Sering Dianggap Remeh, Ini 5 Alasan Kalsium Sangat Vital untuk Ibu Hamil

DokterSehat.Com– Asupan gizi tentu merupakan hal yang paling penting diperhatikan selama kehamilan. Pengaturan pola makan dan konsumsi suplemen hamil menjadi salah satu kunci terpenuhinya asupan gizi yang penting untuk ibu hamil.

Salah satu zat gizi yang berperan vital untuk kesehatan kehamilan adalah kalsium.

Biasanya, kalsium hanya dianggap memiliki peran penting dalam mendukung pembentukan tulang. Akan tetapi, siapa sangka bahwa kalsium bagi ibu hamil memiliki berbagai peran yang tak kalah pentingnya.

Ya, kalsium memiliki cukup banyak peran penting bagi kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin.

Kalsium termasuk dalam satu dari lima zat gizi mikro yang mendapat perhatian penting oleh Kementerian Kesehatan dalam Pedoman Gizi Seimbang untuk ibu hamil, karena perannya yang sangat vital.

Berikut 5 alasan mengapa kalsium menjadi sangat penting selama kehamilan:

1. Kebutuhan kalsium harian wanita yang sudah cukup tinggi

Doktersehat-jenis-jenis-penyakit-tulangBerdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013, secara umum kebutuhan kalsium harian perempuan Indonesia lebih tinggi dari laki-laki.

Hal ini tentu akan semakin meningkat saat kehamilan.

Kondisi ini tentu akan membuat kebutuhan kalsium harian saat hamil menjadi sangat tinggi. Ibu hamil trimester awal hingga akhir memerlukan tambahan 200 mg kalsium setiap harinya.

Hal ini tentu harus diperhatikan dengan pemilihan bahan makanan atau suplemen yang tepat, agar selalu tercukupi kebutuhan kalsium hariannya.

2. Kalsium merupakan bahan baku utama pembentukan tulang dan gigi janin

Doktersehat-ibu-hamilKalsium yang meningkat kebutuhan hariannya saat ibu saat hamil, merupakan bahan baku penting dalam pembentukan tulang dan gigi janin.

Selain itu, kalsium memiliki mendukung pembentukan kekuatan otot dan syaraf dalam tubuh janin. Sehingga, asupan kebutuhan kalsium harian ibu hamil yang meningkat harus selalu dipenuhi.

3. Jika asupan kalsium kurang, maka kalsium dalam tubuh ibu akan diserap janin

warna-dan-fungsi-air-ketuban-bagi-janin-doktersehatPentingnya peran kalsium dalam pembentukan organ tubuh janin, membuat tubuh memiliki sistem yang secara otomatis akan menyerap kalsium yang sudah ada pada tubuh ibu untuk digunakan sebagai bahan baku pembentukan organ janin.

Jika hal ini berlangsung terus menerus, maka risiko terjadinya keropos pada tulang dan gigi ibu menjadi sangat besar. Maka dari itu, kebutuhan kalsium harian pada ibu hamil menjadi sangat tinggi dan harus dipenuhi.

4. Kalsium mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil

doktersehat-tekanan-darahaPeran penting kalsium dalam mendukung kesehatan kehamilan yang optimal adalah mampu mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Asupan kalsium yang cukup bisa membantu tubuh mengontrol tekanan darah dengan cukup baik.

5. Kalsium yang tercukupi efektif mengurangi risiko komplikasi kehamilan

beberapa-olahraga-yang-baik-untuk-ibu-hamil-kembar-doktersehatRisiko komplikasi selama kehamilan, misalnya preeklampsia, gangguan organ atau sistem tubuh yang berisiko terjadi selama kehamilan.

Nah, itu dia 5 alasan mengapa kalsium memiliki peran yang vital dalam kehamilan.

Tips memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil

Untuk dapat memenuhi kebutuhan kalsium bagi ibu hamil, pemilihan bahan makanan yang tepat bisa menjadi cara yang cukup ampuh.

doktersehat-ibu-hamil-makan-brokoliBeberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan adalah:

  • Rutin mengonsumsi makanan hewani tinggi kalsium, diantaranya susu, keju, telur, ikan teri.
  • Mengutamakan memilih makanan dari tanaman yang kaya kalsium, misalnya bayam, brokoli, atau kacang almond.
  • Memilih camilan yang tinggi kalsium, misalnya roti lapis dengan keju dan susu dan minuman jeruk.
  • Jika ibu hamil merasa mual mengonsumsi makanan hewani sumber kalsium, memilih olahan permen susu, yoghurt, atau es krim susu rendah gula bisa jadi pilihan yang tepat.