Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut berminyak menjadi masalah bagi banyak wanita. Rambut mudah sekali lepek dan kotor apalagi jika Anda adalah pemilik rambut berminyak. Berikut ini perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah.

Perawatan Rambut Berminyak Murah dari Rumah

1. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala. Keseimbangan pH pada kulit kepala ini lah yang berperan dalam mengontrol minyak berlebih pada kulit kepala, juga mengurangi minyak menumpuk terlalu banyak di rambut Anda. Selain itu, cuka apel juga bisa berfungsi sebagai tonik yang bisa membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan tiga sendok makan cuka apel dengan air. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, pakaikan dan ratakan campuran cuka apel ini merata hingga kulit kepala. Tunggu beberapa menit lalu bilas menggunakan air dingin. Ulangi dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya untuk perawatan rambut berminyak bisa Anda coba. Kandungan vitamin, mineral, dan enzim yang ada dalam lidah buaya dapat membantu mengurangi minyak pada rambut. Lidah buaya membantu proses detoksifikasi kotoran dari kulit kepala, serta mengatur kadar minyak di kulit kepala, dan menutrisi kulit kepala hingga akar rambut.

Untuk menggunakannya, campurkan gel lidah buaya dengan perasan lemon dan shampoo. Gunakan campuran ini sebagai shampoo, pijat kulit kepala dan diamkan beberapa saat sebelum membilasnya. Ulangi dan rutin gunakan campuran lidah buaya ini agar minyak pada rambut dapat berkurang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Teh Hitam (Black Tea)

Teh hitam mengandung asam tannic yang dipercaya dapat membantu mengurangi tumpukan minyak yang berlebihan di kulit kepala. Anda bisa merasakan manfaatnya dengan cara menyeduh teh hitam dan menggunakan airnya untuk dibasuhkan ke rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan shampoo. Anda harus mengulangi ini setidaknya dua sampai tiga kali dalam satu minggu untuk hasil maksimal.

Perawatan rambut berminyak dari rumah, tentu tidak memakan biaya yang besar. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat, rambut bisa lebih bebas minyak, dan tidak lagi mudah kotor. Lakukan secara rutin dan berulang ya! Karena hasil, tidak instan didapat hanya dengan satu atau dua kali perawatan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi