Daftar Peralatan MPASI yang Wajib Dimiliki Para Ibu

DokterSehat.Com– Buah hati Anda sudah memasuki usia 6 bulan, kini saatnya untuk berkenalan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Salah satu hal yang membuat orang tua bingung adalah peralatan apa saja yang wajib dimiliki saat akan membuat MPASI. Apakah peralatan yang biasa digunakan sehari-hari sudah cukup atau perlu baby foodmaker khusus?

Peralatan membuat MPASI yang perlu dimiliki para ibu

Saat ini sudah banyak peralatan khusus untuk membuat MPASI bayi. Peralatan tersebut lebih praktis dan dapat menghemat waktu mempersiapkan MPASI namun harganya relatif lebih mahal.

Sebagai alternatif yang lebih ekonomis, Anda juga bisa menggunakan peralatan masak sehari-hari, namun sebaiknya pisahkan antara peralatan masak yang biasa Anda gunakan sehari-hari dengan peralatan memasak MPASI.

Beberapa peralatan yang Anda butuhkan untuk menyajikan MPASI di antaranya:

1. Alat kukus

MPASI di tahap awal banyak mengolah makanan dengan direbus atau dikukus. Karena itu pastikan Anda memiliki alat kukus atau panci rebus yang layak. Makanan yang dikukus juga tidak kehilangan gizi terlalu banyak dibanding dengan digoreng atau dibakar.

2. Cetakan es batu (ice tray)
Cetakan ini diperlukan untuk menyimpan stok MPASI yang dibekukan. Anda bisa menggunakan cetakan es batu biasa maupun cetakan es batu khusus puree. Sebaiknya pilih cetakan es batu yang memiliki tutup untuk melindungi isi cetakan.

3. Blender

Blender merupakan salah satu peralatan yang paling sering digunakan. Anda akan membutuhkan blender untuk menghaluskan makanan. Jika tidak memiliki blender, Anda dapat menggantinya dengan food processor atau hand blender.

4. Peralatan masak

Anda tentu sudah memiliki peralatan masak seperti panci, talenan, sudip dan pisau. Namun khusus untuk memasak MPASI sebaiknya pisahkan antara peralatan masak yang biasa Anda gunakan. Hal ini untuk mencegah makanan bayi terkontaminasi dengan bahan-bahan lain yang menempel pada peralatan tersebut.

4. Saringan atau perasan jeruk

Saat pertama kali mengenalkan makanan pada bayi, Anda perlu makanan yang bertekstur lembut dan ringan. Untuk itu perlu digunakan saringan dan perasan jeruk, atau penumbuk untuk menghaluskan makanan.

5. Peralatan makan khusus bayi

Peralatan bayi untuk makan pertama kali sebaiknya terbuat dari plastik yang berbahan food grade dan bebas BPA. Beberapa peralatan makan yang Anda butuhkan di antaranya sendok, garpu, piring, mangkuk, dan gelas.