Persiapan Persalinan yang Wajib Diperhatikan, Harus Bawa Barang Apa Saja?

persiapan-persalinan-doktersehat

DokterSehat.Com – Waktu kehamilan selama 9 bulan tidak terasa akan segera terlewati dan waktu kelahiran akan segera tiba. Menghadapi kelahiran anak tentunya menjadi hal yang menegangkan sekaligus menyenangkan bagi orang tua manapun. Agar tidak ada yang terlewat, ketahui berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan persalinan berikut ini, yuk!

Mengetahui Prosedur Persalinan yang Akan Dijalani

Sebelum melakukan persiapan persalinan, tentunya kita harus mengetahui lebih dulu prosedur persalinan apa yang ingin dipilih. Berikut adalah beberapa prosedur persalinan yang mungkin dipilih:

1. Persalinan Normal

Persalinan normal menurut sebagian wanita memang sangat menyakitkan. Meskipun begitu, prosedur ini masih menjadi pilihan utama hingga kini. Apabila tidak ada halangan tertentu seperti kondisi kesehatan ibu atau masalah pada janin, kebanyakan orang akan memilih persalinan normal.

Persalinan normal terkadang membutuhkan bantuan tertentu seperti induksi atau penggunaan vakum dalam prosesnya. Penggunaan bantuan ini biasanya akan dipertimbangkan berdasarkan situasi yang terjadi saat persalinan.

2. Operasi Caesar

Operasi caesar adalah operasi untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan rahim. Umumnya operasi akan direkomendasikan pada kondisi medis tertentu, seperti pada kehamilan berisiko tinggi atau karena posisi bayi yang sungsang.

Banyak orang yang sebelumnya telah merencanakan untuk melahirkan normal, tapi pada akhirnya harus dilakukan tindakan caesar. Hal ini mau tidak mau harus dilakukan apabila melahirkan normal dapat membawa risiko pada ibu maupun bayi.

3. Water Birth

Water birth atau melahirkan di air dianggap sebagai metode melahirkan normal dengan lebih sedikit rasa sakit. Proses ini juga dipercaya dapat mengurangi stres melahirkan pada ibu dan mengurangi komplikasi pada janin.

Namun karena masih sedikit penelitian tentang risiko dari water birth, maka banyak ahli yang tidak merekomendasikan proses persalinan ini. Sebelum memilih proses persalinan water birth, pastikan Anda telah memahami apa saja manfaat dan risiko dari prosedur ini!

Persiapan Persalinan Sejak Awal Kehamilan

Persiapan persalinan bukan hanya dilakukan ketika menjelang hari kelahiran, tapi terdapat juga beberapa persiapan yang bisa dilakukan sejak awal kehamilan. Persiapannya dapat meliputi:

1. Mengikuti Kelas Kehamilan

Mengikuti kelas prenatal sangat baik untuk persiapan persalinan. Kelas prenatal mengajarkan berbagai hal mulai dari bagaimana menghadapi proses persalinan, tentang menyusui, dan juga berbagai tips parenting. Kelas prenatal seperti prenatal yoga juga membantu Anda mempersiapkan fisik untuk persalinan.

2. Menghindari Pikiran Negatif

Menjaga pikiran positif selama masa kehamilan sangat penting untuk dilakukan. Pikiran negatif selama persalinan dapat meningkatkan stres dan tentunya meningkatkan rasa sakit. Cobalah untuk terus berpikiran positif selama masa kehamilan dan coba untuk berpikir bahwa Anda pasti dapat menjalani proses persalinan dengan baik.

3. Mempelajari Teknik Mengatasi Rasa Sakit

Anda mungkin akan menghadapi rasa sakit yang luar biasa selama persalinan. Namun jangan khawatir dulu, karena pada dasarnya ada banyak teknik yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengurangi rasa sakit tersebut. Teknik tersebut dapat berupa self-hypnosis, mempelajari berbagai proses persalinan, hingga menerapkan metode pernapasan tertentu.

Persiapan Persalinan Menjelang Hari Kelahiran

Sebelum melahirkan, dokter tentunya sudah memberitahu kapan due date Anda. Namun layaknya tanggal perkiraan, due date ini bisa saja berubah, baik itu maju maupun mundur. Maka dari itu, persiapan persalinan sudah harus Anda lakukan beberapa minggu sebelumnya.

Persiapan yang cukup akan membuat proses persalinan lebih mudah dan dapat mengurangi stres selama proses persalinan, lho!

1. Pilih Rumah Sakit atau Klinik

Anda mungkin akan memilih rumah sakit atau klinik bersalin yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Umumnya tempat persalinan yang dipilih adalah tempat di mana Anda biasa memeriksakan kehamilan, tapi dapat juga berbeda. Terutama jika mungkin Anda memilih bersalin di tempat lain, seperti di daerah dekat tempat tinggal orang tua.

Pastikan Anda mengumpulkan seluruh informasi tentang persalinan di rumah sakit atau klinik yang Anda pilih. Tanggal persalinan mungkin tidak dapat dipastikan, tapi Anda sudah dapat mengetahui apa saja yang harus Anda bawa dan lakukan ketika hari tersebut tiba.

2. Rencanakan Perjalanan ke Rumah Sakit

Selain memilih tempat, akses menuju tempat bersalin juga sangat penting untuk dipikirkan.

Anda sebaiknya memiliki beberapa rute alternatif untuk menuju ke rumah sakit atau klinik bersalin tersebut. Apabila jalan yang biasa dilewati terdapat kendala, pastikan Anda mengetahui jalan lain yang dapat menjadi pilihan untuk menuju kesana.

Penting juga untuk mengestimasikan waktu tempuh untuk menuju ke rumah sakit atau klinik bersalin tersebut. Selain itu, memikirkan kendaraan apa yang akan digunakan untuk menuju tempat tersebut juga sangat penting untuk dilakukan.

3. Persiapkan Barang yang Harus Dibawa

Ada banyak sekali barang persiapan persalinan yang harus dibawa.

Barang ini meliputi barang untuk ibu, untuk bayi, dan juga untuk ayah. Pastikan Anda membuat daftar dan melakukan packing jauh sebelum hari yang diprediksi. Jadi, ketika saatnya tiba, Anda dapat membawa langsung barang-barang tersebut ke rumah sakit.

4. Minta Bantuan Orang Terdekat

Anda mungkin membutuhkan bantuan orang terdekat untuk mendampingi ke rumah sakit atau untuk mengurus rumah.

Pastikan orang yang membantu ini adalah orang yang mudah untuk dihubungi kapan saja dan tinggal di tempat yang terjangkau dari rumah Anda. Apabila Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, bantuan orang untuk mengurus rumah mungkin lebih dibutuhkan dibandingkan untuk mendampingi ke rumah sakit.

5. Siapkan Kamar Bayi di Rumah

Setelah 2 atau 3 hari, Anda mungkin baru akan kembali ke rumah.

Sebelumnya, pastikan bahwa semua keperluan bayi di rumah sudah disiapkan, terutama kamar tidurnya. Setelah persalinan, Anda tentunya ingin segera dapat beristirahat dengan tenang dan nyaman di rumah tanpa harus repot mempersiapkan kamar untuk Anda dan bayi Anda lagi.

Barang yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa mempersiapkan barang yang dibutuhkan selama persalinan adalah salah satu hal yang wajib untuk dilakukan.

Jika Anda masih bingung dalam membuat daftar barang yang perlu dibawa pada saat persalinan, berikut adalah contoh daftar barang saat persalinan yang bisa menjadi referensi Anda!

1. Barang Persiapan Persalinan untuk Ibu

Dalam tas persiapan persalinan untuk ibu, berikut adalah beberapa barang yang wajib untuk dibawa:

  • Buku catatan kehamilan atau riwayat kesehatan
  • Baju yang nyaman untuk digunakan selama persalinan
  • Baju ganti sebanyak paling tidak 3 pakaian, pilih yang nyaman untuk menyusui
  • Bra menyusui
  • Pembalut wanita khusus untuk setelah melahirkan, Anda juga mungkin akan membutuhkan celana dalam sekali pakai
  • Kebutuhan mandi Anda seperti sikat gigi, sabun, deodoran, dan peralatan main lainnya
  • Ikat rambut agar rambut tidak mengganggu selama masa persalinan, terutama jika Anda memiliki rambut panjang
  • Kipas angin portabel
  • Bantal ekstra
  • Sandal
  • Kamera untuk mendokumentasikan proses kelahiran (jika diperbolehkan oleh fasilitas kesehatan untuk dokumentasi)
  • Camilan dan minuman
  • Minyak atau losion yang dapat digunakan untuk memijat tubuh

Selain barang-barang untuk sang ibu, ayah juga mungkin harus membawa beberapa barang pribadi karena akan berada di rumah sakit untuk beberapa lama. Barang yang wajib dibawa adalah seperti pakaian ganti, cadangan makanan, dan barang pribadi lainnya.

2. Barang Persiapan Persalinan untuk Bayi

Sedangkan dalam tas persiapan persalinan untuk bayi, barang yang wajib adalah seperti:

  • Pakaian bayi
  • Topi, sarung tangan, kaos kaki, dan sepatu bayi
  • Popok
  • Selimut
  • Kain bedongan
  • Pakaian hangat

Selain barang di atas, Anda juga mungkin membutuhkan car seat yang dipasang di mobil untuk membawa bayi pulang ke rumah nanti.

Ternyata, banyak juga ya hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi persalinan. Maka dari itu, persiapan dari jauh hari akan membuat Anda lebih tenang dan juga siap untuk menghadapi persalinan nanti. Yuk, siapkan dari jauh hari!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. American Pregnancy Association. 2015. Water Birth. https://americanpregnancy.org/labor-and-birth/water-birth/. (Diakses 23 September 2019).
  2. NHS UK. 2018. Pack your bag for labour. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pack-your-bag-for-birth/. (Diakses 23 September 2019).
  3. Sato, Gayle dan Jennifer Cody Epstein. 13 Tips to Help You Prepare for Childbirth and Labor. https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/labor-and-delivery/8-steps-to-a-less-stressful-labor/. (Diakses 23 September 2019).
  4. What to Expect. 2019. Having a C-Section (Cesarean Section). https://www.whattoexpect.com/pregnancy/c-section/. (Diakses 23 September 2019).
  5. What to Expect. 2019. What to Pack for the Hospital or Birthing Center. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/checklist/hospital-packing.aspx. (Diakses 23 September 2019).
  6. What to Expect. 2018. Preparing for the Hospital or Birthing Center. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/labor-and-delivery/preparing/hospital-or-birthing-center.aspx. (Diakses 23 September 2019).