Terbit: 21 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Merawat penis bukan perkara sering membersihkannya setelah berkemih atau buang air besar saja. Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh pria agar penisnya tetap sehat dan terlihat lebih segar dan tampan. Penis yang tidak dirawat kadang terlihat kusam sehingga secara estetik tidak membuat wanita jadi menarik.

5 Perawatan yang Harus Dilakukan Pria agar Penis Lebih “Tampan”

Kalau Anda merasa belum merawat penis dengan baik, ada baiknya untuk memperhatikan lima hal di bawah ini. Dengan melakukan perawatan di bawah ini penis akan terus sehat dan kemungkinan mengalami gangguan seperti gatal tidak akan terjadi.

  1. Merawat bagian yang jarang tersentuh

Bagian dari penis yang sering sekali dirawat dan dibersihkan adalah kepala penis. Pria akan mencucinya hingga bersih setiap saat. Saat mandi pria juga membersihkannya agar tidak ada kotoran yang menempel dan aromanya tidak apek atau pesing. Selain bagian batang dan kepala, ada bagian lain yang harus diperhatikan oleh pria.

Bagian skrotum atau kandung zakar juga harus dibersihkan dengan maksimal. Misal dirapikan rambut yang tumbuh di sana dan dibersihkan kotoran yang menempel pada lipatan kulit. Terakhir, pria yang tidak sunat harus membersihkan bagian dari kulup khususnya di bagian bawah yang sering dijadikan tempat kotoran berkumpul.

  1. Merapikan rambut kemaluan

Rapikan rambut kemaluan setiap seminggu sekali atau satu bulan sekali secara rutin. Rambut kemaluan akan membuat area penis jadi bau tidak sedap karena ada banyak keringat yang menempel. Rambut kemaluan tidak harus dibersihkan hingga habis menyisakan kulit saja, cukup rapikan agar tidak kacau.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Rambut kemaluan yang terlalu lebat membuat penis dari pria terlihat lebih kecil dari ukuran aslinya. Kalau dipotong, bentuk penis akan terlihat khususnya saat penis masih lemas. Selanjutnya, rambut kemaluan yang terlalu lebat juga kerap tersangkut di penis dan menyebabkan rasa nyeri atau sakit.

  1. Menerapkan gaya hidup sehat

Terapkan gaya hidup sehat kalau ingin memiliki penis yang cerah dan fungsinya berjalan dengan sempurna. Gaya hidup sehat ini meliputi berolahraga secara rutin setiap hari dan menerapkan diet yang sehat dan juga seimbang setiap harinya.

Pria harus menurunkan kadar lemak di dalam tubuhnya. Kalau kadar lemak turun, fungsi penis akan meningkat. Selain itu, penis juga tidak terlihat lebih pendek dari ukuran aslinya. Pria yang alami obesitas biasanya memiliki timbunan lemak di perut bagian bawahnya sehingga penis seperti tertimbun.

  1. Melakukan ejakulasi secara rutin

Pria yang melakukan ejakulasi secara rutin sebanyak 21 kali dalam satu bulan mengalami penurunan risiko kanker prostat sebanyak 33 persen. Kalau Anda khawatir kalau melakukan ejakulasi berlebihan tidak baik untuk kesehatan, lakukan setidaknya seminggu 1-2 kali baik dengan seks bersama pasangan atau melakukan masturbasi.

Melakukan ejakulasi secara berkala setiap minggunya juga baik untuk kemampuan di ranjang. Pria bisa berlatih untuk tidak mendapatkan ejakulasi dini sehingga seks aktual bisa berjalan dengan lebih baik.

  1. Merawat kulit penis agar lebih lembut

Merawat kulit penis dengan baik juga merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pria. Cara terbaik untuk melakukan perawatan penis adalah dengan mengoleskan krim tertentu atau tidak membiarkannya jadi kering dan kasar.

Penis yang kering bisa saja memicu terjadinya eksim dan rasa gatal yang berlebihan. Oleh karena itu, lakukan perawatan rutin dan jangan lupa untuk mengecek kondisinya setiap hari.

Inilah beberapa hal yang harus dilakukan oleh penis agar terlihat lebih sehat dan menarik untuk wanita. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan perawatan penis.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi