5 Perawatan Penis Harian yang Harus Dilakukan Pria

cara-merawat-penis-yang-benar-doktersehat

DokterSehat.Com – Merawat penis dengan baik memang jarang dilakukan oleh pria padahal mudah dilakukan. Perawatan penis tidak serumit merawat kulit wajah meski ada perlakuan khusus agar organ ini tetap sehat luar dalam. Penis juga akan terhindar dari beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gangguan yang cukup parah.

Perawatan Penis yang Sebaiknya Dilakukan Setiap Hari

Kalau Anda belum merasa melakukan perawatan harian pada penis dengan maksimal, coba simak beberapa penjelasan di bawah ini. Dengan mengikuti setiap langkah yang ada, penis bisa terawat dengan baik sehingga fungsi seksual, reproduksi, dan estetiknya tidak mengalami penurunan.

Berikut perawatan penis yang mudah dan harus dilakukan setiap hari:

  1. Cuci setiap hari dengan benar

Mencuci penis setiap hari tidak sama dengan mencuci penis setelah buang air kecil. Mencuci penis saat buang air kecil masih ada kemungkinan terjadi penumpukan sisa urine di kelapa penis atau kulup bagi mereka yang tidak sunat. Selain itu, sisa urine juga bisa menempel di celana dalam sehingga kemungkinan terjadi infeksi akan besar.

Cuci penis saat akan tidur malam. Ganti celana dalam dengan yang masih bersih dan tidak ada kotoran yang menempel. Saat membersihkan penis, gunakan air dingin yang bersih. Lakukan gosokan ringan di kepala penis agar kotorannya hilang. Anda bisa menggunakan air hangat asal penis masih bisa menerima suhunya.

  1. Penuhi kebutuhan air setiap hari

Mungkin Anda berpikir kalau perawatan penis dilakukan dengan melakukan tindakan langsung pada kemaluan. Padahal apa yang kita minum juga memiliki efek yang besar pada penis pria. Oleh karena itu, pria disarankan untuk lebih sering memenuhi kebutuhan air harian sebanyak 2 liter.

Air akan membuat ginjal bekerja dengan baik, urine yang ditampung kandung kemih juga tidak pekat. Urine yang keluar nanti akan jernih dan kemungkinan mengundang bakteri untuk masuk atau mendekat akan rendah.

  1. Gunakan kondom saat bercinta

Kalau Anda dan pasangan sedang tidak ingin mendapatkan kehamilan kembali, lebih baik menggunakan kondom saat bercinta. Kondom akan membuat penis lebih terjaga dan terhindar dari penularan penyakit tertentu kalau ada. Kondom juga melindungi penis dari gesekan yang terlalu besar.

  1. Lakukan pengecekan rutin setiap hari

Lakukan pengecekan rutin pada penis setiap hari khususnya yang berhubungan dengan kepala dan skrotum. Terkadang muncul kutil, bisul, atau gatal yang sering diabaikan. Di skrotum, pria juga harus mengecek apakah kondisi testis sedang normal atau mengalami gangguan.

Gangguan pada skrotum yang sering terjadi pada pria adalah ukurannya yang besar sebelah, varikokel, hingga rasa nyeri yang berasal dari infeksi atau ada gangguan pada saluran sperma. Lakukan perawatan penis ini secara reguler agar bisa segera diatasi jika ada gangguan.

  1. Ejakulasi secara rutin

Melakukan ejakulasi secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu cukup ampuh untuk meningkatkan kesehatan penis. Berdasarkan beberapa penelitian, melakukan ejakulasi secara rutin bisa meningkatkan kesehatan dari prostat. Bahkan, melakukan ejakulasi sebanyak 21 kali sebulan bisa menurunkan risiko kanker yang berbahaya.

Meski disarankan melakukan ejakulasi sebagai langkah perawatan penis, jangan melakukan seks atau masturbasi secara berlebihan. Lakukan sesuai kebutuhan dan jangan dipaksakan. Seks dan masturbasi tetap memiliki aturan agar memberikan kenikmatan dan manfaat pada tubuh.

Selain lima hal yang tersaji di atas, ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan jika ingin mendapatkan penis yang sehat dan berkualitas setiap saat. Jauhi rokok dan alkohol, bila perlu hentikan perlahan-lahan konsumsinya. Lakukan olahraga secara rutin dan tidurlah dengan nyenyak. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan penis.