Terbit: 3 Mei 2018 | Diperbarui: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menyiapkan kelahiran bayi merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan. Mulai dari membuat daftar perlengkapan bayi, merancang kamar bayi hingga membelinya di toko perlengkapan bayi tentunya menjadi kegiatan menarik yang Anda lakukan bersama pasangan. Mengingat banyaknya perlengkapan bayi yang perlu disediakan, Anda mungkin sering bingung dihadapkan pada pilihan: harus membeli perlengkapan bayi atau cukup menyewa saja?

Perlengkapan Bayi: Sewa atau Beli?

Perlengkapan bayi baru lahir memang sebaiknya baru. Namun kadang kala orang tua harus merogoh kocek sangat dalam untuk menyediakan berbagai perlengkapan bayi. Beruntung saat ini mulai banyak bisnis persewaan perlengkapan bayi mulai dari boks bayi, stroller, kursi makan bayi, hingga mainan bayi. Bagi Anda yang ingin menghenat kocek, menyewa perlengkapan bayi bisa jadi pilihan hemat.

Pertimbangan menyewa perlengkapan bayi

Beberapa orang tua memilih untuk menyewa perlengkapan bayi karena ingin melakukan penghematan. Perlu diingat bahwa pengeluaran untuk keperluan bayi setelah lahir tidak sedikit, sehingga orang tua harus bijaksana mengatur pengeluaran. Dengan menyewa, orang tua bisa mendapatkan barang-barang perlengkapan bayi dengan harga miring dibandingkan jika membeli baru.

Salah satu pertimbangan untuk menyewa adalah barang yang akan dibeli memiliki masa pakai yang pendek sehingga sayang jika harus membeli baru. Selain itu beberapa perlengkapan mungkin akan susah diletakkan dalam gudang sehingga orang tua kesulitan menampung barang yang sudah tidak dipakai lagi. Bagi orang tua yang masih mengontrak atau kos umumnya juga memilih untuk menyewa ketimbang membeli peralatan bayi.

Meskipun lebih ekonomis, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyewa peralatan bayi, di antaranya perhatikan dengan baik kondisi barang yang akan disewa. Apakah kondisinya masih baik atau layak digunakan. Beberapa barang yang bisa Anda sewa antara lain boks bayi, stroller dan beberapa mainan anak seperti ayunan plastik.

Pertimbangan membeli perlengkapan bayi

Sebaiknya perlengkapan bayi dalam kondisi baru karena dianggap lebih sehat dan tidak berisiko menularkan penyakit. Apalagi bagi bayi baru lahir yang sangat sensitif dan belum memiliki daya tahan tubuh yang baik. Beberapa barang seperti botol susu, peralatan makan dan minum bayi memang sebaiknya dibeli baru.

Pertimbangan lain bagi orang tua yang memilih untuk membeli peralatan bayi baru adalah karena kemanan dan kenyamanan dari produk tersebut. Misalnya, bak mandi. Bak mandi yang tidak dirawat dengan baik umumnya permukaannya menjadi licin atau mungkin mengalami kerusakan di beberapa bagian tertentu. Tentunya ini berisiko menimbulkan cedera saat memandikan bayi sehingga orang tua lebih baik membeli baru daripada menyewa.

Bagaimanapun, Anda pasti punya pertimbangan sendiri apakah harus menyewa atau membeli barang. Pertimbangkan juga manfaat, masa pakai dan harga barang jika baru. Apabila selisihnya tidak terlalu banyak dan masih sesuai dengan anggaran, maka pilihan membeli mungkin lebih tepat untuk Anda. Jika sudah tidak digunakan, Anda bisa memberikannya pada saudara atau bisa Anda sumbangkan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi