Terbit: 5 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Pola hidup bersih dan sehat adalah kebiasaan yang penting untuk diterapkan. Perilaku pola hidup bersih dan sehat termasuk dalam cara Anda merawat tubuh, menjaga kebersihan lingkungan, kebiasaan mencuci tangan, dll. Ketahui bagaimana cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah dalam artikel ini.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat: Manfaat dan Cara Penerapannya

Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Ada banyak cara untuk memulai hidup sehat, salah satunya adalah dengan menerapkan kebersihan personal yang dimulai dari rumah. Aplikasi pola hidup bersih dan sehat juga dapat membantu Anda dan orang sekitar terhindar dari penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan kuman.

Berikut ini adalah manfaat perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu:

1. Manfaat Kesehatan Tubuh

Setiap hari Anda bersentuhan dengan banyak kuman dan virus. Menerapkan pola hidup sehat sederhana seperti mencuci tangan, menyikat gigi, membersihkan ruangan, dll dapat mencegah Anda dari bahaya penyakit tertentu. Secara umum, menjaga kebersihan dapat membuat Anda lebih sehat.

2. Manfaat di Lingkungan Sosial

Bila Anda menerapkan pola hidup bersih, maka Anda akan terlihat lebih sehat dan menarik. Hal itu akan memberikan kesan baik di lingkungan sosial. Sebaliknya, bila Anda tidak bersih Anda mungkin akan menerima stigma buruk dan kerugian sosial.

3. Manfaat Psikologi

Tubuh yang sehat mencerminkan pribadi yang sehat. Memiliki tubuh yang sehat akan menunjang penampilan Anda dan menambah percaya diri, yang kemudian mungkin juga akan berpengaruh pada kondisi psikologis Anda.

Cara Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pola hidup bersih dan sehat dapat diterapkan dengan cara-cara sederhana dan dimulai dari lingkungan rumah Anda. Berikut ini adalah cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah, yaitu:

1. Menerapkan Kebiasaan Cuci Tangan

Setiap hari Anda menyentuh kuman melalui tangan Anda tanpa disadari, karena itu kebiasaan mencuci tangan adalah kebiasaan pola hidup sehat paling penting yang harus diterapkan.

Anda harus mencuci tangan Anda saat melakukan aktivitas berikut ini:

  • Anda ingin membuat makan.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum dan sesudah melakukan aktivitas toilet.
  • Setelah bersin.
  • Setiap kali menyentuh makan.
  • Setelah membersihkan sampah.
  • Setelah mengganti popok bayi.
  • Sebelum dan sesudah membersihkan luka.

Cuci tangan adalah kebiasaan kecil sederhana yang banyak manfaatnya untuk kesehatan Anda dan orang-orang sekitar Anda.

Baca Juga: Pastikan Cuci Tangan Setelah Memegang 7 Benda Ini

2. Menjaga Kebersihan Toilet

Kebersihan toilet mengacu pada kebiasaan bersih sebelum dan sesudah Anda melakukan aktivitas toilet. Anda diharuskan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan kamar mandi.

Cuci tangan Anda dengan sabun dan gosok selama 30 detik. Pastikan Anda mencuci bersih hingga ke sela jari-jari Anda, punggung tangan, dan bagian bawah kuku. Bilas sampai bersih lalu keringkan. Bila perlu, Anda juga dianjurkan untuk mencuci tangan dengan pembersih tangan yang memiliki bahan dasar alkohol 60%.

Selain itu, perhatikan kebersihan kamar mandi Anda dan alat-alat terkait aktivitas kamar mandi. Buang dan siram kotoran dengan benar serta bersihkan kamar mandi setidaknya satu minggu sekali.

3. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah adalah dengan memerhatikan kebersihan mulut dan gigi Anda. Sebaiknya gosok gigi Anda setidaknya dua kali sehari. Menggosok gigi dengan benar setelah makan dan sebelum tidur sangat dianjurkan untuk mencegah berbagai penyakit gigi.

Bila perlu, Anda juga disarankan untuk menggunakan obat kumur untuk mencegah kuman dan bakteri tumbuh di sela-sela gigi. Selain itu, cek kesehatan gigi Anda secara rutin setiap 6 bulan sekali di dokter gigi untuk mencegah kerusakan gigi.

4. Menjaga Kebersihan Tubuh

Pola hidup sehat dan bersih yang paling penting adalah untuk menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan dengan mandi teratur setiap hari. Manfaat mandi adalah untuk menghilangkan bakteri, minyak, kuman, serta sel-sel kulit mati di tubuh Anda.

Selain itu, mandi juga akan menghilangkan bau tidak sedap alami yang diproduksi oleh tubuh, terutama setelah Anda melakukan aktivitas berat di luar ruangan.

5. Menjaga Kebersihkan Ruangan

Sebagian orang mungkin malas membersihkan rumah, padahal ini adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Ruangan yang kotor menyimpan banyak debu, kuman, bakteri, dan kotoran lainnya yang meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Anda dianjurkan untuk membersihkan rumah setiap hari. Rumah yang bersih dan sehat akan meningkatkan suasana hati dan kualitas hidup Anda.

6. Menjaga Kebersihan Saat Anda Sakit

Bila Anda sedang tidak enak badan atau terkena penyakit umum lainnya, Anda harus peka untuk tidak menyebarkan bakteri atau virus terkait ke orang lain.

Cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah, yaitu:

  • Tutup mulut dan hidung Anda saat Anda bersin.
  • Tidak berbagi makanan atau peralatan makan Anda saat Anda sedang batuk atau pilek.
  • Menggunakan masker.
  • Tidak membuang ingus sembarangan saat sedang pilek.

Pola kebiasaan baik tersebut dapat membantu diri Anda dan orang sekitar agar tidak tertular penyakit serupa.

7. Menjaga Kebersihan Kuku

Kebersihan kuku sering disepelekan oleh kebanyakan orang, padahal kuku dapat menjadi media kuman-kuman yang kemudian terpapar ke benda atau makanan yang Anda sentuh. Jangan lupa untuk potong kuku secara teratur dan menyikat kotoran dan kuman yang biasanya tersangkut di sela-sela kuku.

Memerhatikan kebersihan kuku dapat membantu Anda untuk mencegah paparan dan penyebaran kuman ke mulut dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, hindari kebiasaan buruk menggigiti kuku Anda.

8. Tidak Merokok di Dalam Rumah

Kebiasaan merokok tidak hanya membahayakan kesehatan perokok tersebut, namun juga orang-orang di sekitarnya yang disebut juga dengan perokok pasif. Terlebih lagi apabila Anda merokok di dalam rumah karena asap dan bahan kimia dari rokok akan menempel di dalam ruangan dan terhirup oleh semua orang yang berada di sana.

Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), terdapat sekitar 890.000 kasus kematian perokok pasif. Bila Anda perokok, sebaiknya segera mencari cara berhenti merokok karena membahayakan diri dan orang lain.

Baca Juga: 14 Manfaat Berhenti Merokok bagi Kesehatan

9. Memberantas Jentik Nyamuk

Cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah yang selanjutnya adalah dengan memberantas jentik nyamuk serta membersihkan tempat-tempat yang mungkin menjadi sarang nyamuk.

Berikut ini adalah cara memberantas nyamuk yang digalakkan oleh pemerintah dalam gerakan 3M, yaitu:

  • Menutup tempat penampungan air.
  • Menguras tempat penampungan air.
  • Mengubur atau mendaur ulang barang bekas.

Cara ini dinilai efektif untuk memberantas jentik nyamuk yang memaparkan berbagai penyakit berbahaya seperti malaria dan aedes aegepty.

10. Menjaga Kebersihan Rambut

Pola hidup sehat juga mencakup kebersihan rambut Anda. Anda disarankan untuk mencuci rambut Anda minimal dua kali dalam satu minggu. Manfaat keramas adalah untuk membersihkan penumpukan kulit mata, bakteri, dan residu berminyak di kulit kepala yang dapat mengiritasi. Kebersihan rambut juga mencerminkan kepribadian Anda.

11. Menerapkan Pola Makan Sehat

Selain pola hidup sehat, Anda juga harus menerapkan pola makan sehat dengan mengurangi makanan siap saji dan memperbanyak konsumsi makanan alami seperti buah dan sayur.

Buah dan sayur memiliki segala nutrisi dan vitamin yang Anda butuhkan untuk kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara umum. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan bahan makanan dan minuman yang bersih, serta mengolahnya dengan cara yang benar.

12. Olahraga Teratur

Kurang olahraga meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung, kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dll. Anda disarankan untuk olahraga ringan setidaknya dua kali dalam seminggu karena banyak sekali manfaat olahraga untuk kesehatan.

Baca Juga: 8 Olahraga untuk Orang Sibuk (Simpel dan Efektif)

Berdasarkan Kementrian Kesehatan Indonesia, berikut ini adalah cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah lainnya, yaitu:

  • Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan.
  • Pemberian ASI eksklusif.
  • Menimbang bayi dan balita secara berkala.

Itulah cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah. Terapkan pola hidup sehat dari lingkungan terdekat untuk menghindari berbagai penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

 

  1. Babauta, Leo. 2011. The 8 Habits of Healthy Living. https://zenhabits.net/unrisky/. (Diakses pada 5 Desember 2019).
  2. Holland, Kimberly. 2018. Creating a Personal Hygiene Routine: Tips and Benefits. https://www.healthline.com/health/personal-hygiene. (Diakses pada 5 Desember 2019).
  3. Kemkes. 2016. PHBS. http://promkes.kemkes.go.id/phbs. (Diakses pada 5 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi