11 Perbedaan Tanda Haid dan Tanda Hamil 

perbedaan-tanda-haid-dan-tanda-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Beberapa tanda haid dan tanda hamil ternyata memiliki persamaan, seperti nyeri payudara, gejala mual dan muntah, perubahan mood, dll. Bila Anda tidak bisa membedakan apakah gejala yang Anda rasakan merupakan tanda haid atau tanda hamil, berikut ini adalah penjelasan perbedaan tanda haid dan tanda hamil. 

Perbedaan Tanda Haid dan Tanda Hamil 

Tanda haid terjadi satu sampai dua minggu sebelum menstruasi dalam hitungan siklus menstruasi bulanan atau sekitar 28 hari. Tanda haid ini meliputi gejala psikologis dan fisik seperti nyeri payudara, perubahan emosi, cepat lelah, timbul jerawat, mual, muntah, dll. 

Tanda-tanda haid tersebut ternyata hampir sama dengan tanda hamil muda. Beberapa wanita pun bingung membedakan apakah itu tanda haid atau tanda hamil, terlebih lagi bila Anda merasa telat datang bulan dari siklus menstruasi normal yang seharusnya. 

Berikut ini adalah perbedaan tanda haid dan tanda hamil untuk membantu Anda memastikan apakah yang Anda alami merupakan tanda haid atau tanda hamil, yaitu: 

1. Nyeri Payudara 

Nyeri payudara adalah gejala yang sama-sama dirasakan oleh wanita yang akan haid dan wanita yang akan hamil, namun apa perbedaannya? Pahami perbedaan tanda hamil dan haid di bawah ini: 

  • Tanda Haid

Nyeri payudara pada wanita yang akan haid atau PMS terjadi selama paruh kedua siklus menstruasi Anda. Payudara akan terasa padat di area luar dengan rasa nyeri biasa hingga pembengkakan payudara dan rasa nyeri yang lumayan parah. 

  • Tanda Hamil 

Nyeri dan pembengkakan payudara pada wanita yang akan hamil umumnya terjadi sekitar satu sampai dua minggu setelah Anda positif hamil, atau terjadi selama beberapa saat seiring dengan naiknya level progesteron. 

2. Flek Darah 

Perbedaan tanda haid dan tanda hamil selanjutnya adalah pada bercak-bercak darah yang terjadi di vagina. 

  • Tanda Haid 

Tanda haid atau PMS umumnya tidak mengalami bercak-bercak darah sebelum siklus menstruasi terjadi. Pendarahan terjadi saat siklus menstruasi yang umumnya berlangsung selama 5-7 hari dengan intensitas darah lebih banyak.

  • Tanda Hamil 

Beberapa wanita mengalami tanda hamil berupa keluar bercak-bercak darah atau pendarahan ringan yang umumnya terjadi 10-14 hari selama masa awal kehamilan.

Gejala ini disebut pendarahan implantasi, namun beberapa wanita yang hamil muda mungkin tidak mengalami pendarahan implantasi ini. 

Baca Juga: 37 Tanda-Tanda Hamil Awal yang Harus Dipahami oleh Wanita

3. Perut Kram 

Hamil dan haid sama-sama memiliki gejala kram perut, lalu apa perbedaan tanda haid dan tanda hamil?

  • Tanda Haid 

Tanda haid adalah perut terasa kram selama 1 hingga 2 hari sebelum siklus menstruasi terjadi. Rasa kram umumnya terjadi di bagian bawah perut, namun rasa sakit ini akan berkurang sampai siklus menstruasi dijalani dan berakhir. 

  • Tanda Hamil 

Tanda hamil juga diidentifikasi dengan munculnya rasa kram ringan di bagian perut bawah dan punggung bawah yang terjadi selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan karena rahim mulai membesar

4. Kelelahan

Wanita yang akan haid dan yang akan hamil juga sama-sama merasakan cepat lelah walaupun tidak banyak melakukan aktivitas. Berikut ini adalah perbedaan tanda haid dan tanda hamil:

  • Tanda Haid 

Wanita yang akan haid atau PMS umumnya merasakan gejala kelelahan ringan sebelum menstruasi dan biasanya akan membaik setelah hari pertama menstruasi. Kelelahan ini terjadi karena pengaruh hormon progesteron. 

Beberapa wanita yang mengalami menstruasi berat akan merasakan kelelahan parah yang  berlangsung selama siklus menstruasi.

  • Tanda Hamil 

Tanda hamil juga ditandai dengan rasa lelah berkelanjutan hingga trimester pertama atau sepanjang masa kehamilan. Rasa kelelahan akan semakin buruk karena umumnya ibu hamil sulit tidur dan sering buang air kecil di malam hari. 

Baca Juga: 13 Penyebab Telat Haid (Tidak Selalu Pertanda Hamil)

5. Perubahan Nafsu Makan 

Wanita yang sedang PMS dan wanita hamil sama-sama memiliki pola makan yang berubah. Berikut ini adalah perbedaan tanda haid dan tanda hamil:

  • Tanda Haid 

Perubahan hormon saat PMS dapat meningkatkan nafsu makan wanita. Wanita di masa PMS umumnya makan lebih banyak dan menginginkan jenis makanan yang berlemak, makanan kaya karbohidrat, dan makanan manis. 

  • Tanda Hamil 

Setiap wanita hamil memiliki tanda hamil yang berbeda, beberapa wanita di masa kehamilan muda memiliki nafsu makan yang bertambah, ada pula yang malah tidak nafsu makan dan tidak suka aroma atau rasa makanan tertentu. 

6. Mual dan Muntah 

Pastikan perbedaan tanda hamil dan haid berikut ini: 

  • Tanda Haid 

Beberapa wanita yang akan haid mungkin merasakan mual dan muntah, namun gejala ini hanya terkait masalah pencernaan atau pemilihan makanan. Umumnya, tanda haid tidak disertai rasa mual dan muntah. 

  • Tanda Hamil 

Mual dan muntah adalah tanda hamil yang umum terjadi. Mual dan muntah terjadi di masa awal kehamilan dan dapat terjadi kapan saja. Gejala ini juga disebut dengan morning sickness. 

7. Perubahan Mood 

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa wanita yang sedang haid mengalami perubahan mood drastis dan umumnya lebih sensitif dari hari-hari biasa. Ketahui lebih detail perbedaan tanda haid dan tanda hamil berikut ini: 

  • Tanda Haid 

Perubahan hormon pada masa menstruasi membuat wanita mengalami perubahan mood yang cukup drastis. Sebagian besar wanita yang sedang haid akan mudah tersinggung, sensitif, mudah kesal, marah, cemas, panik. bahkan mudah menangis untuk hal-hal kecil. Perubahan mood ini akan berakhir saat siklus haid berakhir. 

  • Tanda Hamil 

Perubahan mood pada wanita hamil akan berlangsung selama masa kehamilan. Wanita hamil juga menjadi lebih emosional, khawatir, sekaligus gembira dan tidak sabar untuk melahirkan anaknya. Perubahan mood ini juga harus diperhatikan karena dapat mengindikasikan depresi juga. 

8. Konstipasi 

Perbedaan tanda hamil dan haid, yaitu: 

  • Tanda Haid 

Wanita yang akan haid mengalami konstipasi atau sembelit yang diakibatkan perubahan hormon, namun gejala ini akan membaik setelah siklus menstruasi dimulai. 

  • Tanda Hamil

Tanda hamil selanjutnya adalah sembelit yang diakibatkan karena pergerakan usus yang lambat. Gejala konstipasi ini umumnya terjadi sampai trimester kedua. 

Baca Juga: Selain Telat Haid, Ini Tanda Kehamilan yang Sering Terlewatkan

9. Sakit Kepala 

Perbedaan tanda hamil dan haid adalah beda sakit kepalanya. Wanita yang akan haid mengalami sakit kepala ringan sebelum siklus menstruasi dimulai, namun umumnya sakit kepalanya bukan gejala berat dan dapat segera sembuh. 

Sementara wanita hamil mengalami gejala sakit kepala sampai gejala migrain di awal kehamilan karena perubahan hormon. 

10. Sakit Punggung 

Baik wanita yang akan haid dan calon ibu sama-sama mengeluhkan sakit punggung, namun terdapat perbedaan tanda haid dan tanda hamil. 

  • Tanda Haid 

Tanda haid yang paling umum adalah nyeri punggung di area bawah punggung hingga terasa pegal sampai ke betis. Nyeri punggung ini umumnya terasa di 2 hari awal haid dan akan membaik saat siklus menstruasi berakhir. 

Bila Anda merasakan nyeri punggung mendekati tanggal haid, maka itu hanyalah tanda haid, bukan tanda hamil. 

  • Tanda Hamil 

Nyeri punggung bukanlah tanda hamil, walaupun beberapa calon ibu mungkin merasakan nyeri punggung. Nyeri punggung pada ibu hamil terjadi karena kenaikan berat badan di trimester kedua.  

11. Waktu Datang Bulan

Tanda hamil yang paling signifikan adalah apabila Anda telat datang bulan selama 5-7 hari dari siklus menstruasi normal Anda setelah Anda melakukan hubungan seksual pada beberapa waktu sebelumnya. 

Walaupun demikian, telat haid dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, bukan semata-mata tanda hamil, yaitu: 

  • Faktor berat badan 
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Kondisi penyakit tertentu seperti penyakit tiroid atau diabetes 
  • Anda mengganti kontrasepsi atau jenis pil KB Anda 
  • Tingkat stres 

Anda dapat melakukan tes kehamilan untuk memastikannya apakah yang Anda alami adalah tanda hamil atau hanya sekadar tanda haid. 

Nah, itulah pembahasan tentang perbedaan tanda haid dan tanda hamil. Semoga informasi kesehatan ini berguna untuk memastikan mana yang tanda haid dan mana yang tanda hamil. 

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Feintuch, Stacey. 2015. PMS Symptoms vs. Pregnancy Symptoms. https://www.healthline.com/health/womens-health/pms-symptoms-vs-pregnancy-symptoms#breast-pain. (Diakses pada 2 November 2019).
  2. Leonard, Jayne. 2018. How to tell the difference between PMS and pregnancy symptoms. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323122.php. (Diakses pada 2 November 2019).
  3. Conrad Stöppler, Melissa MD . 2019. PMS vs. Pregnancy: How to Tell the Difference. https://www.medicinenet.com/pms_vs_pregnancy_differences_and_similarities/article.htm.(Diakses pada 2 November 2019).