Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ayurveda merupakan salah satu cara pengobatan tradisional ala masyarakat India. Tidak hanya mengatasi sejumlah penyakit, Ayurveda juga dapat digunakan untuk merawat sekaligus menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Hal inilah yang membuat hampir sebagian besar masyarakat India memiliki kulit yang sehat dan bersih. Bagi Anda yang penasaran, tidak ada salahnya untuk menyimak sejumlah penjelasan singkat berikut.

Perawatan Kulit ala Ayurveda

1. Mengonsumsi Sayuran

Dilansir dari laman Mind Body Green, salah satu perawatan kulit ala Ayurveda adalah mengonsumsi sayuran. Ayurveda menyarankan untuk menyantap sayuran yang mengandung banyak cairan untuk menjaga kelembapan sel kulit. Tidak heran jika mengonsumsi sayuran seperti selada, lobak Daikon hingga wortel menjadikan kulit tetap lembap. Tambahan lainnya, kandungan vitamin pada sayuran tersebut juga menutrisi sel kulit secara optimal.

2. Memperbanyak Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Perawatan kulit ala Ayurveda juga menerapkan aturan “Makan Seperti Burung”. Aturan tersebut dikarenakan burung menyantap kacang dan biji-bijian. Sebagai tambahan informasi, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung fatty acid dan nutrisi yang sangat baik dalam merawat kesehatan kulit. Tidak hanya melembapkan, kandungan bahan tersebut juga mencegah kulit terserang beragam penyakit.

3. Mengonsumsi Teh Herbal

Teh herbal yang terbuat dari campuran beberapa rempah-rempah merupakan jenis minuman yang kerap disarankan dalam Ayurveda. Tidak hanya dapat menghidrasi sel tubuh, kandungan bahan aktif pada rempah-rempah dan bahan alami di dalamnya dapat mengeluarkan racun. Kondisi demikian tentu saja menjadikan kulit lebih bersih. Selain itu, teh herbal juga mengandung antioksidan yang mencegah penuaan dini.

Pengobatan atau perawatan kulit menggunakan metode Ayurveda rupanya sudah banyak diadaptasi oleh para dermatologis dan salon kecantikan. Apalagi perawatan kulit ala Ayurveda menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi