Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Para ahli menggunakan kombinasi dari sinar matahari dan hydrogels untuk menemukan alat yang bisa memproduksi air minum yang bersih dan higienis dari berbagai sumber, termasuk air laut yang sangat asin dari Laut Mati yang dikenal memiliki kadar garam yang sangat tinggi.

Peralatan Ini Bisa Membuat Air Laut Aman Untuk Diminum!

Dikutip dari Science Alert, peralatan ini diharapkan bisa menolong jutaan orang yang mengalami masalah kesulitan untuk mendapatkan asupan air bersih. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi air minum yang berasal dari sumber yang tercemar bisa memicu berbagai macam penyakit, termasuk penyakit yang mematikan.

Salah satu peneliti yang terlibat dalam penciptaan alat ini, Fei Zhao dari University of Texas yang ada di kota Austin, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa teknologi ini tidak mahal dan ramah lingkungan mengingat sumber energinya didapatkan dari sinar matahari.

Menurut Fei Zhao, panas dari sinar matahari ternyata bisa digunakan untuk mendorong proses penyulingan air dengan efektif. Dengan menggunakan sumber energi tak terbatas ini dan dikombinasikan dengan beberapa material hibrida yang menggunakan hydrophilic dan bahan-bahan semiconducting, maka air akan diproses dengan sedemikian rupa sehingga berubah menjadi air yang aman untuk dikonsumsi.

Untuk memastikan apakah alat ini bekerja dengan baik, Fei Zhao dan rekan-rekannya menggunakan air dari Laut Mati, laut dengan kadar garam lebih dari 34 persen atau 10 persen lebih banyak dari rata-rata air laut di seluruh dunia. Air yang dihasilkan oleh alat ini kemudian dianggap telah memenuhi syarat air minum sehat sebagaimana yang ditentukan oleh WHO dan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA).

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Peralatan ini memang masih belum diberi nama, namun diharapkan pengembangan dari alat ini di masa depan bisa membantu manusia untuk mendapatkan sumber air bersih dengan jauh lebih bersih. Penemuan ini pun kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Nature Nanotechnology.

Kalau Sobat Sehat biasanya memakai sumber air apa? Sumur, air ledeng, atau sumber lain?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi