Pernah Dengar Masalah Kaki Stroberi, Ini Penjelasannya?

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan kulit yang cukup merepotkan adalah kaki stroberi. Kondisi ini terjadi saat pori-pori kulit kaki membesar sehingga menimbulkan bintik-bintik berwarna gelap pada kaki. Dalam dunia medis, kondisi ini bernama open comedome dan jika dibiarkan begitu saja, maka warna kulit kaki akan menjadi semakin gelap. Hal ini tentu bisa menurunkan rasa percaya diri pada penampilan tubuh, bukan?

Photo Credit: Facetofeet

Pakar kesehatan dr. Rhonda Klein menyebutkan bahwa masalah kaki stroberi ini lebih sering dialami oleh kaum hawa. Penyebabnya pun bermacam-macam baik itu karena bulu kaki yang baru saja dicukur akan segera tumbuh, tersumbatnya pori-pori kulit kaki oleh sel kulit mati atau debu, hingga terkena paparan polusi udara atau bahan kimia.

Untuk mengatasi masalah kaki stroberi ini, dr. Rhonda menyarankan kaum hawa untuk memakai scrub perawatan kulit yang banyak tersedia di pasaran. Hanya saja, kita juga bisa memakai bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar rumah seperti air perasan lemon, gula cokelat, serta lidah buaya.

Untuk membuat scrub dari bahan alami ini, kita hanya perlu mencampurkan gel lidah buaya dan gula cokelat. Setelahnya campurkan dengan air perasan lemon dan aduk hingga merata. Scrub pun siap dan bisa dioleskan pada kulit dengan gerakan memutar. Diamkan selama beberapa saat hingga meresap dalam kulit dan setelahnya kulit bisa dibilas dengan air bersih.

Bahan alami lain yang bisa digunakan adalah campuran mentega susu dan soda yang dikocok agar menjadi pasta yang dioleskan pada kulit kaki. Bahan ini bisa mengelupaskan sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori kulit kaki sehingga mengatasi masalah kaki stroberi dengan efektif.