Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Buat Kurus?

manfaat-permen-karet-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Sampai saat ini, ada sebuah rumor yang mengatakan bahwa mengunyah permen karet bisa membuat seseorang menjadi kurus dalam waktu cepat. Rumor tersebut menjadi perdebatan warganet, baik yang setuju maupun yang tidak. Dari rumor itu pula, banyak yang ingin mencoba dan mampraktikkannya secara langsung untuk dapat mengetahui hasilnya.

Alhasil, hal tersebut memang terbukti. Ya, mengunyah permen karet memang bisa membuat seseorang menjadi kurus, namun tidak dalam waktu yang singkat. Jadi, terlalu berlebihan jika dikatakan bahwa mengunyah permen karet bisa membuat kuru dalam waktu sebentar.

Pasalnya, mengunyah permen karet hanyal opsi lain untuk mempercepat penurunan berat badan. Hal utama yang harus dilakukan adalah tetap membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi. Nah, lantas bagaimana kerja permen karet sehingga bisa menjadi pendukung dalam menurunkan berat badan? Simak informasinya berikut ini.

1. Menurunkan Nafsu Makan

Hal pertama yang menjadi landasan adalah ketika seseorang mengunyah permen karet, maka nafsu makannya akan berkurang. Hal itu dikarenakan, orang tersebut telah kenyang dengan meminum air liurnya sendiri dari kunyahan permen karet. Lebih dari itu, walau terkesan menjijikkan tapi air liur itu mengandung enzim penting bagi sistem cerna.

2. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa air liur yang kita telan ketika mengunyah permen karet adalah mengandung enzim penting bagi sistem cerna. Hal ini akan membunuh bakteri yang mengganggu pencernaan. Oleh karenanya, seseorang yang sering mengunyah permen karet biasanya akan mengalami buang air besar yang cukup lancar.

3. Menstabilkan Refluks Asam

Sekedar informasi, refluks asam merupakan sebuah kondisi medis yang terjadi ketika asam lambung seseorang tersumbat pada sauran sofagus. Tersumbatnya saluran ini biasa berhubungan dengan tenggorokan dan sistem pencernaan. Nah, kebiasaan mengunyah permen karet inilah yang akan menetralkan asam sehingga mengurangi peradangan pada sistem cerna akibat sumbatan tersebut.