Persiapan Sebelum Begadang Malam Tahun Baru

DokterSehat.Com– Malam ini kita akan mengalami pergantian tahun dari 2017┬ámenuju ke 2018. Banyak orang yang sengaja begadang menunggu detik-detik pergantian tahun. Hanya saja, mengingat begadang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, ada baiknya kita melakukan persiapan sebelum begadang di malam tahun baru dengan melakukan berbagai hal berikut ini.

Foto: Hantupedia

Tidak mempersiapkan camilan asin
Meskipun memiliki rasa yang enak, ada baiknya kita tidak mempersiapkan camilan asin seperti keripik, martabak telur, dan lain sebagainya. Camilan asin biasanya kaya akan kandungan monosodium glutamate (MSG) yang bisa membuat tekanan darah naik dengan signifikan.

Tidak mempersiapkan camilan kaya gula dan lemak
Tak hanya camilan yang asin-asin, ada baiknya kita tidak mempersiapkan camilan yang kaya akan kandungan gula dan lemak. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh di malam hari yang cenderung mengalami penurunan metabolisme sehingga jika kita tetap mengkonsumsi makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi, hal ini hanya akan menambah tumpukan lemak di dalam perut.

Jangan persiapkan minuman bersoda, sirup manis, atau minuman manis lainnya dan sebaiknya minum air putih saja yang lebih sehat.

Bagaimana dengan cokelat atau keju?
Anda ingin melakukan barbeque dengan membakar jagung, pisang, atau bahan makanan lainnya? Pastikan untuk tidak menambahkan cokelat atau keju yang bisa memicu asam lambung saat di malam hari.

Kacang rebus lebih direkomendasikan
Camilan sehat seperti kacang rebus bisa menjadi teman begadang yang sehat di malam tahun baru. Kacang sangrai juga bisa dijadikan pilihan yang enak.

Tidur yang cukup sebelum begadang
Agar tidak mudah mengantuk dan tidak mengalami kurang tidur, tidurlah sebelum bangun di malam hari untuk menikmati pergantian tahun.