4 Penyebab Waktu Terbuang Sia-Sia di Tempat Fitnes

fitnes-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Sebelum memulai dan bergabung di pusat kebugaran, alangkah baiknya Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin. Adapun persiapan tersebut mulai dari motivasi diri, target atau goal, pengetahuan, serta atribut yang akan dikenakan saat latihan nanti. Sebab, dari begitu banyaknya pemula yang bergabung di pusat kebugaran merasa canggung dan bingung harus memulainya seperti apa.

Dengan begitu, tak sedikit pula yang merasa rugi atau membuang-buang waktu secara sia-sia, padahal sudah berada di tempat kebugaran. Jika Anda memiliki personal trainer, mungkin proses latihan akan lebih lancar. Namun, bagaimana jika tidak? Apakah Anda hanya akan membuang-buang waktu tanpa melakukan sesuatu yang pasti saat latihan?

Untuk itu, sebagai pemula alangkah baiknya Anda memerhatikan 5 penyebab waktu terbuang sia-sia di pusat kebugaran ini.

1. Bingung Latihan Apa

Hal ini sangat sering terjadi pada pemula. Sebab, biasanya mereka bingung akan latihan apa terlebih dahulu sehingga waktunya habis untuk berpikir serta diam tanpa melakukan apa-apa. Untuk itu, ketahuilah terlebih dahulu apa target atau goal Anda. Jika ingin membentuk otot, maka lakukanlah latihan angkat beban, begitu pula dengan target lainnya.

2. Kurang Pengetahuan

Faktor penyebab waktu terbuang sia-sia selanjutnya adalah kurangnya pengetahuan tentang dunia fitnes. Sebab, tidak semua alat yang tersedia bisa Anda gunakan sesuka hati. Pasti ada aturan dan cara pakainya beserta manfaat. Hal ini yang sering membuat waktu habis sia-sia hanya untuk bertanya-tanya manfaat serta kegunaan dari alat fitnes tersebut.

3. Hanya Fokus pada 1 Latihan

Perlu diketahui, dalam melakukan fitnes, hendaknya Anda berlatih beberapa teknik dalam satu sesi. Sebab, jika Anda hanya berfokus pada 1 latihan atau teknik saja, waktu akan terbuang sia-sia tanpa hasil yang pasti. Alangkah baiknya sebagai pemula untuk melakukan latihan dasar agar otot semakin terlatih untuk ke tahapan selanjutnya.

4. Ngobrol

Memang benar, latihan bersama kawan akan terasa lebih menyenangkan. Tapi Anda juga harus tahu prioritas Anda datang ke tempat fitnes, yakni untuk berlatih, bukan berbincang-bincang. Alangkah baiknya fokus latihan terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa dengan puas berbincang dengan kawan tanpa mengganggu jadwal latihan.