5 Hal yang Harus Dilakukan Pria Saat Mempersiapkan Kehamilan Istri

doktersehat peran pria untuk kehamilan

DokterSehat.Com – Dalam program kehamilan atau promil, pria dan wanita harus mempersiapkan semuanya dengan baik. Meski wanita yang hamil, pria juga harus melakukan persiapan yang baik terkait banyak hal. Tanpa dukungan dari pria, kehamilan yang sehat bisa saja tidak terjadi sehingga kolaborasi harus dilakukan dengan baik.

Saat mempersiapkan kehamilan, pria harus melakukan banyak hal. Mereka tidak boleh hanya diam dan menemani istri melakukan banyak hal. Kalau Anda ingin membuat program kehamilan bisa berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir, lakukan beberapa persiapan di bawah ini.

  1. Mengetahui kapan seks yang tepat

Selama ini pasangan yang masih awam dengan program kehamilan selalu menganggap kalau seks yang dilakukan dengan intens setiap hari akan mempercepat kehamilan. Padahal tidak demikian, seks yang lebih berpotensi sebabkan kehamilan kalau dilakukan saat masa subur. Kalau seks dilakukan saat ovum tidak dilepas, peluang kehamilan akan menurun.

Suami harus tahu hal seperti ini dan tidak menyerahkan semuanya pada wanita. Apa saja yang terjadi pada wanita hendaknya diketahui juga oleh pria. Dengan mengetahui hal-hal seperti ini, peluang mendapatkan kehamilan semakin besar.

Pria juga harus tahu kalau sperma yang matang dihasilkan selama 2-3 hari sekali. Jadi, bercinta setiap hari secara nonstop tidak akan berdampak apa-apa.

  1. Mengajak pasangan untuk menurunkan kadar lemak

Pria harus mau mengajak pasangannya untuk berolahraga secara rutin setiap hari atau minimal seminggu tiga kali. Kalau pasangan memiliki kadar lemak tinggi bisa diimbangi juga dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan diet yang tepat. Kalau pria bisa mendukung pasangan untuk melakukan hal ini kemungkinan terjadi pembuahan akan besar.

Oh ya, karena pria ingin mendukung pasangannya untuk sehat, mereka juga harus menjaga kesehatan tubuhnya. Pria juga harus melakukan olahraga secara rutin dan menjaga apa yang dimakan.

  1. Pria mulai mengurangi rokok dan alkohol

Merokok akan membuat peluang terjadi kehamilan menurun. Zat racun yang ada di dalam rokok bisa membuat pria mengalami menurunkan kualitas sperma. Percuma kalau istri sudah berusaha menjaga kesehatan sementara pria justru acuh dengan sperma yang dimiliki.

Anda harus berhenti sementara untuk merokok dan alkohol. Selain menurunkan kualitas dari sperma, rokok juga menurunkan kualitas seksual dari pria. Kemungkinan terjadi impotensi cukup tinggi. Tidak mau kan kehidupan seksual dan reproduksi hancur hanya karena rokok?

  1. Menjaga suasana hati dari pasangan

Saat mempersiapkan kehamilan wanita sering sekali mengalami stres yang cukup besar. Stres ini bisa muncul karena tubuh tidak segera menurun lemaknya, tidak bisa mendapatkan seks yang hebat, hingga tekanan dari suami. Akhirnya suasana hati wanita memburuk dan membuat kadar hormon di dalam tubuhnya fluktuatif.

Saat mempersiapkan kehamilan dari pasangan, pria disarankan untuk menjaga suasana hati dari istrinya. Dengan menjaga suasana hati istrinya dengan baik, kemungkinan terjadi pembuahan juga akan besar.

  1. Pria harus mau menjaga kesuburan

Kalau pada tahun pertama pasangan tidak juga mendapatkan keturunan padahal suda berusaha dengan baik, ada kemungkinan seks yang dilakukan tidak benar dan kesuburan pria dan wanita tidak baik. Kalau hal ini terjadi lebih baik memeriksakan kesehatan terlebih dahulu.

Kemandulan bisa terjadi pada siapa saja. Pria tidak boleh menyalahkan wanita begitu saja kalau tidak segera mendapatkan momongan. Mereka juga harus berusaha memperbaiki kesuburannya dengan baik.

Inilah beberapa persiapan kehamilan yang harus dilakukan oleh pria untuk mendukung promil. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.