Terbit: 26 Oktober 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Peran doula atau pendamping persalinan adalah untuk mewujudkan proses persalinan yang aman dan positif. Apakah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pendamping persalinan? Sebelumnya, ketahui berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang pendamping persalinan berikut ini!

Peran Doula dan Keuntungan Menggunakan Jasanya

Apa Itu Doula?

Doula adalah tenaga profesional terlatih yang bertugas untuk membantu memberikan dukungan emosional, fisik, dan pengetahuan pada ibu hamil yang sedang atau baru saja menjalani persalinan. Mereka dapat disebut juga sebagai pendamping persalinan.

Mereka membantu para wanita agar lebih kuat dan mewujudkan pengalaman melahirkan yang lebih aman dan berkesan.

Meskipun bukan seorang tenaga medis, tapi pendamping persalinan adalah tenaga yang terlatih yang sudah paham tentang protokol persalinan baik di rumah sakit maupun rumah bersalin.

Terdapat beberapa jenis doula yaitu yang membantu kelahiran atau persalinan, postpartum, dan antepartum. Pendamping postpartum bertugas membantu setelah bayi lahir, sedangkan antepartum bertugas membantu ibu dengan kehamilan yang berisiko tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Tugas dan Peran Doula

Jasa pendamping persalinan sudah ada sejak dahulu. Namun, profesi ini semakin banyak dikenal masyarakat luas di Indonesia beberapa waktu belakangan ini.

Berikut adalah beberapa peran doula yang perlu Anda ketahui:

1. Konsultasi tentang Kehamilan dan Persalinan

Pendamping persalinan biasanya mulai bekerja beberapa bulan sebelum bayi lahir. Ini bergantung pada kapan Anda memutuskan untuk menggunakan jasanya.

Waktu beberapa bulan tersebut dapat ibu gunakan untuk berkonsultasi tentang proses persalinan dan proses setelah persalinan.

Pendamping persalinan dapat mengajarkan teknik seperti pijat perineum yang dipercaya dapat membantu proses persalinan menjadi lebih mudah. Selain itu, Anda juga dapat bertanya tentang cara mencegah atau mengurangi stres dan trauma yang sering terjadi setelah melahirkan.

2. Membantu Mewujudkan Persalinan Aman dan Positif

Pendamping persalinan akan memastikan ibu akan melewati proses persalinan yang aman dan positif, baik itu proses persalinan normal maupun dengan prosedur bedah caesar.

Mereka memiliki beberapa kemampuan untuk menciptakan kenyamanan yang akan diajarkan pada ibu seperti teknik pernapasan, teknik relaksasi, pijat, dan posisi persalinan.

Pendamping persalinan juga membantu memperjelas bagaimana ayah sebaiknya berpartisipasi dalam persalinan. Proses persalinan dapat menjadi hal yang penuh tekanan baik untuk ibu dan ayah. Pendamping persalinan bertugas memastikan ibu dan ayah dapat tetap tenang menghadapi persalinan ini.

Pendamping persalinan juga dapat menjadi penghubung antara ibu dan pihak rumah sakit atau rumah bersalin.

3. Membantu Setelah Proses Persalinan

Setelah proses persalinan selesai, bukan berarti tugas pendamping persalinan selesai.

Sebagian besar pendamping persalinan juga akan membantu ibu dalam proses setelah melahirkan seperti membantu proses menyusui dan membantu proses pendekatan antara bayi dengan anggota keluarga yang lain.

Keuntungan Menggunakan Jasa Doula

Tentunya ada beberapa hal yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan jasa pendamping persalinan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Komplikasi Persalinan

Berdasarkan penelitian pada tahun 1999 yang ditulis dalam Journal of Women’s Health and Gender Based Medicine, pendamping persalinan dapat membantu mengurangi risiko medis.

Ya, meskipun bukan merupakan profesional medis, tapi pendamping persalinan juga membantu Anda dalam aspek medis.

Berdasarkan penelitian tersebut, wanita yang memiliki pendamping persalinan, mengalami persalinan yang lebih singkat dengan komplikasi lebih sedikit. Kebutuhan operasi caesar, induksi persalinan, dan intervensi medis lainnya juga diketahui berkurang.

Baca Juga: Cara Melahirkan Normal: Tahapan, Manfaat, dan Tips

2. Mengurangi Stres dan Kecemasan selama Persalinan

Stres dan cemas adalah hal yang wajar dirasakan ibu dalam proses persalinan, terutama pada kelahiran anak pertama.

Pendamping persalinan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik pijat. Pijat memang dapat merangsang produksi oksitosin alami yang kemudian dapat meningkatkan ambang nyeri.

3. Rasa Tenang dan Aman Selama Persalinan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses persalinan dapat menjadi momen yang sangat penuh dengan tekanan.

Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dan diurus selama proses persalinan. Keberadaan pendamping persalinan dapat membantu Anda dan pasangan untuk menjalani persalinan dengan lebih tenang, sehingga tidak akan ada hal yang terlewatkan.

4. Pemulihan Setelah Melahirkan

Postpartum syndrome adalah hal cukup umum dialami oleh wanita. Peran doula postpartum sangat penting apabila ibu mengalami sindrom yang satu ini.

Tugas pendamping adalah untuk memastikan kesehatan ibu, proses pemulihan ibu, dan proses pendekatan antara ibu dan bayi. Seperti yang kita ketahui, sindrom ini menyebabkan ibu kesulitan untuk dekat dengan bayinya karena perasaan cemas dan tertekan yang dialaminya.

Tips Memilih Doula

Memilih pendamping persalinan pada dasarnya bukan merupakan hal yang sulit. Saat ini, sudah banyak yang menawarkan jasa pendamping persalinan dan dapat Anda temukan melalui daring.

Salah satu aspek yang paling penting dalam memilih pendamping persalinan adalah orang tersebut haruslah dapat membuat Anda nyaman. Jika kesulitan dan merasa ragu untuk mencari sendiri, mintalah rekomendasi pada teman yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa pendamping persalinan.

Setelah menemukan kandidat yang tepat untuk menjadi pendamping persalinan, Anda dapat melakukan wawancara sebelum kemudian menggunakan jasanya. Beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan pada calon pendamping persalinan adalah seperti:

  • Sertifikasi apa saja yang dimiliki/pelatihan apa saja yang pernah diikuti?
  • Layanan apa saja yang disediakan?
  • Berapa biaya yang dibutuhkan?
  • Apakah Anda memiliki waktu pada hari perkiraan lahir saya?
  • Alasan apa yang membuat Anda memilih pekerjaan ini?
  • Bagaimana cara berkomunikasi untuk konsultasi sebelum persalinan?
  • Apa yang terjadi apabila Anda karena alasan tertentu tidak dapat hadir saat persalinan saya?

 

 

  1. Anonim. What is a Doula?. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/having-a-doula-616. (Diakses 26 Oktober 2020).
  2. Palanjian, Amy. 2013. How to Choose a Birth Doula. https://www.parents.com/pregnancy/how-to-choose-a-birth-doula/. (Diakses 26 Oktober 2020).
  3. Roth Port, Dina. 2014. Doulas 101: What Is a Doula?. https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/doula/what-is-a-doula/. (Diakses 26 Oktober 2020).

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi