Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjadi tua adalah hal yang pasti dialami makhluk hidup, termasuk manusia. Namun tentunya tak seorang pun yang ingin tanda penuaan datang lebih cepat. Namun masalahnya, banyak faktor di sekitar kita yang membuat tanda penuaan dini terlihat jelas.

Perlukah Menggunakan Skincare Anti-Aging di Usia 20-an?

Photo Credit : pexels.com

Selama ini banyak iklan mengampanyekan untuk melakukan perawatan sejak dini. Tidak heran jika kemudian banyak generasi muda yang mulai menggunakan banyak skincare sejak usia masih sangat muda. Namun pertanyaannya, amankah menggunakan banyak kosmetika di usia 20an?

Sebagaimana dilansir dari Web MD, pada dasarnya kita perlu menggunakan banyak skincare untuk menjaga kesehatan kulit. Ahli menyarankan bahwa kulit hanya perlu perlindungan sederhana seperti moisturizer dan sunscreen. Selebihnya, skincare pendukung seperti serum dan tonic tidak terlalu diperlukan karena efeknya juga dinilai tak terlalu signifikan.

Adapun, jika bicara soal perlindungan sejak dini, maka yang dibutuhkan mereka di usia 20an adalah menghindari rokok serta menggunakan suncreen dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu menjaga pola makan dan menghindari segala sesuatu yang bisa merusak kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Rokok harus dihindari karena zat racun di dalamnya bisa menghambat produksi kolagen dalam tubuh. Jika produksi zat ini berkurang, maka akan muncul tanda penuaan seperti kulit kering, tak lagi kenyal, serta muncul keriput dan bintik halus. Selain itu, rokok juga bisa membuat wajah tampak kusam.

Sedangkan sunscreen sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari pengaruh jahat sinar matahari. Jika Anda nekat berjalan di bawah sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya, maka dalam jangka panjang akan muncul bintik-bintik hitam dan flek wajah. Kulit pun akan tampak kusam dan kering.

Nah, ternyata tak perlu ribet untuk melawan tanda penuaan. Cukup jalani pola hidup sehat, dan lebih baik menggunakan perawatan herbal untuk tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi