Terbit: 17 Maret 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Si kecil sudah memasuki usia 8 bulan, saatnya Ayah dan bunda tahu apa saja perkembangan bayi 8 bulan untuk melihat apakah  si kecil sudah tumbuh dan berkembang sebagimana mestinya atau justru tidak. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini!

Perkembangan Bayi 8 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa?

Perkembangan Bayi 8 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa?

Memasuki usia 8 bulan, yang mana tinggal sedikit lagi bagi buah hati Anda dan pasangan mencapai usia 1 tahun, tentunya ada perkembangan yang signifikan pada fisik, panca indera, motorik, hingga psikisnya.

Berikut adalah tanda-tanda perkembangan bayi 8 bulan yang perlu Anda perhatikan.

1. Perkembangan Bayi 8 Bulan Secara Fisik

Fisik adalah aspek yang paling penting untuk dipantau setiap bulannya, termasuk ketika bayi Anda memasuki usia 8 bulan.

Mengapa demikian? Karena pada usia tersebut, fisik bayi akan mengalami sejumlah perubahan yang cukup signifikan walaupun lagi-lagi, karakteristik khas bayi yakni tangan dan kaki yang gemuk masih terlihat.

Perubahan fisik bayi 8 bulan terdiri dari:

  • Berat badan 7 – 10,5 kg (bayi laki-laki)
  • Berat badan 6,3 – 10 kg (bayi perempuan)
  • Tinggi badan 66,5 – 74 cm (bayi laki-laki)
  • Tinggi badan 64 – 73 cm (bayi perempuan)
  • Gigi yang tumbuh semakin banyak
  • Otot-otot tangan dan kaki semakin kuat

Apakah bayi Anda menunjukkan tanda-tanda di atas? Jika tidak, baiknya bawa ia ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Perkembangan Indera Bayi 8 Bulan

Selain tinggi dan berat badan, indera adalah aspek penting lainnya yang harus diperhatikan ketika bayi berusia 8 bulan.

Mulai dari mata, hidung, hingga telinga, ada sejumlah perkembangan yang terjadi pada si kecil. Ini dia tanda-tanda pertumbuhan indera bayi 8 bulan ke atas:

  • Respons telinga semakin baik
  • Sensitivitas kulit semakin baik
  • Sensitivitas indera perasa semakin baik
  • Kemampuan mata dalam melihat sudah seperti orang dewasa (bayi dapat mengenali objek familiar bahkan ketika objek yang dilihat letaknya cukup jauh)

3. Perkembangan Motorik Bayi 8 Bulan

Kemampuan motorik bayi 8 bulan juga sudah semakin sempurna. Hal ini dikarenakan otot dan tulang bayi  bertambah kuat sehingga segala aktivitas yang berkaitan dengan kemampuan motorik bisa si kecil lakukan.

Perkembangan bayi 8 bulan ke atas dari segi kemampuan motorik bisa dilihat dari sejumlah tanda berikut ini:

  • Bayi sudah bisa memindahkan barang menggunakan tangannya
  • Bayi sudah bisa duduk sendiri
  • Bayi sudah mulai bisa berdiri dan melompat
  • Bayi lebih aktif dalam menggunakan tangan dan kakinya dalam beraktivitas, misalnya saat mengutak-atik mainan
  • Bayi sudah bisa makan sendiri dengan menggenggam makanan yang ada di dekatnya
  • Bayi suka menendangkan kakinya

Jika buah hati Anda memiliki gerak-gerik di atas, itu artinya ia tumbuh dan berkembang dengan normal. Apabila saat usia 8 bulan si kecil belum menunjukkan tanda-tanda di atas, sebaiknya bawa ia ke dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, selalu awasi bayi Anda ketika ia sedang asyik melakukan aktivitasnya tersebut. Biar bagaimanapun, kemampuan motoriknya belum 100 persen sempurna sehingga apa yang dilakukan masih sangat berisiko untuk terjadi kecelakaan.

4. Perkembangan Otak Bayi 8 Bulan

Fungsi kognitif dari otak bayi Anda tak lepas dari sejumlah peningkatan signifikan ketika ia berumur 8 bulan. Berikut ini adalah peningkatan otak bayi usia 8 bulan lebih:

  • Bisa membuat suara untuk menunjukkan emosi yang sedang ia rasakan apakah itu sedih atau gembira
  • Bisa merespon perasaan yang ditunjukkan orang lain
  • Merespon suara yang ia dengar dan memberikan respon balik berupa suara
  • Mampu mengenali objek atau orang yang familiar
  • Memberikan respon terhadap objek atau orang asing yang baru pertama kali ia lihat
  • Mengerti beberapa kata atau kalimat dasar yang diucapkan orang tua maupun orang lain yang ia kenal

5. Perkembangan Kemampuan Verbal Bayi 8 Bulan

Perkembangan bayi 8 bulan ke atas juga bisa dipantau dari kemampuan verbalnya.

Bayi Anda dapat dikatakan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila saat memasuki usia 8 bulan ia menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:

  • Mulai bisa melafalkan huruf-huruf konsonan seperti ‘m’, ‘b’, atau ‘f’
  • Mulai bisa menyisipkan bunyi vokal ketika berbicara seperti ‘eh’, ‘oh’, dan ‘ah’
  • Mulai bisa memanggil orang-orang terdekatnya seperti ‘mama’ dan ‘papa’
  • Mulai bisa melafalkan kata atau kalimat lainnya yang sering ia dengar di dalam kesehariannya

Guna mengoptimalkan kemampuan verba atau berbicaranya, Anda bisa menerapkan sejumlah cara seperti membelikannya buku cerita kemudian membacakannya di waktu-waktu tertentu seperti saat hendak tidur malam.

6. Perkembangan Kemampuan Sosial Bayi 8 Bulan

Seiring dengan fungsi otak, panca indera, dan motorik yang semakin berkembang, kemampuan sosial (social skill) bayi juga ikut mengalami perkembangan di usianya yang memasuki 8 bulan.

Beberapa contoh bayi mengalami peningkatan dari segi kemampuan sosial di usia ke 8 bulan adalah sebagai berikut:

  • Bayi mulai sering mencari perhatian kepada orang tua maupun orang lain yang dirasanya sudah cukup familiar
  • Bayi mungkin masih merasa takut apabila bertemu dengan orang lain yang belum dikenalinya (berikan rasa nyaman dan sampaikan bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan)

Perkembangan Bayi 8 Bulan dan Stimulasinya

Jika si kecil dirasa sudah menunjukkan tanda-tanda sebagaimana dijelaskan di atas, bukan berarti Anda bisa berdiam diri.

Alih-alih demikian, Anda sebagai orang tua sebaiknya menerapkan sejumlah cara yang tujuannya adalah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang sang buah hati.

Ada sejumlah aktivitas yang dapat Anda terapkan guna menstimulasi si kecil yang baru saja menginjak usia 8 bulan agar tumbuh kembangnya lebih optimal lagi. Apa saja stimulasi bayi 8 bulan tersebut? Ini dia informasinya.

1. Membacakan Buku Cerita

Membacakan buku cerita untuk si kecil  di malam hari sebelum tidur adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, dalam hal ini tumbuh kembang kemampuan verbal atau berbicara.

Dengan membacakan buku cerita, anak akan mendapat banyak kosakata baru yang belum pernah ia dengar sebelumnya. Ditambah rasa ingin tahu yang sedang tinggi-tingginya, cara ini bisa jadi efektif untuk membuatnya kemampuan berbicaranya cepat meningkat.

Baca buku cerita juga melatih otak si kecil dalam memproses kata maupun gambar sehingga hal ini secara tidak langsung juga berdampak positif terhadap perkembangan kemampuan kognitifnya.

2. Menyebutkan Benda-Benda di Sekitar

Selain buku cerita, stimulasi lainnya yang bisa Anda lakukan guna meningkatkan kemampuan verbal bayi 8 bulan adalah dengan menyebutkan benda-benda yang ada di sekitarnya.

Anda bisa mulai dari mainan yang tengah digenggamnya, kemudian lanjut ke benda-benda lainnya yang ada di rumah seperti televisi, meja, dan sebagainya. Lagi, ini juga membantu si kecil untuk melatih daya ingatnya terhadap suatu objek.

Sementara dalam kaitannya dengan peningkatan fungsi indera, menerapkan stimulasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan melihatnya.

3. Bernyanyi

Ajak buah hati Anda untuk bernyanyi 1-2 lagu yang riang gembira.

Selain membangkitkan suasana hatinya, bernyanyi bersama—apalagi sambil berjoget—dapat melatih fungsi motoriknya. Pun, bernyanyi bisa melatih kemampuan verbal dan indera pendengar.

Luangkanlah waktu di pagi atau sore hari untuk melakukan jenis stimulasi yang satu ini. Perlu diingat, baiknya jangan terlalu lama bernyanyi karena si kecil tentu saja akan merasa kelelahan.

Bawa Bayi Anda ke Dokter, Jika Menunjukkan Hal-hal Berikut Ini!

Memang, perkembangan bayi 8 bulan tidaklah selalu sama. Ada saja bayi-bayi yang pada saat berusia 8 bulan belum menunjukkan tanda-tanda di atas, atau setidaknya terlambat beberapa waktu.

Tidak ada salahnya jika Anda tetap memeriksakan si kecil ke dokter apabila di usia 8 bulan ia belum mengalami tanda-tanda tersebut dan disertai sejumlah kondisi berikut:

  • Berat badan kurang (atau lebih) dari ideal
  • Masih kesulitan duduk atau berdiri
  • Terlihat murung
  • Tidak aktif bergerak
  • Tidak menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu yang ia lihat atau pegang

Itu dia  informasi mengenai perkembangan bayi 8 bulan dan stimulasinya yang perlu Anda ketahui. Jaga terus kesehatan buah hati Anda agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. Baby Development: Your 8-Month-Old. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-8-month-old#1 (Diakses pada 17 Oktober 2019)
  2. Brusie, C. 2019. Your 8-Month-Old Baby’s Development. https://www.verywellfamily.com/your-8-month-old-baby-development-and-milestones-4173159 (Diakses pada 17 Oktober 2019)
  3. Shaw, G. Baby’s First Year: How Infant Develop. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/stages-of-development#1 (Diakses pada 17 Oktober 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi