Terbit: 21 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jelang Idul Adha salah satu hal yang menjadi khas dari sisi sajian makanan, tentu saja adalah daging, baik daging kambing maupun daging sapi.

4 Persiapan Sederhana agar Tubuh Tetap Sehat Meski Banyak Makan Daging

Hal ini wajar mengingat hari raya Idul Adha merupakan hari raya kurban, sehingga tingkat kemudahan memperoleh daging akan semakin besar. Kondisi ini mau tak mau akan membuat kita lebih banyak mengonsumsi daging saat Idul Adha.

Padahal, seperti yang kita ketahui, daging merupakan jenis makanan berprotein hewani yang banyak mengandung lemak jenuh, sehingga konsumsinya harus dikontrol.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui apa saja persiapan yang perlu kita lakukan jelang Idul Adha, dimana kita akan cenderung lebih banyak makan daging daripada hari biasa.

Mempersiapkan tubuh jelang konsumsi daging yang lebih banyak dari hari biasa akan menyebabkan tubuh bisa lebih siap dan beradaptasi dengan lebih baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Persiapan yang tepat, juga akan membuat tubuh bisa memanfaatkan kandungan zat dan gizi dari daging dengan optimal, serta mencegah terjadinya penumpukan lemak akibat konsumsi daging yang berlebihan.

Berikut 4 persiapan sederhana yang bisa kita lakukan sebelum makan daging lebih banyak dari hari biasa:

1. Lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat

doktersehat vitamin untuk kesuburanSalah satu zat gizi utama yang bisa mengontrol atau melawan asupan zat yang berbahaya dalam daging, jika dikonsumsi berlebihan adalah serat.

Serat merupakan zat gizi yang mampu menyerap dan meningkatkan pembuangan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Untuk itu, sebelum Anda akan mengonsumsi banyak daging saat Idul Adha, ada baiknya jika Anda meningkatkan konsumsi serat pada beberapa hari sebelum hingga beberapa hari setelahnya.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan banyak mengonsumsi makanan dari tanaman, atau plant based food, yang banyak mengandung serat.

Misalnya, umbi-umbian, beras merah, sayur, buah, atau kacang-kacangan. Pilih makanan-makanan tersebut sebagai makanan pokok, makanan pendamping, minuman, atau camilan jelang Idul Adha.

2. Utamakan mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu menurunkan atau membuang kolesterol dalam tubuh

doktersehat makanan probiotik

photo credit: Pexels

Selain serat, ada beberapa jenis makanan atau minuman yang terbukti mampu menurunkan kadar lemak maupun kolesterol dalam tubuh.

Makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan zat dan gizi yang bisa membuang kolesterol, baik dengan membuang lemak dan kolesterol atau meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kadar lemak dalam tubuh bisa berkurang.

Beberapa bahan makanan yang terbukti mampu menurunkan lemak dan kolesterol dalam tubuh adalah:

  • Yoghurt dengan tambahan stanol dan sterol, stanol dan sterol merupakan zat pada makanan yang terbukti paling efektif membuang lemak dalam tubuh. Utamakan memilih yoghurt berfortifikasi stanol dan sterol dengan jenis yoguhrt yang rendah lemak dan tanpa tambahan rasa buah atau gula buatan.
  • Minuman yang mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh, misalnya green tea, minuman rempah, minuman dari buah utamanya jus dari sayur atau buah yang tinggi serat.

3. Menentukan metode masak yang tepat untuk mengolah daging

daging-kambing-kolesterol

Photo Source: Twitter.com/mpsteakpancake

Selain mengonsumsi makanan yang mampu mengurangi kadar lemak dalam tubuh akibat konsumsi daging. Mempersiapkan metode masak daging juga hal yang penting diperhatikan.

Usahakan Anda mengolah daging secukupnya, untul 2-3 kali waktu makan saja, dan dalam metode masak yang redah lemak, misalnya dipanggang, dibakar, dikukus atau direbus.

Jika porsi daging yang tersedia cukup banyak maka simpan daging dalam suhu beku untuk Anda olah pada waktu makan lainnya.

4. Berolahraga

Cara terakhir agar kita bisa tetap sehat meskipun banyak makan daging adalah dengan melakukan pembakaran kalori yang cukup besar, yaitu dengan melakukan olahraga.

Anda bisa meningkatkan durasi maupun frekuensi melakukan olahraga di sekitar waktu Idul Adha agar pembakaran lemak dalam tubuh bisa semakin optimal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi