Lasix/Furosemide – Peringatan dan Cara Menggunakan

Lasix Furosemid-doktersehat

Sebelum minum obat ini Anda seharusnya tidak menggunakan furosemide jika Anda alergi terhadapnya atau jika Anda tidak bisa buang air kecil.

Untuk memastikan furosemide aman bagi Anda, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi berikut ini:

  • Penyakit ginjal.
  • Pembesaran prostat, obstruksi kandung kemih atau masalah buang air kecil lainnya.
  • Sirosis hati atau penyakit hati lainnya.
  • Ketidakseimbangan elektrolit (seperti kadar potassium atau magnesium dalam darah Anda rendah).
  • Kolesterol tinggi atau trigliserida (sejenis lemak dalam darah).
  • Asam urat.
  • Lupus.
  • Diabetes.
  • Alergi obat sulfa.

Beritahu dokter Anda jika Anda menjalani MRI (magnetic resonance imaging) atau jenis pemindaian menggunakan pewarna radioaktif yang disuntikkan ke pembuluh darah Anda. Pewarna kontras dan furosemid bisa membahayakan ginjal Anda.

Tidak diketahui apakah obat ini akan membahayakan bayi yang belum lahir. Beritahu dokter Anda jika Anda hamil atau berencana untuk hamil saat menggunakan furosemide.

Obat Furosemide bisa masuk ke ASI dan bisa membahayakan bayi yang sedang menyusu. Obat ini juga memperlambat produksi ASI. Beritahu dokter Anda jika Anda menyusui bayi.

Bagaimana saya harus mengonsumsi obat furosemid?

Konsumsi obat furosemide persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Ikuti semua petunjuk pada label resep. Dokter mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik. Jangan gunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang dianjurkan.

Jangan mengambil lebih dari dosis yang dianjurkan. Dosis furosemide dosis tinggi dapat menyebabkan gangguan pendengaran ireversibel.

Jika obat berupa sirup, ukur obat dengan jarum suntik dosis yang disediakan, atau dengan sendok pengukur dosis khusus atau cangkir obat. Jika Anda tidak memiliki alat pengukur dosis, tanyakan pada apoteker Anda.

Furosemide akan membuat Anda buang air kecil lebih sering dan Anda mungkin mengalami dehidrasi dengan mudah. Ikuti petunjuk dokter Anda tentang penggunaan suplemen potassium atau dapatkan cukup garam dan potassium dalam makanan Anda. Saat menggunakan obat ini, Anda dapat memerlukan tes darah lebih sering.

Terus gunakan obat ini sesuai petunjuk, biarpun Anda merasa sehat. Tekanan darah tinggi sering kali tidak memiliki gejala. Anda mungkin perlu menggunakan obat tekanan darah selama sisa hidup Anda.

Jika Anda memerlukan pembedahan, beritahu dokter bedah sebelumnya bahwa Anda menggunakan obat furosemide.

Lasix/Furosemide – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4   5