Permen Pelega Tenggorokan (Lozenges): Manfaat & Efek Samping

permen-pelega-tenggorokan-lozenges-doktersehat

DokterSehat.Com – Sakit tenggorokan tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Rasa sakit maupun gatal yang ditimbulkan oleh gangguan kesehatan yang satu ini memicu rasa tidak nyaman yang bisa mengganggu aktivitas. Guna mengatasi sakit tenggorokan, salah satu caranya yakni makan permen lozenges atau permen pelega tenggorokan. Bagaimana cara kerja permen pelega tenggorokan gatal ini? Apa efek samping permen lozenges?

Apa Itu Permen Lozenges?

Permen lozenges adalah permen obat yang diformulasikan untuk mengobati sakit tenggorokan atau tenggorokan gatal. Label ‘permen’ pada permen pelega tenggorokan menjadikan obat ini salah satu pilihan utama orang-orang (mungkin termasuk Anda salah satunya) ketika terserang sakit tenggorokan maupun batuk-batuk dalam skala ringan.

Sebagai permen pelega tenggorokan, permen lozenges memiliki komposisi sejumlah bahan aktif yang memang berfungsi untuk melegakan tenggorokan, seperti:

  • Benzocaine dan lignocaine hydrochloride, adalah anestesi lokal dengan dosis rendah, berfungsi untuk meredakan sakit pada tenggorokan
  • Antiseptik dengan dosis rendah, berfungsi untuk membasmi kuman pemicu sakit tenggorokan
  • Menthol (eucalyptus atau peppermint), berfungsi untuk memberi efek lega dan sejuk (dekongestan) pada tenggorokan
  • Flurbiprofen dan benzydamine hydrochloride, berfungsi untuk mengatasi peradangan (inflamasi) pada tenggorokan

Bagaimana Cara Kerja Permen Lozenges?

Permen pelega tenggorokan atau permen lozenges melalui bahan aktif yang dikandungnya tersebut bekerja dengan cara menambah produksi air liur. Proses ini terjadi ketika Anda mengisap permen tersebut hingga habis.

Adanya air liur ini lantas berfungsi sebagai pelumas pada saluran tenggorokan yang mengalami kekeringan saat dilanda sakit tenggorokan. Selain itu, bahan-bahan tersebut bertugas untuk melapisi dinding tenggorokan agar tidak terkena infeksi lanjutan yang akan memperparah kondisi.

Manfaat Permen Lozenges

Secara garis besar, manfaat permen lozenges atau permen pelega tenggorokan meliputi:

1. Meredakan Nyeri Tenggorokan

Manfaat permen lozenges yang pertama adalah untuk meredakan tenggorokan nyeri. Hal ini berkat peran dari Benzocaine dan lignocaine hydrochloride, yang mana keduanya merupakan anestesi lokal namun dalam dosis yang rendah.

Perlu diketahui, mengisap permen permen pelega tenggorokan lozenges ini sifatnya hanya meredakan rasa sakit pada tenggorokan, bukan serta merta menyembuhkan penyakit yang memicu sakit tenggorokan ini yang umumnya adalah flu.

2. Mengatasi Flu

Akan tetapi, peneliti dari University of Western Australia yakni Profesor Manfred Beilharz berhasil mengembangkan permen lozenges yang diklaim ampuh untuk menyembuhkan sakit flu. Lebih mengejutkan lagi, jenis flu yang bisa disembuhkan dengan permen lozenges ciptaannya tersebut tak hanya flu biasa, melainkan sampai flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1).

Manfaat permen pelega tenggorokan ini dikarenakan adanya kandungan interferon dalam dosis rendah, di mana zat ini merupakan protein alami tubuh yang dihasilkan manakala tubuh terserang infeksi virus flu.

Kendati demikian, efektivitas permen yang diberi nama Veldona lozenge ini masih membutuhkan studi lanjutan sebelum benar-benar diproduksi secara massal guna dijadikan alternatif pengobatan flu selain vaksin.

3. Meredakan Tenggorokan Gatal

Salah satu masalah tenggorokan yang juga sering dialami adalah tenggorokan gatal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi maupun konsumsi makanan berminyak.

Permen pelega tenggorokan gatal menjadi ‘jalan keluar’ yang mudah, murah, dan efektif guna mengatasi tenggorokan gatal. Kandungan bahan aktif di dalamnya mampu melawan bakteri, pun membersihkan minyak penyebab tenggorokan gatal (apabila gatal disebabkan konsumsi makanan berminyak).

4. Meredakan Batuk

Selain tenggorokan sakit dan juga gatal, batuk adalah kondisi lainnya yang juga bisa diatasi dengan mengisap permen lozenges. Manfaat permen lozenges untuk mengobati batuk didapat dari kandungan bahan antiseptik, yang mana fungsinya untuk melawan virus atau bakteri.

Sebagaimana diketahui, umumnya batuk disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus, dan hal ini berkaitan dengan penyakit flu. Namun pada beberapa kasus, batuk juga bisa disebabkan oleh sejumlah faktor lainnya, seperti alergi atau konsumsi makanan berminyak.

5. Mengatasi Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan yang Anda alami mungkin juga disebabkan oleh peradangan (inflamasi). Pada kasus ini, permen lozenges juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, permen ini mengandung Flurbiprofen dan benzydamine hydrochloride yang merupakan zat antiinflamasi.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Beberapa produsen permen lozenges menyertakan vitamin C ke dalam komposisi produknya. Hal ini sedikit banyak membuat permen obat tersebut juga memiliki peran dalam menjaga daya tahan tubuh.

Kendati demikian, manfaat permen lozenges untuk menjaga daya tahan tubuh ini skalanya kecil, sehingga Anda tetap perlu mengonsumsi sumber vitamin C lainnya.

7. Mengatasi Bau Mulut

Kandungan bahan menthol seperti peppermint dan eucalyptus pada permen ini selain melegakan tenggorokan juga secara tidak langsung memberikan aroma harum pada mulut sehingga Anda terbebas dari bau mulut yang tentunya sangat mengganggu, baik bagi diri sendiri maupun orang di sekitar.

Terlebih lagi, banyak produk permen lozengos yang tersedia dalam varian rasa buah-buahan sehingga makin meningkatkan keharuman mulut Anda.

Efek Samping Permen Lozenges

Umumnya, permen pelega tenggorokan tidak menimbulkan efek samping berarti bagi pengonsumsinya. Namun pada beberapa orang, permen ini mungkin saja menyebabkan sejumlah efek samping seperti:

  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan
  • Reaksi alergi pada kulit (gatal-gatal atau ruam)
  • Suara makin serak
  • Sesak napas
  • Kepala pusing
  • Detak jantung tidak normal

Apabila setelah mengisap permen pelega tenggorokan Anda mengalami efek permen lozenges di atas, segera kunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebabnya, apakah hal in ini memang terkait dengan permen tersebut atau bukan.

Itu dia informasi mengenai permen pelega tenggorokan gatal, sakit, dan sebagainya yang perlu Anda ketahui. Pastikan juga untuk memerhatikan cara pemakaian obat ini sebagaimana tertera pada kemasan agar penggunaannya benar-benar tepat dan hasilnya terasa. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Do Throat Lozenges Really Work? https://www.rd.com/health/conditions/throat-lozenges/  [Diakses pada 29 Juli 2019]
  2. Chloraseptic Sore Throat Lozenges Side Effects https://www.drugs.com/sfx/chloraseptic-sore-throat-lozenges-side-effects.html [Diakses pada 29 Juli 2019]