Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagi para pria, memiliki kepala botak sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah. Meskipun kepala botak seringkali diidentikkan dengan umur yang sudah lanjut, tetapi banyak juga pria muda yang merasa nyaman dengan gaya rambut botak.

Pastikan Kepala Botak tetap Sehat dan Keren dengan Perawatan Berikut Ini!

Alasan botak memang sangatlah beragam. Ada orang memilih kepala botak karena memiliki masalah kerontokan rambut yang memang sudah cukup parah, ada juga yang memilih botak karena tuntutan dari instansi atau lembaga tempat bekerja dan menempuh pendidikan, dan ada juga yang memilih botak karena memang gaya tersebut paling cocok dengan dirinya dan membuat dirinya lebih terlihat keren atau tampan.

Memiliki kepala botak tidak berarti seseorang dapat mengabaikan perawatan kepala. Sama seperti kepala yang memiliki rambut, kepala botak juga membutuhkan perawatan rutin agar tetap sehat dan keren. Berikut adalah 4 tips bagi Anda yang ingin memiliki gaya rambut botak keren dan juga sehat.

1. Siapa Bilang Kepala Botak Tidak Butuh Sampo?

Banyak orang yang berpikir bahwa kepala botak tidak membutuhkan sampo, padahal pandangan ini sama sekali salah. Ada benarnya jika orang yang memiliki kepala botak akan lebih hemat dan tidak memikirkan berbagai perawatan rambut, tapi bukan berarti tidak membutuhkan perawatan sama sekali.

Kepala botak juga mungkin terkena debu, polusim dan berbagai kotoran lainnya, jadi tetap perlu dibersihkan. Kulit kepala memiliki karakter yang berbeda dengan kulit tubuh, sehingga sampo tetap menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan kulit kepala, meskipun tidak ada keberadaan rambut di sana.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Keramas menggunakan sampo sambil memijat-mijat kulit kepala sangat bagus untuk membersihkan lebih maksimal, relaksasi, dan juga melancarkan aliran darah. Jadi, jika Anda menginginkan kepala botak keren dan sehat, tetap keramaslah secara rutin menggunakan sampo.

2. Kulit Kepala Harus Terhidrasi dengan Baik

Kulit yang sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan baik. Tentunya hal ini tidak hanya berlaku untuk kulit tubuh dan wajah saja,tepi juga untuk kulit kepala. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan mencegah datangnya masalah kulit kering.

Sama seperti bagian kulit lainnya, kulit kepala yang kering juga rentan terhadap risiko iritasi. Kulit yang terlalu kering juga bisa menjadi berisisik dan mengganggu penampilan Anda. Bagi Anda yang tinggal di daerah bersuhu rendah atau sehari-hari berasa di ruangan ber-AC tentunya akan dengan mudah mendapati masalah kulit kering.

Tips agar kulit terhidrasi dengan baik adalah pertama-tama Anda harus banyak kosumsi air putih. Kemudian Anda juga harus rajin untuk melakukan perawatan untuk melembapkan kulit kepala Anda. Gunakan lotion pelembap setiap hari sebelum Anda beraktivitas atau setiap Anda selesai bercukur.

Lalu untuk menutrisi kulit kepala Anda agar tetap lembap dan sehat, Anda juga bisa mengaplikasikan berbagai jenis minyak yang bagun untuk kepala seperti minyak jojoba, tea tree, atau minyak kelapa. Aplikasikan minyak-minyak ini paling tidak 2 kali seminggu sebelum tidur atau sebelum keramas.

3. Ingin Terus Plontos? Harus Rajin Cukur Rambut

Rahasia dari kepala botak plontos adalah dengan rajin bercukur. Mempertahahankan gaya rambut botak, apalagi botak plontos, memang tidak semudah menjaga gaya rambut lainnya. Apalagi pertumbuhan rambut pada pria sangatlah cepat.

Anda harus bercukup setiap hari atau dua hari sekali untuk mempertahankan kepala botak plontos. Waktu yang paling tepat untuk mencukur adalah setelah Anda mandi dan keramas. Pada saat itu kulit kepala dalam keadaan lebih lembut dan halus.

Jika Anda tidak menginginkan model botak plontos, Anda bisa menggunakan pomade untuk mengatur rambur-rambut yang sudah mulai tumbuh agar terlihat lebih rapi.

4. Lindungi Kepala dari Sinar Matahari

Selain menggunakan pelembab setiap hari, Anda juga harus menggunakan pelindung kepala setiap keluar rumah. Sekali lagi, perlindungan kulit tubuh dan kulit kepala memang tidak jauh berbeda. Anda bisa menggunakan sunscreen dan sunblock untuk melindungi kepala Anda dari paparan sinar UV. Anda juga bisa menggunakan topi yang tidak hanya akan melindungi kepala Anda dari teriknya matahari, tetapi juga akan membuat penampilan Anda lebih fashionable.

Yuk, rawat kepala botak Anda dengan benar agar Anda mendapatkan kepala botak keren dan juga sehat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi