Terbit: 11 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal skincare zaman sekarang, tentu saja brand-brand ternama tidak hanya memanfaatkan bahan-bahan yang natural. Biasanya skincare akan memiliki formula yang merupakan hasil kombinasi dari bahan natural mau pun bahan kimia yang aman digunakan pada kulit. Nah, salah satu bahan natural mau pun kimia yang kerap ditambahkan pada skincare adalah zinc. Zinc merupakan salah satu mineral yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan kulit seperti:

Apa Saja Sih Peran Zinc dalam Menjaga Kesehatan Kulit?

1. Berperan sebagai Antioksidan

Zinc merupakan salah satu bahan mineral yang kerap digunakan pada skincare. Siapa yang menyangka jika zinc dapat berperan sebagai antioksidan. Dilansir dari laman Canyan Ranch, zinc dapat mengurangi efek buruk radikal bebas yang menyerang kulit. Selain itu, zinc jug amelindungi lapisan sel lemak dan fibroblast, sel khusus yang berperan dalam produksi kolagen pada kulit.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat lain dari zinc adalah meningkatkan sistem imun. Tidak heran jika zinc yang terkandung pada skincare ampuh mencegah terjadinya peradangan. Tidak heran jika skincare yang mengandung zinc dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Sebagai tambahan informasi, zinc ternyata juga mengandung bahan anti peradangan yang ampuh mencegah jerawat semakin meradang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan obat jerawat atau pun skincare yang dilengkapi dengan kandungan zinc untuk mengatasi jerawat.

3. Menyembuhkan Kulit dan Menstimulasi Proses Rejuvenasi

Lebih lanjut, skincare yang mengandung zinc juga mmepercepat proses rejuvenasi kulit yang menjadikan jerawat lebih cepat sembuh. Tidak hanya luka yang disebabkan oleh jerawat, penggunaan skincare mengandung zinc juga mampu menyembuhkan luka terbuka. Zinc yang juga dikenal sebagai salah satu mineral ini rupanya juga merangsang produksi sel kulit baru lebih cepat yang menjadikan kulit tampak lebih sehat dan glowing.

Kendati Anda bisa mendapatkan zinc dari skincare, tidak ada salahnya untuk menambah asupan zinc dengan menyantap makanan jenis tertentu. Bagi Anda yang ingin menggunakan skincare dengan kandungan zinc, pilihlah formula bahan yang sesuai dengan jenis kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi