9 Perawatan Kecantikan Sebelum Lebaran, Tidak Harus ke Salon

perawatan-kecantikan-sebelum-lebaran-doktersehat

DokterSehat.Com – Hari raya idul fitri adalah hari di mana kita akan banyak bertemu sanak keluarga, tetangga, dan teman untuk bersilaturahmi. Nah, pada saat penting bertemu dengan banyak orang seperti ini, tentunya para wanita ingin dapat tampil secantik mungkin. Supaya make up yang digunakan maksimal, Anda juga sebaiknya melakukan perawatan kecantikan sebelum lebaran sebagai persiapan. Apa saja sih perawatan yang sebaiknya dilakukan?

Perawatan Kecantikan Sebelum Lebaran

Tampil cantik di hari raya tentunya bukan tanpa usaha. Perawatan tentunya akan lebih maksimal jika dilakukan sebelum lebaran. Berikut adalah berbagai perawatan kecantikan sebelum lebaran yang sebaiknya tidak Anda lewatkan!

1. Masker wajah

Perawatan kecantikan sebelum lebaran yang pertama adalah menggunakan masker wajah.

Masker wajah dapat digunakan sebanyak 2-3 kali seminggu, bahkan beberapa jenis masker dengan bahan alami diklaim aman untuk digunakan setiap hari. Masker wajah dapat membantu mengatasi jerawat dan komedo, melembapkan kulit, mencerahkan, dan bahkan mengencangkan kulit.

Setiap jenis masker dengan kandungan berbeda tentu juga memiliki manfaat yang berbeda-beda. Gunakanlah masker sesuai dengan kebutuhan dan karakter kulit Anda.

2. Facial

Selain menggunakan masker wajah sendiri di rumah, Anda juga bisa pergi ke salon kecantikan untuk menjalankan perawatan wajah seperti facial.

Manfaat facial adalah untuk memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Facial dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit menjadi tampak lebih sehat. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Jangan melewatkan skin care rutin

Menjelang lebaran, tentunya banyak dari Anda yang menjalani tradisi mudik ke kampung halaman.

Mudik mungkin mengharuskan Anda untuk menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari di perjalanan. Meskipun sedang menjalani mudik, pastikan Anda tidak melewatkan skin care routine Anda sehari-hari.

Bersihkan wajah paling tidak dua kali sehari, hindari menggunakan tisu basah dan Anda bisa menggunakan air mineral jika tidak ada pilihan lain untuk mencuci muka. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock dan juga pelembap secara rutin untuk melindungi kulit dan menjaganya agar tetap lembap.

4. Body scrub atau luluran

Perawatan kecantikan sebelum lebaran selanjutnya yang harus dilakukan adalah menggunakan body scrub atau luluran.

Perawatan wajah memang penting, tapi tentu perawatan kulit tubuh juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Luluran dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan memberikan berbagai manfaat lulur untuk kulit Anda seperti melembapkan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit.

Perawatan kulit satu ini dapat dilakukan satu minggu sekali. Sama halnya seperti masker untuk wajah, jenis lulur juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda.

5. Hair spa

Rambut mungkin tertutup hijab di hari raya, tapi perawatannya tetap tidak boleh dilewatkan.

Jangan biarkan rambut lepek atau kusut di hari raya. Anda dapat melakukan hair spa beberapa hari sebelum lebaran. Perawatan kecantikan sebelum lebaran yang satu ini tentunya tidak harus selalu dilakukan di salon.

Hair spa ataupun creambath juga dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di drug store.

6. Manicure dan pedicure

Manicure dan pedicure juga menjadi salah satu perawatan kecantikan sebelum lebaran yang banyak dipilih oleh para wanita.

Ketika lebaran, kita akan bersalam-salaman dengan banyak orang, tentunya jika kuku kotor dan tidak rapi akan membuat orang lain tidak nyaman. Sama seperti hair spa, perawatan kuku ini juga tidak wajib dilakukan di salon dan dapat juga dilakukan di rumah.

Anda dapat memulai dengan merendam kaki dengan air garam untuk membersihkannya dari bakteri. Setelah itu, Anda dapat mulai memotong kuku kaki dan tangan. Gunakan kikir dan nail buffer untuk merapikan kuku dan membuatnya lebih mengkilap.

7. Istirahat cukup

Berbagai perawatan kecantikan sebelum lebaran yang Anda lakukan akan percuma jika tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup.

Kurangnya istirahat tidak hanya akan membuat tubuh Anda terlihat lesu, tapi juga membuat kulit terlihat kurang sehat dan yang paling menonjol adalah kemunculan mata panda. Penampilan jadi terlihat kurang segar jika hal ini terjadi.

Maka dari itu, pastikan Anda tidur teratur agar tubuh tetap sehat dan kulit juga terlihat sehat dan juga cantik.

8. Jaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan juga termasuk ke dalam perawatan kecantikan.

Sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, kulitnya dapat terpengaruh langsung oleh konsumsi makanan. Contohnya seperti kulit yang langsung berjerawat ketika seseorang mengonsumsi makanan seperti kacang, gorengan, atau coklat.

Jika karakter kulit Anda seperti ini, sebisa mungkin hindari dulu berbagai makanan yang memberikan dampak negatif pada kulit Anda. Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan kulit. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar kulit tetap terhidrasi.

9. Olahraga

Hal lain yang wajib dilakukan dalam rangka tampil cantik ketika hari raya adalah berolahraga.

Olahraga secara rutin paling tidak 15-30 menit per hari sangat berguna untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit Anda. Jadi jika ingin tampil segar di hari raya, jangan lewatkan aktivitas yang satu ini.

Pilihan berolahraga di sore hari sebelum berbuka dapat menjadi pilihan yang tepat. Kegiatan ini bisa sekaligus menjadi kegiatan untuk menghabiskan waktu ngabuburit.

Nah, itu dia berbagai perawatan kecantikan sebelum lebaran yang wajib untuk dilakukan. Jika kulit sudah terawat, make up natural saja sudah cukup untuk membuatmu tampil maksimal di hari raya lebaran. Selamat mencoba!