mengungkapkan bahwa persik dapat membantu pencegahan penyakit terkait obesitas seperti penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, dan diabetes. Hal ini disebabkan senyawa fenolik di dalamnya berkhasiat mengurangi kolesterol low density lipoprotein (LDL ) atau kolesterol jahat yang terkait dengan penyakit jantung.

Karena mengandung vitamin C, persik bisa membantu dalam melawan kanker. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang diketahui memiliki sifat antikanker. Secara khusus, antioksidan bisa melawan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Studi Texas A & M lainnya mengungkapkan bahwa ekstrak persik mampu membunuh sel kanker payudara yang paling agresif tanpa membahayakan sel sehat.

Vitamin C juga berkhasiat melindungi kulit buah persik. Entah dimakan atau dioleskan secara topikal, vitamin C bisa membantu membentuk kolagen, mengurangi keriput, dan melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Serat dalam buah persik juga bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah.

Persik rata-rata merupakan bagian dari makanan berserat tinggi yang sehat, satu butir buah persik memiliki 2 gram serat. Selanjutnya, diet serat tinggi juga diketahui bisa mengurangi risiko kanker usus besar.

Ketika sampai pada penyakit jantung, persik juga bisa menjadi bagian dari diet pencegahan. Persih menjadi sumber potasium, yang dapat membantu pencegahan penyakit jantung bersamaan dengan buah dan sayuran lainnya.

Untuk mendapatkan kualitas buah persik yang bagus dan segar, dapatkan di musim panas yang merupakan puncak musimnya. Tapi jika Anda tidak bisa mendapatkan buah persik segar, pilih yang telah dibekukan daripada dalam bentuk sirup.

Jika Anda ingin mendapatkan sari buah persik terbaik sepanjang tahun, cobalah membuatnya sendiri di rumah, yang dibuat dengan dicampur air dan madu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi