Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagai orang tua, penting untuk memiliki komunikasi yang baik dengan si kecil. Anak-anak pertama kali belajar cara berbicara dan berkomunikasi dari orang tuanya. Berbicara dengan balita pun ada triknya. Seperti apa?

Perhatikan Ini Saat Bicara dengan Balita

Photo Credit: Indi Samarajiva

Trik berbicara dengan balita

Banyak orang tua menganggap bicara dengan balita sama saja dengan bicara dengan orang dewasa seusianya. Padahal keduanya sama sekali berbeda. Berikut ini beberapa tips bicara dengan balita:

1. Bicara dengan posisi setara

Saat bicara dengan anak, posisi terbaik adalah posisi dimana Anda dapat melakukan kontak mata dengan anak. Karena itu jika sedang berdiri, sebaiknya Anda bicara pada anak dengan posisi jongkok, bukan menunduk atau membungkuk. Cara ini selain dapat membantu Anda untuk mendapat perhatian anak, juga membuat Anda merasa dihargai.

2. Biarkan anak memutuskan

Anda bisa melatih anak untuk melatih mengambil keputusan sejak dini dengan membiarkan anak memilih apa yang diinginkannya. Misalnya, biarkan anak memilih buku apa yang ingin dibaca ketika sebelum tidur, atau biarkan anak memilih baju tidur apa yang ingin dikenakan saat menjelang tidur.

3. Fokus pada anak
Yang sering terjadi saat ini, orang tua bicara dengan anak namun pandangan orang tua mengarah ke ponsel masing-masing. Hal ini membuat anak merasa tidak diperhatikan. Selain itu anak juga akan meniru cara komunikasi orang tua seperti ini dan mengabaikan lawan bicara. Untuk menghindari hal tersebut, selalu fokus pada anak ketika bicara dengannya. Letakkan ponsel Anda untuk sesaat dan dengarkan apa perkataan si kecil.

4. Latih anak untuk mengucapkan “maaf”, “minta tolong” dan “terima kasih”

Anda bisa melatih anak mengucapkan kata-kata tersebut sejak dini. Lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana seperti misalnya minta tolong mengambilkan mentega di meja makan, atau minta maaf karena tidak sengaja menduduki mainannya. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa menggunakan kata-kata tersebut dengan baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi