Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menikmati waktu liburan ke pantai memang menjadi pilihan yang tepat. Menikmati deburan ombak dan hembusan angin yang menenangkan tentu saja dapat mengembalikan mood. Namun, terlalu lama bermain di pantai ternyata juga berimbas pada kulit dan rambut Anda. Tidak heran jika sejumlah perawatan berikut wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit setelah Anda bermain di pantai.

Perawatan yang Perlu Anda Lakukan Setelah Liburan ke Pantai

1. Segera mandi

Bermain di pantai tidak lengkap rasanya jika tidak menceburkan diri ke dalam air. Namun, jangan sampai lupa untuk membilas diri dengan air tawar. Dilansir dari laman Live About, kandungan garam pada air laut dapat membuat kulit kering. Kondisi terseut diperparah dengan sinar matahari yang membuat kulit mengalami sunburn hingga breakout. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membilas tubuh untuk menghilangkan kandungan garam. Jangan lupa untuk menggunakan sabun yang mengandung moisturizer tinggi untuk mengembalikan kelembapan kulit.

2. Menggunakan pelembap

Sinar matahari saat berada di pantai tentu tidak dapat dihindari. Alhasil, seluruh bagian tubuh akan terpapar sinar matahari yang berisiko menyebabkan sunburn. Maka dairi itu, jangan sampai lupa untuk mengoleskan pelembap atau soothing gel pada wajah dan seluruh tubuh termasuk kaki. Dilansir dari laman Live About, hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan kelembapan sekaligus menyegarkan kulit.

3. Memperbanyak asupan cairan

Dilansir dari laman My Bikin Must Haves, hal lain yang perlu Anda lakukan setelah berlibur di pantai adalah memperbanyak asupan cairan. Tidak hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi, cairan yang dikonsumsi juga dapat mengembalikan kelembapan kulit secara natural.

Wah, siapa yang menyangka ternyata menghabiskan waktu berlibur di pantai juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Sebagai tambahan informasi, sebelum bermain di pantai tidak ada salahnya untuk menggunakan produk yang mengandung SPF guna melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, gunakan produk yang melindungi dan mencegah rambut kusut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi