Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sedang kesulitan membuat jadwal makan yang tepat untuk anak? Membuat anak makan teratur memang susah-susah gampang ya. Namun dengan pengaturan makan yang tepat, maka jadwal makan anak juga bisa kita biasakan lho.

Perhatikan Ini Agar Jadwal Makan Anak Teratur

Asupan makan yang teratur tentu akan membuat kebutuhan gizi anak akan semakin terpenuhi ya. Dalam jangka panjang, hal ini akan sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Umumnya, anak dianjurkan untuk makan 3 kali diselingi dengan 2 kali makanan selingan. Makanan yang tepat dipilih adalah makanan bergizi lengkap, yaitu karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral.

Untuk memenuhi hal tersebut ada dua hal yang bisa diperhatikan dalam mengatur jadwal makan anak adalah:

1. Waktu pengosongan lambung

Mengatur jadwal yang tepat harus memerhatikan waktu pengosongan lambung anak. Hal ini akan memunculkan rasa lapar pada tubuh anak, sehingga anak juga memiliki nafsu makan yang cukup.

Beberapa studi menyebutkan bahwa pada aanak dibawah usia 1 tahun, rasa lapar pada anak akan muncul setelah kurang lebih 90-95 menit anak mengonsumsi makanan utama.

Untuk itu, manfaatkan hal tersebut dengan memberikan camilan yang sehat untuk anak. Setelah 90 menit memberikan camilan, berikan anak makan utama karena anak sudah mulai merasa lapar.

2. Perhatikan pemberian porsi

Porsi pemberian makan anak haruslah tepat. Dengan porsi yang tepat, hormon leptin yang menimbulkan respon lapar dalam tubuh akan bekerja dengan lebih teratur. Sehingga perkiraan waktu lapar anak, seperti yang telah disebutkan sebelumnya akan lebih tepat.

Selain itu, memberikan makaanan yang terlalu banyak membuat anak tidak mau mengonsumsi camilan.

Hal ini bisa menyebabkan dua hal, yaitu asupan makan anak tidak terpenuhi pada makan selanjutnya, atau malah memicu asupan makan yang berlebihan jika anak terus menerus mengonsumsi makanan dalam porsi yang tidak seusai. Apabila hal ini terjadi, maka anak membiasakan anak makan teratur tentu tidak akan optimal hasilnya, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi