Terbit: 2 September 2021 | Diperbarui: 3 September 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Perawatan setelah cabut gigi penting untuk diketahui untuk mempercepat proses penyembuhan. Simak penjelasan mengenai perawatan setelah cabut gigi geraham, taring, atau jenis gigi lainnya, selengkapnya di bawah ini.

Perawatan Setelah Cabut Gigi yang Penting untuk Anda Tahu

Memahami Pentingnya Perawatan Setelah Cabut Gigi

Perawatan setelah pencabutan gigi dapat sedikit berbeda tergantung pada beberapa faktor. Beberapa gigi memiliki akar yang lebih dalam dari yang lain sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Namun, beberapa orang melaporkan bahwa rasa sakit setelah cabut gigi berkurang setelah 3 hari.

Salah satu aspek terpenting dari perawatan gusi setelah cabut gigi adalah menjaga bekuan darah yang terbentuk di soket tempat gigi dulu berada. Merawat gumpalan darah ini adalah kunci untuk proses penyembuhan dan membantu mencegah komplikasi yang menyakitkan, seperti dry socket atau alveolar osteitis.

Perawatan Hari 1 sampai Hari ke 2

Sebagian besar perawatan setelah cabut gigi geraham atau jenis gigi lainnya berfokus pada pembentukan bekuan darah dan perawatan mulut secara umum.

Pendarahan tingkat rendah hingga 24 jam setelah cabut gigi adalah hal yang normal. Namun, perdarahan aktif setelah waktu ini memerlukan perawatan.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk 2 hari pertama setelah cabut gigi, antara lain:

  • Istirahat. Beristirahatlah setidaknya selama 24 jam pertama setelah cabut gigi.
  • Mengganti kasa seperlunya. Penting untuk tetap menempelkan kasa pertama di mulut selama beberapa jam agar gumpalan terbentuk. Setelah itu, Anda bisa mengganti kasa sesuai kondisi.
  • Hindari berkumur. Jika memungkinkan hindari aktivitas berkumur, karena tindakan ini dapat dapat mengeluarkan gumpalan yang terbentuk dan memengaruhi waktu penyembuhan.
  • Batasi penggunaan sedotan dan meludah. Menggunakan sedotan memberi banyak tekanan pada luka, kondisi yang dapat dengan mudah mengeluarkan bekuan darah. Sementara itu, meludah juga dapat menciptakan tekanan di mulut, aktivitas yang dapat mengeluarkan bekuan darah.
  • Hindari meniup atau bersin. Jika Anda mencabut gigi bagian atas, aktivitas meniup atau bersin dapat menciptakan tekanan di kepala, yang pada akhirnya dapat mengeluarkan gumpalan darah yang sedang terbentuk.
  • Jangan merokok. Merokok menciptakan tekanan yang sama di mulut seperti menggunakan sedotan. Meskipun yang terbaik adalah menghindari merokok selama seluruh proses penyembuhan, sangat penting untuk tidak merokok selama beberapa hari pertama saat gumpalan darah terbentuk.
  • Konsumsi obat pereda nyeri. Pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Kompres dingin. Menempatkan kompres es di area tempat gigi dicabut selama 10-20 menit dapat membantu mengurangi rasa sakit.
  • Meninggikan kepala saat tidur. Gunakan bantal tambahan saat tidur untuk memosisikan kepala lebih tinggi. Berbaring terlalu datar dapat membuat darah terkumpul di kepala dan memperpanjang waktu penyembuhan.
  • Konsumsi obat apa pun yang direkomendasikan dokter gigi. Perawatan setelah cabut gigi lainnya yang penting dilakukan adalah mengikuti semua arahan dari dokter. Pada beberapa kasus pembedahan yang kompleks, dokter mungkin menyarankan obat resep.

Perawatan Hari ke 3 sampai Hari ke 10

Setelah gumpalan terbentuk, penting untuk menjaganya agar tetap berada di tempatnya. Selain itu, beberapa langkah tambahan mungkin diperlukan untuk membantu mencegah masalah lain yang mungkin muncul, di antaranya:

  • Bilas dengan larutan saline. Saat gumpalan darah sudah terbentuk, bilas mulut dengan larutan garam dan air hangat. Larutan ini membantu membunuh bakteri di mulut, sehingga dapat mencegah infeksi saat mulut sembuh.
  • Flossing dan sikat gigi seperti biasa. Meski bisa dilakukan seperti biasa, Anda tetap harus berhati-hati saat melakukannya.
  • Konsumsi makanan lunak. Sepanjang proses perawatan setelah cabut gigi, Anda harus mengonsumsi makanan lunak yang tidak perlu dikunyah.

Baca Juga: 13 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Kali Tidak Disadari

Perawatan untuk Cabut Beberapa Gigi

Terkadang, dokter gigi perlu mencabut lebih dari satu gigi sekaligus. Saat mencabut beberapa gigi, dokter lebih cenderung merekomendasikan anestesi umum daripada menggunakan anestesi lokal.

Selama proses pembedahan ini seseorang akan tidak sadar. Dokter juga akan memberi beberapa instruksi khusus menjelang cabut gigi, seperti menghindari makanan untuk waktu tertentu. Setelah prosedur, pasien cabut gigi membutuhkan orang lain untuk mengantarnya pulang.

Merawat kondisi ini dapat menjadi tantangan, terutama jika cabut gigi berada di sisi mulut yang berbeda. Dokter gigi mungkin menyarankan pemeriksaan lanjutan setelah pencabutan.

Perawatan Setelah Cabut Gigi Geraham

Secara umum, dokter gigi akan mencabut gigi geraham ketika seseorang tersebut masih muda dan kemungkinan besar akan pulih dari operasi dengan cepat.

Namun, waktu penyembuhan untuk pencabutan gigi geraham mungkin lebih lama daripada gigi biasa, dan seseorang mungkin perlu mengambil lebih banyak waktu untuk cuti kerja atau sekolah.

Operasi biasanya melibatkan pencabutan beberapa gigi, dan orang tersebut mungkin berada di bawah anestesi umum selama prosedur.

Dalam banyak kasus, dokter gigi dapat menggunakan teknik lain untuk mempercepat penyembuhan, seperti jahitan yang dapat larut atau alat bantu pembekuan. Perawatan setelahnya mirip dengan jenis gigi lainnya, tetapi dokter gigi dapat memberikan tips tambahan untuk membantu penyembuhan.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Rasa Takut ke Dokter Gigi yang Mudah dan Efektif

Kapan Waktu yang Tepat untuk ke Dokter?

Proses penyembuhan normal dapat memakan waktu hingga 10 hari, tergantung pada berbagai faktor, seperti usia dan apakah seseorang memiliki kebiasaan merokok.

Tanda-tanda bahwa seseorang harus mengunjungi dokter gigi adalah:

  • Rasa sakit dan bengkak yang semakin parah seiring waktu.
  • Pendarahan yang tidak membaik seiring waktu.
  • Demam tinggi.
  • Mual atau muntah.
  • Sakit parah yang menjalar hingga ke telinga.
  • Drainase dari luka yang terasa atau berbau busuk.

Penting untuk diketahui, pencabutan gigi diperlukan untuk menghilangkan gigi yang bermasalah dan mencegah komplikasi di masa depan.

 

  1. Johnson, Jon. 2019. Tooth extraction aftercare: A how-to guide. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326147. (Diakses pada 2 September 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi