Hamil 4 Bulan: Pergerakan Janin Bisa Dirasakan

hamil-4-bulan-doktersehat

DokterSehat.Com – Hamil 4 bulan adalah penanda awal trimester kedua (13-16 minggu). Saat usia janin 4 bulan ini, ibu hamil bisa merasakan bayi bergerak untuk pertama kalinya. Beberapa gejala fisik yang dialami pada trimester pertama akan berlanjut atau muncul gejala baru. Selain itu, perkembangan janin 4 bulan juga membuat perubahan suasana hati dan depresi lebih jarang terjadi.

Apa yang Dirasakan saat Hamil 4 Bulan?

Kehamilan 4 bulan apa yang dirasakan? Itulah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu hamil. Salah satu tanda umum hamil 4 bulan yang bisa dirasakan adalah pakaian yang semakin ketat.

Pada minggu ke 16, lingkar pinggang Anda akan mulai menghilang. Sedangkan pada minggu 17, bagian atas rahim berada di antara tulang kemaluan dan pusar. Disaat inilah Anda jangan menggunakan pakaian ketat, gunakanlah pakaian longgar.

Bagi beberapa wanita, hamil 4 bulan adalah masa yang menyenangkan karena untuk pertama kalinya Anda mungkin dapat merasakan janin bergerak. Gerakan janin di dalam perut akan terasa seperti kupu-kupu yang hinggap di perut. Pada masa ini janin akan terbentuk sepenuhnya.

Hamil 4 bulan ini juga akan membuat jantung memompa darah 20% lebih banyak dari biasanya, di mana hal ini berguna untuk memasok janin dengan oksigen yang dibutuhkan. Beberapa gejala yang dirasakan ibu hamil ketika janinnya 4 bulan dapat mencakup:

  • Kelelahan.
  • Sembelit.
  • Mulas.
  • Perut kembung.
  • Hidung tersumbat atau hidung berdarah.
  • Gusi berdarah.
  • Nafsu makan meningkat.
  • Pergelangan kaki bengkak.
  • Kaki pegal.
  • Pembuluh darah membesar.
  • Mengalami keputihan.
  • Muncul stretch mark.
  • Sesak napas saat janin tumbuh lebih besar.

Selain beberapa gejala hamil 4 bulan seperti di atas, heartburn adalah gejala lainnya yang bisa muncul. Heartburn adalah perasaan terbakar di dada yang disebabkan oleh asam di perut yang keluar melalui kerongkongan

Pada hamil 4 bulan ini, hormon menyebabkan katup di bagian atas perut rileks yang memungkinkan asam lambung masuk kembali ke kerongkongan. Kondisi ini diperburuk oleh tekanan yang terjadi pada rahim yang membesar di perut. Sakit maag biasanya lebih buruk saat Anda berbaring.

Mencegah terjadinya heartburn bisa dilakukan dengan menjauhi makanan pedas atau berlemak, minum segelas susu sebelum tidur, atau konsumsi camilan lebih sering. Dokter juga mungkin merekomendasikan antasida yang cocok untuk digunakan untuk kehamilan.

Hormon dalam tubuh ibu hamil juga dapat membuat pertumbuhan rambut dan kulit tidak dapat diprediksi. Rambut Anda mungkin menjadi lebih tebal atau mungkin mengalami kerontokan. Rambut kering bisa menjadi lebih kering dan rambut berminyak bisa menjadi lebih berminyak.

Selain itu, warna atau tekstur kulit mungkin tidak merata. Beberapa pembuluh darah kecil di bawah kulit mungkin terlihat. Kulit Anda mungkin sensitif selama kehamilan, jadi pastikan untuk menggunakan produk perawatan kulit hypoallergenic.

Hal-hal yang Boleh Dilakukan saat Hamil 4 Bulan

  • Terus melakukan olahraga rutin dengan mendapat persetujuan dari dokter. Joging, yoga, atau berenang adalah olahraga yang bisa dilakukan demi mempromosikan persalinan yang sehat.
  • Tidur menghadap sisi kiri dengan bantal yang diapit di antara kaki dapat memberi kenyamanan. Posisi ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke janin yang sedang berkembang.
  • Beli pakaian hamil saat otot perut mulai meregang dengan cepat.
  • Demi menjaga keintiman dengan pasangan, Anda bisa melakukan hubungan seksual. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait kondisi kehamilan.
  • Lakukan pemeriksaan gigi rutin untuk menghindari komplikasi mulut dengan gusi berdarah.

Hal-hal yang Sebaiknya Dihindari saat Hamil 4 Bulan

  • Hindari konsumsi alkohol karena janin dapat mengalami fetal alcohol syndrome (FAS).
  • Hindari membersihkan kotoran kucing karena dapat meningkatkan risiko alergi.
  • Jangan menggunakan pemandian air panas atau sauna karena suhu tinggi mungkin berbahaya bagi janin yang sedang tumbuh.
  • Berhenti merokok karena seorang perokok cenderung melahirkan bayi dengan berat badan rendah yang berisiko lebih tinggi mengalami cacat.

Tips Diet untuk Hamil 4 Bulan

1. Konsumsi Vitamin atau Suplemen

Hati-hati dengan apa dan berapa banyak makanan yang Anda makan. Masukkan cukup vitamin dan suplemen dalam diet karena janin yang sedang tumbuh membutuhkan makanan yang tepat.

2. Makanan Kaya Zat Besi

Beberapa makanan kaya zat besi seperti ikan, daging, hati, tahu, kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah, sayuran berdaun hijau tua, telur, dan buah-buahan kering baik dikonsumsi saat hamil 4 bulan.

3. Makanan Kaya Serat

Makanan hamil 4 bulan yang kaya serat seperti oatmeal, barley, biji rami, biji chia, almond, pistachio, pecan, brokoli, kacang hijau, jagung manis, raspberry, stroberi, apel, pisang, ara, dan pir.

4. Kalsium

Makanan kalsium termasuk susu, yoghurt, keju, kangkung, selada air, okra, brokoli, dan almond sangat penting untuk perkembangan tulang janin.

5. Zinc

Makanan yang kaya akan zinc termasuk daging domba, daging sapi, biji gandum, bayam, jamur, dan labu. Zinc membantu dalam pengembangan sistem kekebalan tubuh dan saraf yang sehat.

6. Vitamin C

Makanan vitamin C termasuk paprika, kentang manis, tomat, kembang kol, brokoli, sayuran berdaun hijau, dan kol. Ini adalah nutrisi utama untuk penyerapan zat besi.

7. Asam Lemak Omega-3

Memiliki makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 termasuk minyak nabati, kacang kedelai, kacang walnut, almond, sarden, chia dan biji rami.

8. Protein dan Karbohidrat

Sertakan makanan berprotein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging ayam, kedelai, quinoa, dan karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, dan kentang.

9. Tepung Olahan

Hindari tepung olahan (maida) karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

10. Ikan yang Mengandung Merkuri

Hindari ikan laut seperti king mackerel, tuna putih, dan ikan pedang yang mengandung merkuri. Termasuk ikan air tawar (trout dan salmon).

11. Keju

Hindari keju lunak (Brie) dan keju biru (camembert) karena dapat menyebabkan keracunan makanan. Keju yang bisa dikonsumsi adalah keju keras seperti cheddar dan parmesan.

12. Telur

Jangan menyertakan telur mentah atau setengah matang. Hanya makan telur yang dimasak dengan benar atau dipasteurisasi.

13. Kafein

Hindari minum teh atau kopi berlebihan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein berbahaya.

14. Air

Minumlah air yang cukup. Ibu hamil harus mengonsumsinya setidaknya dua hingga tiga liter air setiap hari.

15. Makanan Pedas dan Garam

Batasi makanan pedas, makanan yang digoreng, dan makanan yang mengandung garam dan gula berlebihan.

Tips untuk Calon Ayah

Calon ayah juga harus melakukan hal-hal tertentu untuk memahami apa yang sedang dialami ibu hamil 4 bulan. Beberapa hal yang dapat dilakukan meliputi:

  • Membantu pekerjaan rumah tangga, karena mungkin akan sulit bagi ibu hamil untuk mengelola rumah dan bekerja.
  • Memahami perubahan fisiologis dan psikologis yang dialami ibu hamil. Pahami bagaimana perkembangan bayi selama periode tersebut dan bicarakan dengan dokter mengenai tindakan yang tepat.
  • Terus jalin komunikasi dengan pasangan untuk memastikan kondisi kehamilan berjalan baik. Ceritakan semua ketakutan atau perasaan lainnya dengan pasangan untuk dicari solusi secara bersama-sama.

Pada akhirnya, hamil 4 bulan menandai kemajuan kehamilan di trimester kedua. Pastikan Anda berbicara dengan dokter dan orang yang Anda cintai untuk meredakan dan menghapus semua ketakutan yang pernah didengar.

Saat ini Anda berada di bagian indah dari fase kehamilan karena janin perlahan-lahan menjalani transformasi lengkap. Anda akan merasa gembira, khawatir, dan takut pada saat yang bersamaan. Pahami bahwa emosi yang campur aduk benar-benar normal selama hamil 4 bulan dan cobalah untuk menikmati fase ini.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Pregnancy: The fourth month. https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=322&language=English. (Diakses pada 22 Oktober 2019).
  2. MALACHI, REBECCA (BSc). 2019. 4 Months Pregnant: Symptoms, Baby Development And Diet Tips. https://www.momjunction.com/articles/4th-month-pregnancy-care-expect-dos-donts_0077368/#gref. (Diakses pada 22 Oktober 2019).