Tak Perlu ke Salon Kecantikan, Ini Perawatan Rambut yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

perawatan-rambut-doktersehat

DokterSehat.Com – Biaya perawatan rambut di salon kecantikan memang tidak dapat dikatakan murah. Selain faktor biaya, faktor juga kesibukan seringkali membuat kita tidak memiliki waktu untuk pergi ke salon kecantikan. Berbabagai masalah rambut pun jadi sulit untuk dihindari, padahal rambut sangatlah berpengaruh pada penampilan dan juga kenyamanan seseorang.

Tidak perlu bingung, solusi dari masalah tersebut adalah Anda dapat melakukan perawatan rambut sendiri di rumah. Berikut adalah 6 cara merawat rambut tanpa ribet dan tanpa harus ke salon kecantikan!

1. Jaga Kebersihan Rambut

Cara merawat rambut yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan rambut. Meskipun Anda tidak sempat pergi ke salon, paling tidak cuci rambut Anda minimal dua hari sekali. Setelah keramas menggunakan sampo, jangan lupa untuk gunakan kondisioner untuk menjaga rambut Anda agar tetep sehat dan ternutrisi.

2. Keramas dengan Suhu Air yang Tepat

Cara merawat rambut yang kedua adalah dengan keramas pada suhu air yang tepat. Sebagain orang berpendapat bahwa keramas dengan air dingin lebih baik dari keramas dari air hangat, namun ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Faktanya kedua jenis air ini memiliki fungsinya masing-masing. Air hangat dapat membersihkan dengan maksimal, sedangkan air dingin dapat mempertahankan kekuatan akar rambut. Anda bisa menggunakan keduanya untuk mendapatkan kedua manfaat tersebut.

Pertama-tama siram rambut dengan air hangat lalu cuci dengan sampo, kemudian bilas dengan air dingin. Selain dengan cara ini, Anda juga bisa memilih jenis air sesuai dengan karakter rambut Anda. Air panas cocok untuk rambut yang lepek, sedangkan air dingin cocok untuk rambut yang kering dan rapuh.

3. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Perawatan rambut yang paling baik adalah yang disesaikan dengan kebutuhan rambut kita. Pilih produk-produk perawatan rambut yang sesaui dengan masalah rambut Anda. Jika masalah Anda adalah rambut rontok, maka gunakanlah produk anti hairfall.

Jika Anda mewarnai rambut, maka gunakanlah produk khusus perawatan colored hair. Menggunakan produk yang tidak tepat sering kali menimbulkan masalah lain pada rambut seperti timbulnya ketombe atau rambut yang jadi lebih sulit untuk diatur.

baca juga : Perawatan Rambut Tradisional ala Hawai

4. Menyisir Rambut dengan Benar

Cara menyisir rambut yang benar ternyata juga bisa menjadi salah satu langkah perawatan rambut. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menyisir rambut agar rambut terhindar dari kerusakan.

Pertama, sisirlah rambut dari bagian ujung terlebih dulu, baru kemudian bagian atas, tujuannya agar rambut tidak mudah patah. Kedua, hindari sisir dengan bahan plastik karena dapat menghantarkan listik dan tidak baik untuk rambut.

Ketiga, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut akan lebih mudah patah dan rontok.

5. Hindari Penggunaan Alat yang dapat Merusak Rambut

Cara merawat rambut selanjutnya juga tidak kalah sederhana dengan cara lainnya. Jika Anda ingin terhindar dari kesurakan rambut maka sebisa mungkin hindari hair styling dan menggunakan alat seperti catokan atau hair dryer setiap hari.

Gunakan sesekali saja pada keperluan mendesak. Jika harus mencatok atau styling rambut lainnya, jangan lupa gunakan vitamin rambut untuk melindungi rambut.

6. Manfaatkan Bahan Alami

Perawatan rambut tanpa harus ke salon kecantikan selanjutnya adalah dengan mamanfaatkan bahan-bahan alami. Selain menggunakan sampo untuk memberihkan dan kondisioner untuk menghaluskan rambut. Kita juga bisa sesekali menggunakan masker rambut dari bahan alami.

Berikut adalah 4 masker alami yang paling populer untuk perawatan rambut yang bisa Anda coba:

Lidah Buaya

Masker rambut yang pertama bisa Anda buat dari lidah buaya. Manfaat dari masker ini adalah menjaga warna rambut dan menghilangkan ketombe. Cara aplikasinya adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya pada rambut yang telah dibasahi. Setelah itu tunggu 15 menit hingga meresap, kemudian bilas kembali.

Minyak Almond

Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan minyak almond. Minyak almond dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut kering dan juga patah. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan minyak almond yang dihangatkan ke seluruh kulit kepala.

Lakukan selama 15 menit sebelum keramas, lalu bersihkan rambut dengan deangan sampo dan kondisioner.

Jus Daun Seledri

Jus daun seledri ampuh untuk membantu melembutkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mendiamkan jus seledri selama satu malam, lalu aplikasikan ke seluruh rambut pada pagi harinya. Diamkan masker selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Alpukat dan Telur

Masker rambut ini diklaim mampu mengembalikan kilau rambut dan membuat rambut jadi lebih lembab dan mudah diatur. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu buah alpukat, dua butir telur, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan minyak kelapa.

Campurkan semua bahan hingga merata, kemudian aplikasikan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.