15 Permainan Anak Perempuan yang Edukatif dan Menyenangkan

mainan-anak-perempuan-doktersehat

DokterSehat.Com – Anak perempuan membutuhkan permainan yang edukatif dan menyenangkan. Permainan edukatif dan menyenangkan sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Apabila Anda termasuk orang tua yang memiliki anak perempuan maka ketahuilah aneka permainan anak perempuan yang edukatif ini.

Aneka Permainan Anak Perempuan yang Edukatif dan Menyenangkan

Tumbuh kembang tidak hanya dirangsang dengan pelajaran di sekolah. Anda bisa melatih tumbuh kembang putri Anda dengan beberapa permainan untuk anak perempuan. Ajaklah ia untuk melakukan beberapa permainan anak-anak perempuan yang edukatif dan menyenangkan ini.

Berikut ini adalah beberapa permainan untuk anak perempuan yang edukatif:

1. Finger Painting

Finger painting adalah salah satu permainan anak perempuan yang seru. Permainan finger painting ini mirip dengan mewarnai tetapi menggunakan telapak tangan sebagai kuasnya dan perwarna yang bisa dimakan sehingga aman bagi anak-anak.

Anda bisa membuat aneka warna dengan menggunakan tepung dan pewarna makanan alami. Siapkanlah kertas warna yang lebar agar anak perempuan Anda puas mewarnai dengan telapak tangannya.

Permainan untuk anak perempuan ini bisa melatih perkembangan motoriknya terutama motorik halus. Selain itu, finger painting juga sebuah permainan yang mengasyikkan bagi putri kecil Anda. Jangan heran bila nanti ia sering meminta untuk bermain finger painting.

2. Membentuk lilin

Pastinya Anda mengetahui permainan anak perempuan yang satu ini bahkan Anda juga pernah melakukan permainan ini sewaktu masih kecil. Ya, ini adalah permainan dengan menggunakan lilin.

Permainan ini juga menyenangkan bagi anak perempuan Anda. Dia bisa membentuk lilin sesuka hatinya. Ini akan mengasah kemampuan motorik halusnya dan kreativitasnya. Pilihlah lilin yang aman bagi anak-anak dan tetaplah mengawasinya.

3. Mencetak pasir

Kini, banyak anak perempuan yang senang mencetak sesuatu dari pasir. Anda bisa melakukan permainan ini dengan menggunakan pasir pantai tetapi akan lebih aman jika Anda menggunakan pasir kinetik atau yang biasa juga disebut pasir ajaib.

Anak perempuan Anda bisa belajar mencetak dan membentuk bangunan dengan menggunakan pasir kinetik. Akan tetapi, janganlah meninggalkan anak Anda sendirian tanpa pengawasan orang dewasa karena bisa berbahaya bila tertelan atau terhirup.

Baca Juga: 8 Ciri-Ciri Anak Cerdas dan Berbakat yang Perlu Diketahui

4. Menyusun Bloks

Permainan anak yang juga bisa menjadi permainan anak-anak perempuan adalah bloks. Kreativitas anak perempuan Anda bisa meningkat dengan melakukan permainan menyusun bloks. Ia bisa mewujudkan ide-idenya dalam bentuk bangunan yang terbuat dari bloks.

5. Mewarnai

Permainan untuk anak perempuan lainnya adalah mewarnai. Hampir semua anak menyukai kegiatan mewarnai yang edukatif dan menyenangkan ini. Selain bisa melatih motorik halus dan kreativitasnya, Anda juga bisa mengajarkannya nama-nama warna dalam beberapa bahasa.

6. Menggambar

Apabila Anda telah melakukan permainan mewarnai maka Anda bisa membawanya ke tingkat yang permainan yang lebih tinggi lagi, yaitu menggambar. Menggambar adalah permainan untuk anak perempuan yang bisa melatih kemampuan berimaginasi.

Baca Juga: 6 Ide Permainan Bayi yang Mengasyikan

7. Permainan tepuk tangan

Ingat permainan ini? Ya, permainan tepuk tangan ini adalah permainan anak perempuan yang edukatif dan seru. Selain itu, permainan tepuk tangan ini juga sayang jika dilewatkan karena ada keceriaan tersendiri di dalamnya.

Anda bisa mengarang sebuah lagu yang bersifat edukatif atau menggunakan suatu hafalan yang bermanfaat sambil melakukan tepuk tangan. Permainan ini bisa meningkatkan keceriaan dan kebahagiaan anak perempuan Anda.

8. Main air

“Jangan main air nak!” Mungkin itu kata-kata yang sering Anda ucapkan dan membuat Anda tidak terpikir untuk menggunakan air sebagai sarana melakukan permainan untuk anak perempuan Anda.

Sebenarnya, ada beberapa permainan seru dan edukatif yang menggunakan air. Anda bisa menggunakan beberapa botol yang dipotong setengah lalu disusun menyerupai aliran air. Anda bisa mengajarinya beberapa hal lewat aliran air tersebut.

Baca Juga: 6 Pola Asuh Anak yang Baik untuk Perkembangannya

9. Permainan untuk anak perempuan – main boneka

Boneka sering kali digunakan di dalam permainan anak-anak perempuan. Ada beberapa jenis permainan yang bisa dilakukan dengan menggunakan boneka kesayangan anak. Anda bisa mengajarinya cara bercerita kepada boneka.

Anak perempuan Anda pasti senang karena dia menganggap berhasil meniru kegiatan Anda kepadanya ketika menjelang tidur. Tanpa ia sadari, sebenarnya ia sedang melatih kemampuannya membaca dan bercerita.

10. Main bunga

Hampir semua anak perempuan akan menyukai bunga-bunga yang indah. Manfaatkanlah hal ini sebagai sarana bermain untuk anak perempuan Anda. Anda bisa menggunakan bunga untuk mengajarinya mengenal nama-nama bunga, mengenal warna, dan menghitung bunga.

11. Dress-up

Anak perempuan Anda pasti suka jika ia bisa menjadi seorang princess dengan mengenakan gaun indah dan cantik. Permainan untuk anak perempuan ini bisa melatih kemampuannya berekspresi.

Baca Juga: 6 Resep Masakan Ikan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

12. Meniup balon

Meniup balon adalah permainan yang seru dan menyenangkan. Permainan meniup balon juga dapat meningkatkan kemampuan motoriknya. Putri kecil Anda juga bisa melatih koordinasi tangan dan bagian tubuh lain yaitu mulut saat hendak meniup balon.

13. Menangkap kupu-kupu

Selain bunga dan boneka, bermain mengejar kupu-kupu juga menjadi permainan untuk anak perempuan yang edukatif dan menyenangkan lho! Pastinya putri Anda akan senang mengejar kupu-kupu untuk ditangkap.

Kemampuan motorik kasar dan halusnya dapat dikembangkan melalui permainan ini. Tubuhnya akan menjadi lebih sehat dan enerjik. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan ketika ia terjatuh.

Oleh karena itu, lakukanlah permainan ini di taman yang memiliki permukaan tanah sehingga anak tidak terlalu sakit ketika ia terjatuh atau pakaikanlah pengaman lutut dan siku pada anak Anda. Oh iya, jangan lupa untuk melepas lagi kupu-kupunya sehingga ia juga belajar cara menyayangi hewan.

14. Rumah-rumahan

Suatu hari nanti akan tiba masanya bagi anak perempuan Anda untuk tinggal terpisah dan menjalani kehidupan rumah tangganya sendiri. Bermain rumah-rumahan bisa menjadi awal ia melatih dirinya sebagai ‘ibu rumah tangga’ kecil.

Anak perempuan Anda bisa berimajinasi dan berekspresi layaknya Anda sebagai ibu rumah tangga yang harus merawat sebuah rumah. Jangan heran bila Anda akan merasa tergelitik bila melihat putri Anda meniru aktivitas sehari-hari Anda di rumah.

Rumah-rumahan juga menjadi permainan anak-anak perempuan yang sering dimainkan bersama saudara atau teman-temannnya. Hal ini bisa melatih dirinya dalam berkomunikasi.

Baca Juga: 8 Variasi Resep Sandwich Sehat dan Enak

15. Masak-masakan

Masak-masakan adalah permainan anak perempuan yang wajib dilakukan karena banyak manfaatnya. Permainan ini bisa mengembangkan motorik halus dan kreativitasnya. Anda bisa memulainya dengan bermain masak-masakan tiruan lalu dilanjut dengan memasak sungguhan yang mudah dilakukan anak-anak.

Anda bisa memilih membuat sandwich atau masakan sederhana lainnya. Permainan ini bisa meningkatkan ikatan antara Anda dan anak. Selain itu, tanpa disadari jiwa keibuannya akan tumbuh. Ini penting karena ia akan menjadi seorang ibu yang memasak untuk anggota keluarganya.