Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun sudah berhenti merokok, banyak orang yang mengaku merasakan sensasi kurang nyaman pada pernafasannya. Hal ini disebabkan oleh kerusakan yang disebabkan oleh kandungan rokok yang dihisap sebelumnya. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada beberapa makanan yang bisa melindungi kesehatan paru-paru bagi mereka yang sudah berhenti merokok.

Pernah Merokok? Pastikan Untuk Kerap Makan Ini Ya?

Dikutip dari Men’s Health, sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul European Respiratory Journal menghasilkan fakta tentang beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan para mantan perokok. Makanan ini tidak mahal dan mudah untuk didapatkan.

Dalam penelitian ini, 680 orang yang sedang merokok, pernah merokok, atau tidak pernah merokok dilibatkan. Mereka diminta untuk menjawab pertanyaan tentang pola makan harian dan kemudian melakukan tes spirometry yang bisa menentukan seberapa baik fungsi paru-paru saat bernafas. Hasilnya adalah, tiga jenis makanan yakni apel, pisang, dan tomat sangat disarankan bagi para mantan perokok karena bisa memperlambat penurunan fungsi paru-paru.

Sebagai informasi, paru-paru para perokok atau mereka yang sudah berhenti merokok tetap saja mengalami penurunan fungsi dengan signifikan jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah merokok. Karena alasan inilah mantan perokok harus memperhatikan apa yang dikonsumsi demi memastikan bahwa paru-paru dalam tubuhnya dalam kondisi yang sehat.

Menurut pakar kesehatan, tomat kaya akan antioksidan, khususnya lycopene yang bisa menurunkan peradangan pada saluran pernafasan sekaligus meningkatkan kualitas kesehatan paru. Kandungan flavonoid yang banyak ditemukan pada apel dan pisang juga bersifat anti peradangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Tak hanya mengonsumsi makanan-makanan sehat ini, ada baiknya mantan perokok lebih rajin berolahraga dan melakukan gaya hidup sehat lainnya demi memastikan tubuh berada dalam kondisi yang sehat.

Sobat Sehat tidak merokok atau sudah berhenti merokok kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi