Terbit: 16 November 2017 | Diperbarui: 19 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia


Beberapa anak muda memiliki pemikiran tentang bunuh diri saat pertama kali memakai antidepresan. Dokter Anda perlu memeriksa kemajuan Anda saat kunjungan rutin saat Anda menggunakan citalopram. Keluarga Anda atau pengasuh lainnya juga harus waspada terhadap perubahan mood atau gejala Anda.

Obat Citalopram-doktersehat

Kategori kehamilan FDA C. Mengkonsumsi antidepresan SSRI selama kehamilan dapat menyebabkan masalah paru-paru serius pada bayi. Namun, Anda mungkin mengalami depresi jika Anda berhenti minum antidepresan Anda. Beritahu dokter Anda segera jika Anda hamil saat mengkonsumsi citalopram. Jangan mulai atau berhenti minum obat ini selama kehamilan tanpa saran dokter.

Citalopram bisa masuk ke ASI dan bisa membahayakan bayi yang sedang menyusu. Anda seharusnya tidak menyusui saat Anda menggunakan citalopram.

Jangan berikan obat ini kepada siapapun yang berusia di bawah 18 tahun tanpa saran medis.

Bagaimana saya harus minum citalopram (Celexa)?
Ikuti semua petunjuk pada label resep Anda. Dokter mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik. Jangan minum obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang dianjurkan.

Ukur obat cair dengan sendok pengukur dosis khusus atau cangkir obat. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur dosis, tanyakan pada apoteker Anda.

Mungkin perlu waktu 4 minggu atau lebih lama sebelum gejala Anda membaik. Tetap gunakan obat sesuai petunjuk dan beritahu dokter Anda jika gejala Anda tidak membaik setelah 4 minggu pengobatan.

Jangan berhenti menggunakan citalopram secara tiba-tiba, atau Anda bisa memiliki gejala putus obat yang tidak menyenangkan. Tanyakan kepada dokter bagaimana cara berhenti menggunakan citalopram dengan aman.

Simpan pada suhu kamar dan hindari kelembaban dan panas.

Citalopram – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi