Perbedaan Kutil Kelamin dan Skin Tag yang Wajib Anda Ketahui

skin-tag-dan-kutil-kemaluan-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kulit yang sering sekali dialami oleh pria dan wanita adalah kutil kelamin dan skin tag. Dua hal ini sangat berbeda meski beberapa orang sering susah untuk mengenalinya. Ada yang menganggap skin tag sebagai kutil kelamin atau sebaliknya. Kesalahan ini cukup berbahaya karena penanganan yang diberikan bisa saja salah.

Nah, kalau Anda merasa memiliki semacam benjolan kecil-kecil di kulit area kemaluan dan tidak tahu itu apa, sebaiknya simak beberapa ulasan di bawah ini. Setelah membacanya Anda akan tahu bagaimana bentuk dari skin tag dan kutil sehingga penanganan bisa segera dilakukan dengan tepat.

Bentuk dari benjolan

Secara umum bentuk dari skin tag bulan dan sangat lembut pada kulit saat disentuh. Ukurannya kecil dan tidak membentuk cluster dalam jumlah banyak. Biasanya skin tag satu dengan yang lain memiliki jarak yang cukup jauh. Skin tag biasanya tidak menyebabkan kanker dan berbahaya. Meski demikian, jumlahnya yang banyak kerap mengganggu secara estetika.

Kutil kelamin biasanya berbentuk seperti luka atau benjolan yang tidak terlalu membulat. Meski tidak membulat jumlahnya bisa banyak dan membentuk sebuah cluster. Kalau sudah parah biasanya berkumpul menjadi satu dan bentuknya mirip sekali dengan bunga kol.

Cara mudah untuk mengidentifikasi

Selain mengamati bentuknya ada cara lain untuk mengidentifikasi skin tag dan juga kutil kemaluan. Skin tag biasanya bentuknya kecil, bulat, dan warnanya mirip sekali dengan kulit. Saat ditekan, skin tag juga lembut sehingga mudah diambil atau dicabut meski tetap terasa sakit.

Skin tag mudah sekali menyebar dan tumbuh meski ukurannya akan tetap sama setelah mencapai batas maksimal. Gangguan ini lebih banyak muncul di leher, bawah ketiak, dan lipatan kulit. Beberapa skin tag juga tumbuh di area kemaluan.

Kutil kelamin biasanya menyebar cepat dan akan terus tumbuh membesar kalu tidak segera disembuhkan. Warna juga kadang kemerahan atau agak putih dengan bentuk menggerombol seperti bung kol. Kutil kelamin banyak muncul di kemaluan dan kadang di beberapa bagian tubuh.

Kutil kelamin agak susah dibersihkan kalau sudah menyebar. Berbeda dengan skin tag yang mudah dicabut, kutil kelamin membutuhkan penanganan khusus karena meski sudah dihilangkan kemungkinan tumbuh masih besar.

Penyebab skin tag dan kutil kemaluan

Penyebab dari skin tag ada banyak. Benjolan yang muncul bisa muncul karena gesekan area kemaluan dengan pakaian. Selanjutnya kehamilan dan obesitas juga menyebabkan skin tag muncul dengan cepat. Usia, diabetes tipe II dan riwayat dari orang tua juga menyebabkan skin tag muncul di area kemaluan atau leher.

Kutil kelamin muncul akibat infeksi virus HPV. Virus ini juga berpotensi menyebabkan masalah seperti kanker penis pada pria dan kanker serviks pada wanita.

Cara menangani benjolan

Penanganan dua masalah kulit ini hampir sama. Agar kutil kelamin atau skin tag bisa dihilangkan, beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan.

  • Operasi atau pembedahan. Dokter akan membuang bagian benjolan dan sebagian kulit yang terdampak.
  • Laser yang panas akan membakar langsung benjolan yang mengganggu. Setelah terbakar, beberapa benjolan akan lepas dengan sendirinya.
  • Cryotherapy. Cara ini dilakukan dengan memberikan cairan nitrogen yang dingin agar benjolan membeku dalam waktu cepat dan akhirnya lepas sendiri.

Inilah perbedaan mendasar dari kutil kelamin dan skin tag. Semoga setelah mengetahui perbedaan di atas, kita bisa lebih memperhatikan kesehatan dari kemaluan dan mengenali aneka gangguan yang terjadi di sana.