DokterSehat.Com – Beberapa persiapan melahirkan caesar harus dilakukan oleh para ibu hamil yang harus melahirkan dengan operasi caesar. Beberapa hari sebelum hari perkiraan lahir jatuh tempo, beberapa ibu hamil harus melakukan persiapan melahirkan caesar.

awas-jangan-disepelekan-persiapan-melahirkan-caesar-doktersehat

Namun, kebingungan menyelimuti ibu hamil yang belum memiliki pengalaman sebelumnya dalam melakukan persiapan persalinan caesar. Berikut ini adalah beberapa informasi bermanfaat yang perlu Anda ketahui tentang persiapan melahirkan caesar khususnya bagi ibu yang baru pertama kali melakukan persalinan C-section (operasi caesar).

Persiapan melahirkan caesar

Persiapan persalinan caesar harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Jangan menganggap remeh operasi caesar yang memiliki banyak risiko ini. Berikut ini adalah beberapa persiapan persalinan caesar :

1. Merencanakan tanggal kelahiran

Tidak seperti persalinan normal yang tidak bisa merencanakan tanggal kelahiran, pada persalinan caesar Anda bisa melakukannya. Anda bisa dan memang seharusnya membuat rencana tanggal kelahiran bayi Anda. Jadi, sebaiknya Anda sudah memiliki rencana hari dan tanggal untuk melakukan operasi caesar dari jauh-jauh hari.

Baca juga: 7 Pertanyaan Seputar Operasi Caesar

2. Mengepak barang-barang yang dibutuhkan

Persiapan melahirkan caesar yang harus dilakukan mendekati waktu operasi caesar adalah menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan selama berada di rumah bersalin. Ibu yang akan menjalani operasi caesar cenderung tinggal lebih lama di rumah sakit daripada ibu yang melahirkan dengan persalinan normal.

Operasi caesar biasanya mengharuskan ibu tinggal di rumah sakit selama 3-5 hari. Jadi, persiapan barang yang akan dibawa harus dipastikan cukup selama tinggal di rumah sakit. Pastikan Anda membawa pakaian bersih dalam jumlah cukup dan memiliki bahan dan ukuran yang nyaman pasca operasi caesar.

Disarankan untuk membawa pakaian yang mudah untuk menyusui. seperti kemeja atau atasan yang memiliki kancing. Jangan lupa untuk membawa kaus kaki hangat dan bahkan beberapa sweter kardigan untuk kamar-kamar rumah sakit yang dingin. Ingat pula untuk membawa perlengkapan mandi seperti pasta gigi dan sikat gigi, lotion, sikat, makeup, dan sabun.

3. Mandi dengan antiseptik sebelum ke rumah sakit

Sebelum Anda pergi ke rumah sakit untuk melakukan tindakan operasi caesar, ada satu hal yang harus Anda lakukan di rumah. Anda akan diminta untuk mandi dengan sabun antiseptik pada malam sebelumnya dan pagi hari Anda melakukan bedah caesar. Persiapan melahirkan caesar yang satu ini bertujuan untuk menurunkan risiko infeksi.

4. Persiapan di rumah sakit sebelum operasi caesar

Setelah Anda tiba di rumah sakit, Anda akan diminta untuk memakai pakaian pasien. Selanjutnya, Anda akan melakukan penilaian fisik. Penilaian fisik merupakan persiapan melahirkan caesar yang cukup penting karena bertujuan untuk memeriksa tanda-tanda vital dan meninjau riwayat medis Anda sebelum tindakan.

Anda akan menjalani tes darah dan urin yang bertujuan untuk memeriksa diabetes dan masalah medis lainnya. Anda akan bertemu dengan ahli anestesi untuk mendiskusikan pilihan Anda terkait jenis anestesi (pembiusan). Anda juga akan diingatkan untuk tidak makan atau minum selama delapan hingga 12 jam sebelum operasi.

Baca juga: Kapan Boleh Makan Setelah Operasi Caesar?

Rambut kemaluan Anda akan dicukur. Lalu, Anda akan mulai diinfus untuk diberikan cairan dan obat-obatan. Sebuah kateter akan ditempatkan ke kandung kemih Anda untuk mengumpulkan urin selama operasi caesar berlangsung.

Pada umumnya, anestesi yang akan dilakukan adalah anestesi regional. Anestesi regional adalah jenis anestesi yang hanya mematikan bagian bawah tubuh Anda sehingga Anda masih bisa melihat, merasakan, dan mendengar selama persalinan caesar berlangsung. Anestesi adalah indikator persiapan melahirkan caesar yang sudah sangat dekat dengan kelahiran bayi.

Tindakan operasi caesar

Insisi abdomen

Dokter akan menyayat dinding perut Anda. Pada umumnya, sayatan dilakukan secara horizontal di dekat garis rambut kemaluan. Ada kemungkinan juga bila dokter membuat sayatan vertikal dari tepat di bawah pusar hingga tepat di atas tulang kemaluan.

Dokter Anda kemudian akan menyayat selapis demi selapis. Sayatan ini melalui jaringan lemak dan jaringan ikat dan memisahkan otot perut untuk mengakses rongga perut sebelum tiba pada rahim Anda.

Insisi uterus

Setelah dokter menyayat perut Anda maka selanjutnya dokter akan menyayat rahim Anda yang dikenal dengan istilah insisi uterus. Insisi uterus biasanya dilakukan secara horizontal di bagian bawah rahim. Jenis lain dari insisi uterus mungkin digunakan tergantung pada posisi bayi dalam rahim Anda dan apakah Anda memiliki komplikasi tertentu, seperti plasenta previa.

Kelahiran

Setelah rahim diinsisi maka tibalah untuk mengangkat bayi dari dalam rahim Anda. Kondisi ini dikatakan kelahiran pada proses tindakan persalinan caesar. Bayi akan diangkat dan dokter akan membersihkan mulut dan hidung bayi Anda. Lalu dokter akan menjepit dan memotong tali pusat. Plasenta akan dikeluarkan dari rahim Anda, dan sayatan akan ditutup dengan jahitan.