Penyebab Warna Kuning pada Telapak Tangan dan Kaki Anak

Doktersehat-telapak-kaki-kuning
Photo Credit: Flickr.com/Anastasija Korsakova

Doktersehat.com – Telapak tangan dan kaki kuning biasa terjadi akibatnya tingginya pigmen karoten (carotene) di tubuh atau disebut carotenemia. Karoten adalah pigmen yang dihasilkan oleh tanaman yang menyebabkan sayur dan buah berwarna kuning atau oranye.

Namun karoten juga terdapat di sayuran berwarna hijau. Semakin gelap warna hijaunya, semakin tinggi karotenenya. Penyerapan karoten di usus akan meningkat pada makanan yang sudah dimasak dan sudah dilembutkan karena pengolahan tersebut menghancurkan serat.

Kondisi ini membuat karoten diserap lebih cepat dan banyak. Biasanya, telapak kaki kuning atau telapak tangan kuning ditemukan pada bayi dan anak kecil karena makanan mereka masih lembut. Selain itu, kondisi ini disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi karoten, seperti wortel, ubi kuning, labu kuning, dan lain-lain.

baca juga: Pengobatan Alami untuk Penyakit Kuning

Vitamin memang akan disimpan dalam hati (tidak larut dalam air), sehingga bayi atau anak yang mengonsumsi vitamin A berlebihan akan membebani kerja hati. Sekalipun begitu, kemampuan hati untuk menyimpan vitamin A sangat besar.

Pada umumnya karoten tidak menimbulkan efek yang merugikan. Kelebihan vitamin A yang menyebabkan keracunan baru akan terjadi jika seseorang mengonsumsi wortel sampai 2 kg per hari atau 1200 buah jeruk dalam waktu 6 minggu.

Gejala kuning pada kulit bayi Anda biasanya akan menghilang sekitar 2-6 minggu setelah berhenti mengonsumsi sumber karoten. Setelah itu Anda boleh memberikan wortel lagi asal tidak setiap hari karena mungkin sudah mendapatkan vitamin A dari sumber lain, seperti telur, susu, mentega, sayuran berwarna hijau (bayam atau  brokoli) serta buah-buahan lainnya.

Selain itu, kelebihan beta karoten dalam darah dapat menyebabkan kulit jadi kuning, dimulai dari telapak tangan kuning, telapak kaki kuning dan bagian tubuh lainnya.

Bedanya dengan penyakit kuning akibat penyakit hati adalah pada bagian putih mata (sklera) bayi tidak menjadi kuning. Sementara pada anak yang menderita penyakit hati, bagian putih matanya akan tampak kuning.

Biasanya, warna kuning ini mencolok di telapak tangan, telapak kaki, dan lipatan bibir hidung. Mata tidak akan berwarna kuning sehingga bisa dibedakan dengan kuning akibat penyakit hati. Kondisi ini sifatnya ringan, tidak berbahaya, tidak menimbulkan komplikasi apapun dan akan membaik dengan mengubah pola diet.

Penyakit Kuning Lainnya

Selain disebabkan karena tingginya pigmen karoten di dalam tubuh, warna kuning pada beberapa area tubuh juga bisa disebabkan oleh hal lain, di antaranya:

  • Gangguan hati seperti hepatitis, sirosis, dan penyakit hati lainnya.
  • Efek nikotin pada perokok berat.
  • Kesalahan persepsi terhadap warna kulit (pada kondisi dingin atau lemah dan kurang nutrisi, pembuluh darah cenderung menyusut, sehingga tampak warna lemak dibawah kulit yang cenderung kekuningan).
  • Radang empedu atau sumbatan pada saluran empedu.
  • Penyakit atau kelainan darah seperti anemia hemolitik.
  • Malaria.

baca juga: Penyakit Kuning – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Agar dapat mengetahui penyebab telapak tangan dan kaki kuning dengan pasti, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter spesialis anak. Pemeriksaan secara langsung dan beberapa pemeriksaan yang menunjang seperti pemeriksaan darah berguna untuk mengetahui kadar bilirubin (pigmen yang diproduksi hati yang dapat membuat kulit atau mata berwarna kuning) atau pemeriksaan USG untuk menentukan apakah ada penyumbatan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait telapak kaki kuning atau telapak tangan kuning, yaitu:

  • Perhatikan apakah ada gejala lain yang menyertai selain kuning.
  • Jika demam segera berikan obat penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan.
  • Berikan ASI dan kebutuhan makanan sesuai dengan usia.