Perkembangan Janin 4 Bulan: Jantung Berdetak Cepat

doktersehat-usg-ibu-hamil

DokterSehat.Com– Menginjak hamil 4 bulan, calon ibu akan sangat merasakan perubahan ukuran perut ketika berada di depan cermin, melihat benjolan yang semakin membesar. Demi janin 4 bulan, calon ibu juga akan sangat berhati-hati dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Apa yang dirasakan kehamilan 4 bulan?

Trimester kedua (13-16 minggu) kehamilan telah dimulai. Pada saat ini, dokter menyarankan Anda menjalani ultrasound untuk memeriksa perkembangan janin. Anda akan melihat janin 4 bulan bergerak di layar ultrasonik. Namun gerakannya hampir tidak terlihat sejauh ini, jadi Anda belum dapat merasakannya.

Pada akhir minggu ke-12, seperti melansir Mother How, rahim akan sebesar tangan pria. Sebulan kemudian akan bertambah besar dan akan menjadi sebesar buah melon. Plasenta telah berkembang sesuai dengan kebutuhan janin yang sedang tumbuh untuk oksigen dan nutrisi. Umbilical atau tali pusar lebih besar dan lebih panjang masa ini sehingga bayi nyaman di dalam perut.

Di usia kandungan 4 bulan masih mudah lelah dan sering merasa kesal. Beberapa wanita mengalami garis-garis kemerahan tipis di paha – varicose veins dangkal. Garis serupa juga bisa muncul di payudara. Kedua kasus terhubung dengan perubahan hormonal. Setelah kelahiran, garis-garis ini akan memudar dan kemudian hilang sama sekali. Jalan keluar terbaik adalah memakai pakaian dalam dan stoking untuk ibu hamil. Usia kandungan 4 bulan ini adalah saat-saat menyenangkan: perut mulai tumbuh dan ibu hamil memiliki alasan untuk berbelanja, untuk mencoba mencari pakaian bayi lucu bagi para calon ibu.

Tips kehamilan 4 bulan

  1. Jika berbelanja, ingatlah bahwa pakaian yang Anda pilih pertama-tama harus nyaman.
  2. Jika Anda memakai riasan wajah atau make-up, usahakan untuk mengurangi menggunakannya: selama perkembangan janin 4 bulan, kulit menjadi rentan karena keseimbangan hormonal. Selain itu karena konsentrasi hormon kehamilan yang sama ada pigmentasi di wajah yang tidak ada sebelum kehamilan. Es batu yang terbuat dari mentimun atau jus peterseli akan membantu memperbaiki kondisi ini. Bisa juga krim pemutih khusus dibuat untuk ibu hamil.
  3. Jika varises merupakan keturunan dari keluarga, Anda pasti harus berkonsultasi dengan ahli phlebologist (spesialis vena).
  4. Sempatkan berjalan di taman untuk mendapatkan udara segar: pikirkan alasan baru yang menyenangkan untuk keluar rumah.
  5. Jadilah optimis: bertemu dengan teman-teman atau tonton film.
  6. Mengonsumsi makanan yang lezat, tapi sehat. Jangan makan sampai larut malam (setelah pukul 8 malam). Ini akan meningkatkan mood dan kondisi kesehatan Anda.
  7. Konsumsi vitamin C, yang memperkuat dinding pembuluh darah.
  8. Tidurlah menyamping ke sisi kiri dengan bantal (atau bantal kehamilan) di antara kedua kaki Anda. Posisi seperti ini menyediakan plasenta dengan aliran darah dan memperbaiki fungsi ginjal.

Ketidaknyamanan hamil 4 bulan

  1. Kelemahan umum
  2. Nafsu makan meningkat
  3. Pigmentasi pada wajah
  4. Garis cokelat di perut dari pusar ke garis bikini (yang disebut garis Alba), yang akan menghilang segera setelah melahirkan
  5. Ekskreta keputihan ringan dari vagina
  6. Rambut rapuh; gusi yang menebal dan berdarah; pendarahan hidung
  7. Vaskular “jaring” di paha dan payudara calon ibu
  8. Kemungkinan mengalami wasir

Penanganan dokter

Kehamilan 4 bulan berbahaya bagi wanita dengan disfungsi korteks adrenal. Bahaya meningkat jika ibu mengharapkan anak laki-laki. Itu terjadi karena testosteron.

Dokter akan meresepkan calon ibu termasuk dalam kelompok risiko ini untuk mengambil tes spesifik cairan ketuban – amniosentesis (ketuban bocor). Ini akan memperkirakan kemungkinan malformasi, golongan darah, tingkat bilirubin, protein, dan hormon, juga jenis kelamin bayi, dan akan memungkinkan mencegah kemungkinan patologi (diagnosa penyakit).

Dokter menentukan posisi janin dan plasenta, menemukan tempat yang aman untuk menyuntikkan jarum yang kemudian dibersihkan dan dibius. Kemudian menyuntikkan melalui dinding perut ke dalam rongga uterus. Cairan amniotik diambil melalui jarum ke dalam alat suntik. Prosedur ini berlangsung selama sekitar 30 menit di bawah kendali ultrasound dan aman pada saat ini karena kelambanan rahim.

Usia kandungan 4 bulan, wanita yang agak terlalu tua untuk kehamilan atau dengan penyakit keturunan juga diresepkan suntik amniotik, setelah itu dalam beberapa kasus bisa mengalami perdarahan kecil dari vagina, kejang kecil atau kebocoran cairan amniotik atau ketuban, maka calon ibu harus berkonsultasi dengan dokter segera jika ini terjadi.

Kondisi yang berbahaya saat kehamilan 4 bulan

Hubungi dokter segera jika calon ibu mengalami hal berikut ini:

  1. Nyeri di perut bagian bawah, termasuk kontraksi seperti darah atau ekskresi air dari alat kelamin
  2. Sakit kepala yang parah, berlangsung lebih dari 2-3 jam
  3. Disfungsi penglihatan: penglihatan kabur, penglihatan bifurkasi, bintik-bintik hitam di depan mata
  4. Buang air kecil yang menyakitkan
  5. Mual dan muntah disertai sakit perut atau demam
  6. Berat badan tiba-tiba meningkat lebih dari 2,2 pon
  7. Badan terasa gatal,
  8. Kemungkinan mengalami ikterus (penyakit kuning)
  9. Urine berwarna gelap dan
  10. Tinja tidak berwarna

Perkembangan janin 4 bulan

  1. Organ dalam bayi hampir sepenuhnya terbentuk dan mulai tumbuh dengan cepat. Perkembangan janin 4 bulan ini terlihat lebih besar dan mulai membentuk tubuh manusia. Namun, kepalanya masih terlalu besar. Tengkorak terdiri dari sekelompok tulang yang terhubung secara longgar yang tidak melawan pertumbuhan otak. Jadi masih rapuh. Kartilago (tulang rawan) menjadi tulang, dan tubuh si kecil berubah dari keputihan transparan menjadi merah padat.
  2. Pada minggu ke 13, dasar gigi sulung mulai terbentuk.
  3. Jantung berdetak dua kali lebih cepat dari calon ibu.
  4. Janin bergerak aktif: jari-jarinya terbentuk; janin belajar bagaimana menekuk siku. Sistem otot sudah terbentuk.
  5. Wajahnya hampir terbentuk.
  6. Janin 17 minggu memiliki sidik jari, serat-serat di usus terbentuk dan sistem mulai berfungsi.
  7. Hamil 18 minggu, janin merasakan dan mendengar segala sesuatu. Bahkan bisa merasakan tangan dokter saat memeriksa perut calon ibu.
  8. Pada akhir bulan keempat, janin sekitar 4,8-6 inci panjang dan berat sekitar 120-180 gram.