Perkembangan Bayi 7 Bulan: Fisik, Motorik, Cara Komunikasi, dll

perkembangan bayi 7 bulan-doktersehat

DokterSehat.com –  Berapa usia si Kecil saat ini? Bila si kecil sudah memasuki usia 7 bulan, Bunda harus mengawasi pertumbuhan dan perkembangannya lebih ekstra lagi. Perkembangan bayi 7 bulan lebih aktif dan sangat menggemaskan. Ketahui lebih detail perkembangan bayi 7 bulan apa saja, tips merawat si Kecil, dll.

Perkembangan Bayi 7 Bulan Bisa Apa?

Si kecil sudah berusia 7 bulan? Wah, pasti Anda sangat bahagia melihat perkembangan bayi 7 bulan yang sudah belajar duduk, mengambil mainan, dan bahkan merangkak pelan-pelan. Bayi menjadi lebih aktif dan tubuhnya juga membentuk otot-otot yang lebih kuat dalam usia ini.

Bayi usia 7 bulan juga mulai tumbuh gigi, karena itu gusi bayi sering gatal dan mereka mengatasinya dengan menggigit mainan atau memasukan jari mereka ke mulut. Nah, kira-kira perkembangan bayi 7 bulan apa saja? Simak pembahasannya berikut ini:

1. Perkembangan Fisik Bayi 7 Bulan

Anda pasti sudah dapat melihatnya secara jelas jika tubuh bayi Anda berkembang lebih besar serta otot-ototnya lebih kuat.

Berat rata-rata bayi perempuan usia 7 bulan adalah 6 – 9,5 kg dan panjang rata-ratanya adalah 63 – 71 cm. Semetara itu, rata-rata berat bayi laki-laki umur 7 bulan adalah 7 -10 kg dengan panjang sekitar 65 – 73 cm.

Selain berat badan, perkembangan fisik bayi 7 bulan meliputi:

  • Bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa bantuan
  • Otot kaki yang lebih kuat
  • Mengoper benda dari satu tangan ke tangan lainnya
  • Belajar merangkak
  • Dapat melihat dengan jelas objek-objek

Beberapa bayi 7 bulan bahkan sudah bisa merangkak dengan sempurna dan sebagian bayi lainnya baru belajar merangkak mulai dari merayap dengan perut serta menguatkan otot tangan dan kaki.

2. Perkembangan Otak Bayi

Bayi usia 7 bulan belajar banyak hal spesifik karena perkembangan otak bayi yang semakin aktif. Berikut ini perkembangan bayi 7 bulan, meliputi:

  • Bayi Anda akan belajar mengenali wajah orang-orang sekitar seperti wajah ibu, ayah, dan keluarga sekitar.
  • Bayi Anda juga akan merespon nama yang familiar seperti kata mama, papa, atau nama anggota keluarga lainnya.
  • Bayi belajar berkomunikasi lewat celotehannya.
  • Secara umum, bayi sudah dapat menangkap kata-kata sederhana seperti, “makan, susu, bola, dll” dengan bahasa bayi.
  • Suara celotehan bayi sudah mulai jelas.
  • Bayi akan membuat suara spesifik terkait emosinya, seperti saat bayi tertawa, menangis, lapar, dll.
  • Bayi akan peka terhadap orang asing yang belum pernah ditemui. Umumnya bayi akan menangis atau melihat orang tersebut.
  • Bayi akan merespon suara dan sentuhan.

Perkembangan bayi usia 7 bulan lebih pintar dari perkembangan bayi 4 bulan. Bayi usia 7 bulan juga suka bermain karena itu Anda harus mulai mengajarkan hal-hal baru sambil bermain.

3. Perkembangan Kemampuan Motorik Bayi

Bayi Anda akan mengembangkan kemampuan motoriknya sendiri secara natural. Umumnya bayi 7 bulan sudah belajar untuk:

  • Tengkurap
  • Merayap
  • Berguling
  • Merangkak
  • Merangkak dengan cepat untuk meraih mainan
  • Makan dari sendok
  • Minum dari cangkir
  • Bermain dengan aktif dan ceria
  • Bayi sudah bisa tepuk tangan

Kemampuan motorik bayi bisa dilatih dengan beberapa cara seperti meletakkan mainan dalam jarak tertentu agar bayi mau meraihnya dengan merangkak lebih cepat. Hal ini juga akan melatih otot bayi agar lebih kuat untuk persiapannya belajar berjalan nanti.

4. Perkembangan Komunikasi

Anda dapat melihat dan mendengar bayi 7 bulan Anda melakukan komunikasi dengan Anda dalam banyak bentuk seperti ekspresi, suara celoteh, tertawa, dll. Berikut ini adalah perkembangan bayi 7 bulan dalam berkomunikasi, yaitu:

  • Menguasai berbagai komunikasi non-verbal. Bayi sudah bisa membedakan ekspresinya untuk mengatakan bahwa ia senang, sedih, marah, dll.
  • Bayi 7 bulan juga dapat mengenali suasana hati Anda dari nada bicara dan ekspresi wajah Anda.
  • Bayi akan merespon kata-kata atau sikap Anda seperti saat Anda mengatakan ya, tidak, mama, susu, dll.
  • Bayi juga akan merespon saat Anda memanggil namanya.
  • Bayi sudah belajar mengetahui maksud dan arti dari bahasa yang Anda gunakan.
  • Secara emosional, bayi dapat merasakan keberadaan Anda. Bayi Anda mungkin menangis saat tahu Anda ingin pergi. Perasaan bayi sudah peka di usia ini.  
  • Bayi juga suka repetisi dimana Anda mungkin diminta menyanyikan lagu yang sama, bermain hal yang sama, atau mengatakan hal yang sama berkali-kali.

Bayi 7 bulan juga sudah menguasai beberapa konsonan dasar seperti, “ba-ba-ba, da-da-da, ma-ma-ma” dan lainnya. Bayi Anda sudah bisa diajak komunikasi dan dapat merasakan banyak hal.

5. Perkembangan Gigi Bayi

Perkembangan bayi usia 7 bulan ke atas yang paling terlihat adalah pertumbuhan giginya. Sebenarnya gigi bayi sudah mulai tumbuh di usia 5 sampai 7 bulan, namun di usia 7 bulan ini Anda dapat melihat gigi pertama bayi. Pertumbuhan gigi bayi mungkin diikuti dengan gejala demam, bayi rewel, gusi gatal, dan bayi ngiler lebih banyak.

Gigi pertama bayi yang tumbuh umumnya dua gigi depan di bagian bawah, lalu diikuti dua gigi depan di bagian atas. Dalam jangka waktu 3-4 bulan setelahnya, gigi sampingnya akan tumbuh.

Bila gigi bayi Anda belum tumbuh di usia 7 bulan, jangan khawatir karena setiap bayi tidak berkembang dengan sama, namun Anda harus tetap mengawasinya.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi yang Perlu Bunda Kenali

6. Pola Makan dan Nutrisi Bayi

Seiring dengan masa ASI eksklusif yang sudah berakhir dan gigi bayi yang mulai tumbuh, Anda sudah boleh untuk memperkenalkan bayi pada makanan padat di usia 7 bulan. Bayi akan belajar cara mengunyah, cara makan, dan sistem pencernaannya pun akan terlatih untuk mencerna makanan padat.

Jangan sembarangan memberi makanan padat untuk bayi karena akan berpengaruh pada tumbuh kembang serta kesehatan bayi Anda. Disarankan bayi harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi karena nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

Anda dapat memberi bayi Anda makanan bayi yang mengandung zat besi dalam daging, ayam, telur, ikan, alpukat, brokoli, dan bayam. Sumber makanan tersebut kaya akan zat besi. Anda juga harus mengolahnya dengan benar agar bayi Anda dapat memakannya.

Itulah perkembangan bayi usia 7 bulan dan stimulasinya. Anda harus tetap memberikannya asupan susu dan mineral yang cukup.

Baca Juga: Makanan dan Nutrisi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Bayi

7. Pola Tidur

Bayi usia 7 bulan akan lebih aktif di siang hari karena mereka sedang belajar banyak hal baru.

Waktu tidur siang bayi 7 bulan pun lebih singkat, yaitu 2,5 sampai 3 jam. Sementara di malam hari bayi akan tidur lebih panjang karena mereka lelah setelah aktivitas di siang hari, umumnya pola tidur bayi 7 bulan adalah 11 jam di malam hari.

Bayi 7 bulan juga akan tidur dalam beberapa posisi karena mereka sudah bisa berguling. Disarankan Anda harus tetap menjaganya saat bayi tidur atau memastikan tempat tidurnya aman agar bayi tidak jatuh dari tempat tidur.

Perkembangan bayi 7 bulan keatas sangat aktif dan mereka tumbuh sangat cepat. Anda harus memberikannya ekstra perhatian yang dibarengi dengan asupan nutrisi yang sesuai untuk mendukung perkembangan otak dan tubuhnya.

Apa yang Harus Diperhatikan untuk Perkembangan Bayi 7 Bulan?

Ada banyak hal penting yang harus Anda lakukan demi perkembangan bayi 7 bulan dan stimulasinya yang sempurna, yaitu:

  • Mengetahui bahwa semua pertumbuhan bayi berbeda namun Anda dapat melatih dan mendukung tumbuh kembang bayi Anda.
  • Pilih makanan padat yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi.
  • Tumbuh gigi pada bayi akan disertai dengan gejala demam dan sakit pada bayi, Anda harus tahu cara mengatasinya.
  • Tetap berkonsultasi pada dokter Anda seputar berat badan bayi, pola makan, dan perkembangan tubuh serta otak bayi.

Baca Juga: 11 Penyebab Bayi Menangis Terus dan Cara Menenangkannya

Tips Merawat Bayi 7 Bulan

Merawat bayi 7 bulan tidak mudah namun Anda akan menemukan kebahagian baru saat melihat bayi Anda berkembang dan melakukan sesuatu yang baru.

Berikut ini adalah tips merawat bayi 7 bulan untuk mendukung Anda menjadi orang tua hebat, yaitu:

  • Ajak bayi Anda berkomunikasi dan belajar hal-hal baru saat bermain.
  • Anda wajib memilih mainan yang aman untuk bayi.
  • Anda harus memastikan lingkungan sekitar bayi Anda aman dari benda-benda membahayakan karena bayi mulai bisa merangkak.
  • Ajak bayi berkomunikasi, bercerita, dan bermain untuk melatih respon bayi.
  • Bayi Anda belajar dengan cara mengkopi tindakan Anda, jadi Anda harus mengajarinya contoh yang baik.

Bila perkembangan bayi 7 bulan tidak sesuai dengan semua daftar yang sudah disebutkan, Anda tidak perlu khawatir. Seperti yang sudah dikatakan bahwa perkembangan setiap bayi berbeda, namun Anda harus tetap merawatnya dengan baik serta melakukan kontrol rutin ke dokter atau bidan.

Semoga informasi kesehatan tentang perkembangan bayi 7 bulan dan stimulasinya ini dapat membantu Anda dalam memantau tumbuh kembang si Kecil. 

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Brusie, Chaunie RN. 2019. Your 7-Month-Old Baby’s Development. https://www.verywellfamily.com/your-7-month-old-baby-development-and-milestones-4172912. (Diakses pada 14 Oktober 2019)
  2. WebMD. 2018. Baby Development: Your 7-Month-Old. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-7-month-old#1. (Diakses pada 14 Oktober 2019)
  3. What to Expect. 2018. 7-Month-Old Baby. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-7.aspx. (Diakses pada 14 Oktober 2019)