Rasanya Manis, Apa Pepaya Aman bagi Penderita Diabetes?

pepaya-doktersehat
Photo Source: Flickr/jariceiii

DokterSehat.Com– Pepaya dikenal luas sebagai buah yang kaya akan vitamin dan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, karena rasanya manis, banyak penderita diabetes yang khawatir untuk mengonsumsinya. Sebenarnya, apakah mereka tidak apa-apa mengonsumsi pepaya?

Meskipun memiliki rasa yang manis, pakar kesehatan menyebut pepaya ternyata aman dan justru sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kadar gula alaminya yang ternyata cukup rendah. Buah ini juga bisa mencegah datangnya penyakit ini sehingga orang yang tidak mengalami diabetes sebaiknya rajin mengonsumsinya agar tidak mudah terkena diabetes.

Kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan yang sangat tinggi di dalam buah pepaya ternyata juga sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang menumpuk di dalam pembuluh darah arteri. Sebagaimana kita ketahui, kolesterol tinggi akan menyebabkan efek buruk seperti munculnya masalah tekanan darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung.

Tingginya kadar vitamin C dan antioksidan di dalam pepaya juga akan membuat kita tidak mudah terkena penyakit. Sebagai informasi, di dalam satu buah pepaya sudah mampu menyediakan 200 persen kebutuhan harian vitamin C. Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan rajin mengonsumsi pepaya setiap hari adalah arthritis atau nyeri sendi.

Hanya saja, mengingat penderita diabetes memang tidak boleh mengonsumsi makanan, termasuk buah-buahan dengan sembarangan, ada baiknya mereka juga tidak asal mengonsumsi buah pepaya. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi diabetes yang diderita.

Ketika Anda mengetahui tingkat keparahan diabetes, maka dokter bisa memberikan saran terkait dengan konsumsi makanan yang dianggap cocok demi mencegah lonjakan kadar gula darah. Hal ini tentu bisa mencegah datangnya komplikasi dengan lebih baik.