Terbit: 19 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah pepaya dikenal luas sebagai salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan. Saat kita mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit misalnya, biasanya kita langsung disarankan untuk makan buah pepaya demi mengatasinya. Hanya saja, buah pepaya yang disarankan biasanya adalah pepaya yang matang dengan rasa yang manis dan warna oranye. Sementara itu, pepaya muda biasanya dimasak untuk dijadikan sejenis sayur.

Pepaya Muda Bisa Atasi Masalah Asam Urat?

Manfaat pepaya muda

Selain pepaya matang, pepaya muda ternyata juga memiliki banyak sekali nutrisi yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan menyehatkan seperti vitamin, mineral, atau enzim papain, enzim yang baik bagi saluran pencernaan. Bahkan, menurut sejumlah penelitian, dihasilkan fakta bahwa pepaya muda dianggap cukup efektif untuk mengendalikan penyakit asam urat.

Berikut adalah beberapa manfaat dari pepaya muda

  1. Membuat daya tahan tubuh meningkat

Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, maka kita pun tidak akan mudah jatuh sakit. Hal yang sama juga berlaku bagi penderita asam urat. Jika daya tahan tubuh berada dalam kondisi yang tidak baik, maka mereka pun akan lebih rentan terkena serangan asam urat. Beruntung, pepaya muda yang kaya akan vitamin bisa membantu membuat daya tahan tubuh menjadi semakin kuat sehingga serangan dan komplikasi akibat asam urat bisa dicegah dengan lebih baik.

  1. Membuat kesehatan tulang dan sendi semakin baik

Pepaya muda ternyata memiliki kandungan yang bisa membuat kesehatan tulang dan sendi semakin meningkat. Hal ini tentu akan berpengaruh besar bagi kondisi asam urat yang diderita.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Mengatasi rasa nyeri di persendian

Penderita asam urat memang terbiasa untuk mengalami rasa nyeri pada persendian akibat serangan dari penyakit ini. Masalahnya adalah, meskipun sudah terbiasa, rasa nyeri ini bisa sangat mengganggu dan akhirnya membuat aktivitas harian terganggu. Sebagai contoh, selain rasa nyeri, persendian juga bisa mengalami gejala berupa pembengkakan atau rasa kaku sehingga sulit untuk digerakkan. Jika sampai hal ini terjadi, mau tidak mau penderita asam urat harus mengatasinya agar bisa kembali beraktivitas dengan normal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan makan pepaya muda.

  1. Mengatasi peradangan akibat serangan asam urat

Gejala dari serangan asam urat selain rasa nyeri adalah peradangan atau pembengkakan pada persendian. Dengan mengonsumsi pepaya muda yang memiliki kandungan mineral tinggi, maka berbagai gejala ini bisa diatasi dengan baik.

Cara mengonsumsi pepaya muda untuk mengatasi serangan asam urat

Jika kita ingin menggunakan pepaya muda untuk mengobati serangan asam urat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjadikannya sebagai sayur yang dikonsumsi layaknya lauk saat makan besar. Selain itu, kita juga bisa mengolah pepaya muda menjadi ramuan khas yang kaya akan manfaat. Untuk membuatnya, kita hanya perlu mempersiapkan setengah buah pepaya muda, daun teh hijau, dan satu setengah gelas air.

Pepaya muda yang sudah disiapkan tinggal kita kupas dan bersihkan. Setelahnya, pepaya muda ini dipotong-potong dengan bentuk dadu kecil. Potongan pepaya muda ini kemudian dicampur dengan air dan direbus hingga mendidih. Setelah air tersisa sekitar segelas, kita hanya perlu menyaringnya dan menambahkan taburan daun teh hijau. Ramuan inilah yang dianggap bisa mengatasi serangan asam urat dengan efektif.

Ramuan ini bisa kita konsumsi setiap malam, khususnya sebelum tidur sehingga kita pun tidak akan mudah terkena serangan asam urat yang menyakitkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi