Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merawat kesehatan dan kecantikan kulit dimulai harus dilakukan dengan seksama, tetapi, bagian kaki sering kali terlupakan. Akibatnya, kaki sering kali menjadi kering dan kasar. Dilansir dari Top 10 Home Remedies, berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar kulit kaki terlindung dari banyak masalah, salah satunya kulit kering.

Perawatan Dasar Agar Kulit Kaki Tidak Kering

1. Cuci Kaki Secara Teratur

Kaki cenderung lebih kotor dan lebih berkeringat daripada bagian tubuh lainnya, jadi penting untuk mencucinya secara teratur. Biasakan untuk mencuci kaki dua kali sehari, pada awal dan akhir hari. Anda bisa gunakan sabun ringan atau sabun antiseptik dan air hangat untuk menghilangkan keringat, kotoran dan bakteri yang mungkin ada di kaki Anda.

Setelah mencuci, pastikan menggunakan handuk lembut untuk mengeringkan kaki secara menyeluruh, terutama di antara jari-jari kaki. Air antara jari-jari kaki dapat menyebabkan infeksi jamur.

2. Eksfoliasi Dua Kali dalam Seminggu

Sama seperti mencuci, menggosok kaki dan tumit secara teratur juga penting. Kulit di kaki Anda lebih tebal, jadi sangat penting untuk mengangkat kulit mati dengan pengelupasan untuk menjaga kaki tetap lembut, halus dan terhindar dari kering.

Pengelupasan teratur juga mengurangi risiko mengembangkan kapalan pada kaki. Gunakan scrubber kaki atau batu apung untuk menyingkirkan sel kulit mati. Gosok dan gunakan gerakan yang lembut serta hindari menggosok kaki terlalu keras.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Pastikan untuk merendam kaki Anda dalam air hangat setidaknya 10 menit sebelum menggosoknya. Lakukan eksfoliasi kaki sebanyak dua kali seminggu untuk membuatnya lembut dan halus.

3. Gunakan Pelembap Kulit Kaki

Sangat penting untuk menggunakan pelembap di kaki Anda beberapa kali sehari dan terutama sebelum tidur. Saat mengoleskan pelembap, pastikan untuk menggosoknya ke seluruh bagian atas dan bawah kaki Anda, termasuk jari-jari kaki selama kurang lebih 10 menit.

Jika tumit Anda cenderung retak selama musim dingin, kenakan kaus kaki ke tempat tidur setelah pelembap untuk membantu mempertahankan kelembapan lebih lama. Namun, jangan gunakan terlalu banyak pelembab di antara jari-jari kaki Anda.

Anda juga dapat mengandalkan produk alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun atau mentega coklat. Produk-produk ini membantu menjaga kulit kering lembap dari dalam. Saat menggunakan minyak, hangatkan dengan lembut sebelum digunakan untuk membantu kulit menyerapnya dengan cepat.

Informasi dasar yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi kulit kaki yang kering ini, bisa langsung dicoba dan diterapkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi