Benarkah Pepaya Bisa Atasi Sembelit?

pepaya-doktersehat
Photo Source: Flickr/jariceiii

DokterSehat.Com– Salah satu gangguan pencernaan yang paling sering kita alami adalah sembelit atau susah buang air besar. Gejala dari penyakit ini juga meliputi perut kembung dan sensasi tidak nyaman pada perut. Untuk mengatasinya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan buah-buahan, salah satunya adalah buah pepaya.

Dilansir dari Express, pepaya memang termasuk dalam buah yang baik bagi sistem pencernaan tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim seperti papain, chymopapain, caricain, serta glucul endopeptidase yang mampu mendukung kinerja dari organ-organ pencernaan.

Sebagai informasi, papain adalah enzim yang berperan besar dalam proses pencernaan protein, kandungan di dalam daging yang biasanya sulit untuk dicerna di dalam perut. Padahal, jika sampai makanan sulit untuk dicerna, maka pencernaan akan semakin melambat sehingga meningkatkan risiko terkena sembelit, perut kembung, atau bahkan sindrom iritasi usus. Dengan proses pencernaan protein yang lebih baik, maka sembelit pun bisa diatasi dengan lebih efektif. Pepaya juga dikenal luas sebagai buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Keberadaan serat ini mampu membuat kotoran menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain nanas, terdapat buah-buahan lainnya yang juga bisa membantu mencegah masalah perut kembung dan susah buang air besar. Buah-buah tersebut adalah pisang, jeruk, nanas, dan kiwi. Buah pisang, jeruk dan kiwi kaya akan kandungan potasium yang bisa mencegah masalah retensi air yang mampu memicu datangnya sembelit. Sementara itu, nanas memiliki kandungan vitamin B yang tinggi sehingga bisa membantu memecah makanan dengan lebih efektif saat memasuki saluran pencernaan. Di dalam nanas juga kaya akan kandungan bromelain yang bisa memperlancar pencernaan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit adalah memperbanyak asupan air putih. Banyak orang yang tidak sadar jika masalah sembelit yang mereka alami dipicu oleh kekurangan asupan cairan. Adanya cairan ini mampu membantu melunakkan kotoran dengan efektif. Selain itu, kita juga sebaiknya berolahraga demi merangsang pergerakan usus yang akan memperlancar proses buang air besar.