Terbit: 9 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Budaya memijat bayi sudah ada sejak turun-temurun di Indonesia. Hingga kini kebiasaan memijat bayi masih dipertahankan karena memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang bayi. Para pakar kesehatan menyarankan pijat bayi dilakukan sendiri oleh orang tua untuk memperkuat ikatan antara orang tua dan anak.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memijat Bayi

Bagi Anda yang mau mencoba memijat bayi di rumah, simak beberapa hal berikut ini:

Kapan bayi boleh dipijat?
Pada bayi yang lahir cukup bulan, pijat bayi dapat dilakukan segera setelah bayi lahir. Sedangkan pada bayi yang lahir kurang bulan harus dipastikan dulu oleh dokter atau tenaga medis apakah bayi boleh dipijat atau tidak. Jika sudah dibolehkan, bayi sebaiknya dipijat dengan sangat lembut dan hati-hati.

Waktu terbaik untuk pijat
Pada bayi yang baru lahir hingga berumur 6 bulan, pijat sebaiknya dilakukan secara rutin dua kali sehari. Anda bisa memilih waktu pagi dan sore hari atau pagi dan malam hari sebelum tidur. Pijat sebelum tidur dapat membuat bayi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Namun tidak disarankan untuk memijat bayi yang lapar atau baru saja makan dan minum karena dapat memicu muntah.

Cara memijat bayi

  1. Siapkan handuk, popok, baju ganti, dan baby oil atau baby lotion.
  2. Baringkan bayi di atas permukaan yang lembut, rata dan bersih.
  3. Sebelum memijat, awali dengan melakukan sentuhan ringan di wajah sambil mengajaknya bicara. Sebelum dan selama pemijatan, oleskan baby oil dan baby lotion di seluruh badan sesering mungkin.
  4. Lakukan pijatan dengan lembut, kemudian tingkatkan tekanan pijatan secara bertahap.
  5. Buat suasana pemijatan jadi menyenangkan dengan bercanda, bersenda gurau, atau tambahkan iringan musik yang lembut.
  6. Lakukan pemijatan selama minimal 15 menit

Yang perlu dihindari
Jika bayi sedang tidur, sebaiknya biarkan bayi tertidur pulas. Jangan membangunkan bayi hanya untuk dipijat. Hal ini dapat membuat bayi kaget dan merasa tidak nyaman. Selain itu hindari memijat bayi yang sedang tidak sehat atau tidak mau dipijat. Jika ada gerakan pijatan yang membuat bayi sakit, sebaiknya segera hentikan pijatan tersebut. Jangan memaksakan posisi pijat tertentu pada bayi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi