Perlu Diwaspadai Mandi pada 3 Waktu Ini

doktersehat-mandi

DokterSehat.Com– Siapa bilang mandi boleh kapan saja? Ternyata ada aturannya, lho. Buat kamu yang sering dilarang mandi tengah malam atau diwajibkan mandi pada pagi hari, ada juga alasan di baliknya. Jadi, kapan waktu dilarang mandi? Berikut penjelasannya:

3 Waktu Dilarang Mandi

Berikut tiga waktu yang dilarang untuk mandi, serta dampak apa saja yang ditimbulkan jika melanggarnya:

1. Jangan mandi 30 menit setelah ashar

Jam dilarang mandi yang pertama adalah setelah pukul 3 sore, kondisi darah dalam tubuh sedang panas, sehingga jika kita mandi, maka dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

2. Jangan mandi setelah maghrib

Pada saat maghrib antara pukul 06.00-07.00 karena kondisi jantung pada asat itu mulai lemah. Selain itu, mandi pada saat itu juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

3. Setelah isya hingga pukul 12 malam

Jam tidak boleh mandi berikutnya adalah setelah isya atau sekitar pukul 19.30, merupakan waktu dimana jantung kita beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung. Selain itu mandi pada waktu ini akan menyebabkan seseorang menderita penyakit reumatik.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Waktu Mandi yang Baik untuk Tubuh

Jika ingin menghindari tiga waktu mandi yang dilarang, berikut ini adalah waktu yang baik untuk mandi. Waktu yang dianjurkan ini sudah pasti memberikan manfaat untuk tubuh.

1. Mandi saat subuh atau mandi sebelum subuh

Mandi saat subuh sangat direkomendasikan, karena mengandung ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat badan lebih segar dan lebih awet muda. Rasullulah SAW selalu melakukan mandi sebelum subuh, karena mandi pada waktu ini akan menguatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: 3 Manfaat Mandi Sebelum Waktu Subuh

2. Mandi pada waktu ashar

Mandi pada waktu ashar akan membuat tubuh lebih segar. Selain itu, mandi pada waktu ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Cara Mandi dengan Benar

Berikut cara mandi dengan benar yang bisa Anda lakukan setiap kali Anda mandi:

1. Suhu air yang tepat

Air hangat adalah yang terbaik untuk mandi agar Anda nyaman tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. Disarankan untuk menghindari menggunakan air yang sangat panas karena dapat mengupas kulit dari minyak alami pada tubuh Anda. Sebaiknya Anda gunakan air hangat suam-suam kuku.

2. Sisir rambut sebelum dibasahi 

Jika Anda akan membasahi rambut, sisir rambut terlebih dahulu agar rambut tidak semakin kusut saat basah. Sisir plastik adalah yang terbaik. Selalu menyisir rambutmu sebelum mandi untuk mengatasi rambut kusut, mulai dari bawah dan lanjutkan ke atas. Setelah mandi, sisir kembali rambuit Anda.

3. Pakai sampo secara merata

Ketika keramas, pastikan memakai sampo secara merata – jangan menuangkannya di atas kepala Anda, tapi taruhlah terlebih dahulu seperempat sampo di tangan dan pakainkan pada rambut. Pastikan untuk menggosok seluruh rambut, terutama jika Anda memiliki rambut panjang. Lakukan setidaknya 30-60 detik sebelum dibilas.

Saat menggosok, luangkan waktu untuk benar-benar memijat kulit kepala. Rambut yang kotor selalu berminyak pada akar rambut, dan benar-benar berfokus pada kulit kepala dengan memastikan rambut bersih. Sebagai bonus tambahan, memijat kulit kepala akan menyebabkan aliran darah lancar, yang pada gilirannya dapat merangsang pertumbuhan rambut.

4. Jangan pakai kondisioner terlalu lama

Membiarkan conditioner rambut untuk waktu yang lama tidak membuat perbedaan hasil perawatan pada rambut Anda. Efek dari kondisioner instan jika melakukan hal tersebut, rambut akan bengkak dari molekul air, sehingga kondisioner tidak dapat meresap pada rambut Anda. Sebagian besar manfaat dari formula standar berasal dari melapisi permukaan rambut hingga menghaluskan dan melindungi kutikula. Gunakanlah deep conditioner atau masker rambut hanya seminggu sekali.

5. Bersihkan tubuh secara aman

Sabun batang adalah sanitasi dan dapat digunakan bersama jika diperlukan, tetapi tidak untuk sabut mandi – karena dapat menyimpan bakteri, jamur, ragi, dan sejumlah hal buruk lainnya.

Jika Anda ingin menggunakan sabut mandi yang bagus, biarkan mengering sepenuhnya setiap hari setelah digunakan dan seringlah menggantinya jika sudah tidak layak pakai. Kebanyakan dokter kulit menyarankan untuk tidak menggunakan sabut mandi sama sekali, tetapi bagi Anda yang tidak bisa tanpa sabut mandi untuk membuat busa tebal, gantilah sabut mandi sebulan sekali.

6. Cuci wajah dengan benar

Ketika Anda mencuci muka dengan air hangat, pori-pori Anda terbuka, membiarkan produk menembus kulit untuk melawan jerawat. Caranya adalah dengan membasuh menggunakan air hangat kemudian bilas dengan dengan air dingin. Air dingin akan menutup pori-pori, yang merupakan kunci karena pori-pori terbuka adalah pintu gerbang bagi bakteri untuk masuk.

7. Jangan berlebihan pakai scrub

Pengelupasan kulit menggunakan scrub atau exfoliating memiliki banyak manfaat, termasuk mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel baru. Meskipun bagus untuk kulit, penting untuk tidak berlebihan. Eksfoliasi hanya sekali atau dua kali seminggu, jika tidak terlalu menjengkelkan.

8. Bilas rambut dengan air dingin

Mirip dengan wajah Anda, air hangat akan membuka kutikula rambut dan air dingin akan menutupnya kembali. Air dingin menyegel kutikula, menjadikan rambut berkilau. Air panas dapat menyebabkan rambut kering, jadi bilas rambut dengan air dingin.

Baca juga: Tak Hanya Mencegah Keriput, Mandi Air Dingin Juga Memiliki Manfaat ini!

9. Segera oleskan lotion

Oleskan lotion segera setelah mandi, bahkan ketika Anda masih dalam keadaan basah. Cara ini berfungsi untuk mengunci air ke dalam kulit dan melembapkannya dengan baik. Tubuh Anda yang baru saja keluar dari kamar mandi adalah kanvas yang sempurna untuk pelembap — ini membantu mendapatkan hasil maksimal dari formula.

Nah, itu dia beberapa waktu yang dilarang untuk mandi hingga tips mandi yang benar untuk Anda, Teman Sehat! Semoga bermanfaat.