Terbit: 21 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com– Kapan dan bagaimana bayi Anda lahir tergantung pada faktor-faktor tertentu, termasuk berikut ini:

Kehamilan Kembar – Persalinan dan Persiapan

  • Posisi masing-masing bayi
  • Berat setiap bayi
  • Kesehatan Anda
  • Kesehatan bayi

Anda dan dokter Anda akan mendiskusikan waktu terbaik untuk Anda persalinan. Setelah sekitar 38 minggu kehamilan, plasenta tidak berfungsi secara efisien pada wanita yang membawa bayi kembar dibandingkan dengan wanita yang membawa satu bayi, dan ada sedikit peningkatan kelahiran lahir mati (stillbirth). Namun, melahikran bayi terlalu dini bisa meningkatkan risiko timbulnya masalah kelahiran prematur. Kebanyakan ahli setuju bahwa jika tidak ada komplikasi, bayi kembar bisa dilahirkan pada usia kehamilan 38 minggu. Kemungkinan untuk membutuhkan persalinan sesar lebih tinggi saat Anda mengandung bayi kembar daripada saat Anda mengandung satu bayi. Namun, Anda memiliki kesempatan melahirkan normal jika presentasi janin (posisi yang terdekat dengan leher rahim) berada dalam posisi head-down, tidak ada komplikasi lain, dan usia kehamilan Anda paling sedikit 32 minggu. Jika Anda mengandung tiga atau lebih bayi, persalinan sesar dianjurkan karena lebih aman untuk bayi.

Jika Anda bisa melahirkan secara pervaginam, bersiaplah untuk persalinan yang lebih lama. Persalinan, terutama tahap pendorong, mungkin memakan waktu lebih lama pada persalinan kembar. Bayi biasanya lahir beberapa menit terpisah dalam persalinan per vaginam, tapi bisa memakan waktu lebih lama.

Bersiap-siap
Memiliki lebih dari satu bayi bisa sangat menarik dan luar biasa. Penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk dipersiapkan sebaik mungkin untuk petualangan yang akan datang menjadi orang tua baru bagi lebih dari satu bayi. Mungkin akan sangat membantu jika berbicara dengan orang tua lain yang memiliki banyak bayi. Memiliki bantuan dan dukungan akan membuat kehamilan multipel menjadi lebih mudah.

Kehamilan Kembar: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi