Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masalah kulit wajah tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Selain jerawat, komedo juga jadi masalah yang bikin semua orang stress. Berbagai cara yang dilakukan ternyata tak mampu benar-benar mengusir masalah ini. Sebenarnya adakah cara yang ampuh dan efektif untuk mengusir masalah ini? Nah, sebelum sampai ke tahap itu, ada baiknya kita lebih dulu mengenali musuh kita.

Perbedaan Whitehead dan Blackhead Serta Cara Mengatasinya

Komedo pada dasarnya adalah jerawat, namun tidak membengkak. Gangguan ini terdiri dari dua macam yaitu blackhead dan whitehead. Sesuai dengan namanya, whitehead berwarna putih sedangkan blackhead memiliki ujung berwarna hitam. Namun bukan hanya warna, proses pembentukan keduanya pun juga berbeda.

Pada dasarnya kulit memproduksi sebum, zat yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Namun karena suatu hal, misalnya karena tertutup sel kulit mati dan kotoran, zairan ini kerap terjebak dalam pori-pori dan hal inilah yang memicu timbulnya komedo dan masalah kulit lainnya.

Blackhead akan muncul jika sebum terperangkap di dekat mulut pori-pori, sehingga memungkinkannya terpapar udara dari luar. Oksidasi dengan udara luar inilah yang menyebabkan warna hitam di bagian puncaknya. Jadi terbentuknya warna hitam jelas bukan karena kotoran.

Cara mengatasi blackhead adalah dengan menggunakan salicylic acid atau dengan melakukan BHA peel. Jangan gunakan scrub atau pore strip karena mereka hanya mengangkat puncak komedo tanpa menghilangkan akar.

Penyebab munculnya whitehead juga sama dengan blackhead. Hanya saja, karena pori-pori mungkin terlalu kecil, sebum yang terjebak di dalamnya tidak terkena paparan udara sehingga tidak teroksidasi.

Cara mengatasinya pun sama dengan blackhead, yaitu menggunakan salicylic acid atau dengan melakukan peel untuk menghilangkan sumbatan dalam kulit. So, sudah siap melawan musuh yang mengganggu kulit wajah Anda?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi